cara mudah belajar idiom bahasa inggris

Cara Mudah Belajar Idiom Bahasa Inggris

Idiom adalah kelompok kata yang memiliki kisaran tertentu. Makna di dalamnya tidak bisa disimpulkan dari kata sebenarnya tetapi memiliki makna tertentu. Penggunaan idiom dalam sebuah kalimat membuatnya lebih menarik bagi lawan bicara atau pembaca. Kamu tak perlu belajar idiom bahasa Inggris secara keseluruhan. Sebab, ada begitu banyak idiom, sehingga hampir tidak mungkin untuk mempelajari semuanya.

Jangan mencoba mempelajari beberapa idiom dan ekspresi hanya karena kedengarannya keren. Idiom tersebut tidak akan bisa digunakan jika kamu tidak memiliki situasi yang tepat untuk menggunakannya.

Tips Belajar Idiom Bahasa Inggris

Tak hanya mempelajarinya, kamu juga perlu mengingat setiap idiom yang sudah kamu ketahui. Meskipun tampaknya beberapa frasa dan idiom cukup sulit untuk dihafal, namun kamu juga tetap bisa menghafalnya.

Ada beberapa trik yang bisa membantu kamu belajar dan mengingat setiap idiom dengan lebih mudah, caranya:

Perhatikan Konteksnya

Perhatikan konteksnya, tak hanya makna di dalamnya. Saat kamu melihat idiom atau frasa, jangan hanya mencoba mengingat artinya, tetapi perhatikan juga konteksnya. Ini membantu kamu memahami idiom dengan lebih baik dan mengingatnya dengan lebih mudah.

Buat Catatan

Kedengarannya mungkin sedikit sulit, namun untuk melacak semua idiom yang sudah kamu ketahui, kamu perlu membuat daftarnya. Catat semua idiom di sebuah buku agar kamu bisa mengetahui apa saja idiom yang sudah kamu ketahui.

Kamu bahkan dapat mengurutkannya berdasarkan situasi di mana kamu akan menggunakannya. Ini adalah proses yang lebih menyenangkan dan bermanfaat.

Baca Juga:
Contoh Idiom dalam Lagu Bahasa Inggris

Pelajari Sedikit Demi Sedikit

Dalam hal idiom dan frasa, jangan mencoba mempelajari banyak idiom sekaligus. Cara ini tidak akan berhasil, dan kamu bisa saja melupakan semuanya.

Kamu dapat mempelajari beberapa idiom sekaligus dan lanjutkan ke idiom lainnya yang baru setelah kamu yakin telah menghafal beberapa idiom yang sebelumnya.

Visualisasikan Setiap Idiom

Ketika kamu mempelajari idiom, cobalah untuk memvisualisasikan maknanya dan menghubungkan gambaran tersebut dengan maknanya. Cara ini akan sangat membantu kamu mempelajari setiap idiom secara cepat.

Jika kamu masih membutuhkan bantuan dalam mempelajari idiom, frasa dan ekspresi, kamu bisa bergabung dalam kursus bahasa Inggris di ICAN English untuk mempelajari berbagai aspek atau materi bahasa Inggris.

Baca Juga:
Interesting Idioms in English yang Wajib Kamu Kuasai!
Idiom Bahasa Inggris yang Jarang Diketahui

Contoh Idiom Bahasa Inggris

Idiom tidak bisa disimpulkan hanya dengan mempelajari kata dalam frasa. Contoh di bawah ini menunjukkan arti dari setiap idiom yang mungkin sering kamu dengar. Pahami makna dan artinya agar kamu bisa menggunakannya di situasi yang tepat.

  • Sell like hot cakes  – Terjual dengan cepat atau Quick sellout
  • Left out in the cold -Diacuhkan atau Being ignored
  • Keep an ear to the ground – Tetap mengetahui informasi terbaru
  • Beside yourself with joy – Menjadi sangat bahagia
  • Fish out of water – Keluar dari zona nyaman
  • Dont cry over spilt milk – Jangan menangisi apa yang telah terjadi karena itu tidak bisa diperbaiki

Ada ribuan contoh idiom dalam bahasa Inggris. Setiap bahasa memiliki setidaknya jumlah yang sama. Daftar di atas adalah sedikit dari ribuan idiom yang ada dalam bahasa Inggris. Meski tak bisa dihafal semuanya, kamu akan sering mendengar beberapa idiom yang cukup populer.

Karena idiom lahir dari penggunaan populer, mereka tidak selalu logis, dan tidak selalu mengikuti pola grammar tradisional.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi