cara mengerjakan ielts writing task 1

Cara Mengerjakan IELTS Writing Task 1

Ada beberapa cara mengerjakan IELTS writing task 1.  Dimana acara tersebut dapat membantu kamu agar lebih mudah mengerjakannya. Namun, sebelum itu kamu perlu memastikan, bahwa kamu telah menghafal dan memahami banyak kosakata. Sehingga, pada tahapan ini tidak akan membuatmu bingung dalam membuat kalimat.

Tips Mengerjakan IELTS Writing Task 1

Seperti yang diketahui bawah, IELTS writing task 1 merupakan sebuah tes untuk menguji kemampuan dalam menggali informasi. Seperti mengidentifikasi maupun menggambarkan suatu proses,  membandingkan data, dan menggambarkannya, Selain itu, pada tes ini, kamu pun akan dituntut untuk memilih maupun mengetahui apa ide utamanya inilah beberapa cara dalam mengerjakannya!

Baca Juga:
Skor Minimal IELTS Untuk Beasiswa Luar Negeri

Membuat Tulisan

Buatlah tulisan dalam tiga bagian atau paragraf. Dimana paragraf tersebut adalah Conclusion Paragraph,  Body Paragraph, dan Introduction Paragraph.  Dengan mengkategorikan tiap paragraf, kamu akan lebih fokus dalam menulis informasi yang ingin disampaikan.

Menggunakan Kosa Kata Yang Beragam

Salah satu alasan mengetahui dan menghafal kosa kata yang banyak adalah untuk membuat kalimat dengan kata-kata yang tidak itu-itu saja. dengan begitu, kalimat akan terbaca lebih variasi dan tidak monoton. Selain itu, hindari menggunakan kosa kata yang sama dalam satu paragraf. Bahkan jika bisa, usahakan untuk membuat kalimat dengan kosa kata yang berbeda.

Pasalnya, untuk mendapatkan skor yang cukup tinggi pada tes ini adalah dengan menggunakan keberagamaan kata. Salah satunya adalah kamu menggunakan kata sinonim. Namun, pastikan bahwa kata sinonim tersebut memanglah tepat, digunakan dalam kalimat tersebut.

Gunakan Grammar yang Benar

Selain memperhatikan kosa kata, kamu pun perlu memperhatikan grammar dalam penulisan tersebut. Hal tersebut sangat lah penting, karena akan mempengaruhi penilaian skor dari writing. Pastikan pula bahwa kamu menggunakan struktur kalimat komplek.

Gunakan Grammar atau Struktur Kalimat Yang Kompleks

Satu lagi tips untuk mengerjakan IELTS dalam aspek writing, sebaiknya kamu memperhatikan penggunaan grammar. Selain itu, gunakan pula stuktur kalimat yang komplek untuk meningkatkan nilai dirimu. Namun, dalam penggunaan grammar, sebiaknya hati-hati dalam memilih kosa kata, rumus kalimat, dan lain sebagainya. Sehingga hasil yang kamu terima pun bagus.

Baca Juga:
IELTS Atau TOEFL IBT, Mana Lebih Sulit?

Berikan Kesimpulan

Dalam mengerjakan soal jenis ini, kamu perlu menulis minimal 150 kata. Usahakan untuk kurang ya, supaya penilaiannya tidak dikurangi. Selain itu, pastikan pula kamu membuat kalimat penutup dengan baik. Untuk kalimat penutup ini, kamu bisa menggunakan kesimpulan dari pembahasan yang telah kamu tulis.

Jika kamu bingung, kesimpulannya apa. Cobalah untuk membaca kembali tulisan yang kamu buat. Setelah itu, soroti ide utama dan informasi penting lainnya. Setelah mengetahui dan memahaminya, maka tulislah informasi tersebut dengan segera.

Persiapkan Diri dalam Kursus IELTS

Kursus persiapan IELTS bisa jadi salah satu upaya agar kamu bisa mendapatkan skor maksimal dalam tes ini. ICAN English menjadi salah satu penyedia kursus yang bisa kamu pilih karena menyediakan materi yang sesuai dan dibimbing oleh tim tutor berpengalaman dan profesional.

Cara mengerjakan IELTS writing task 1 yaitu membuat tulisan dengan mengkategorikannya menjadi tiga paragraf, menggunakan kosakata yang beragam, gunakan grammar yang benar, menggunakan grammar atau struktur kalimat kmpleks. Selain itu, jangan lupa untuk menulis kalimat penutup dengan baik dan benar.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi