panduan ielts speaking questions & topics 2023

Panduan IELTS Speaking Questions & Topics 2023

Salah satu bagian dari tes IELTS adalah sesi speaking. Pada sesi tersebut, kamu akan diberikan IELTS speaking questions dari part 1, 2, dan 3. Tes ini berlangsung menggunakan metode face-to-face atau tatap muka dengan penguji di sebuah ruangan yang disiapkan. Tes IELTS Academic dan General Training harus mengikuti ujian speaking tersebut dengan pertanyaan yang sama.

Speaking IELTS Part 1

Durasi waktu yang diberikan adalah 4-5 menit. Pada bagian pertama, penguji mengenalkan diri dan melakukan konfirmasi identitas dengan melontarkan pertanyaan “Can you tell me your full name?” dan “Can I see your identification, please?” Pada saat latihan speaking first part, pastikan kamu mempunyai partner study, berperan bertindak sebagai penguji. Gunakan beberapa IELTS speaking questions berikut:

Topik yang Muncul di IELTS Speaking Part 1

Penguji akan memberikan beberapa pertanyaan umum seputar topik-topik mudah, seperti rumah (home), keluarga (family), pekerjaan (work), pendidikan (studies), dan minat (interests). Contoh topik pertama: Let’s talk about your village or your home town dan contoh topik kedua: Let’s move on to talk about your interest.

Question List IELTS Speaking Part 1

Setiap satu topik dalam tes IELTS Speaking bagian pertama, berisikan empat pertanyaan. Sehingga, secara keseluruhan, terdapat 8 pertanyaan.

Pertanyaan pada topik pertama: Let’s talk about your village or your home town:

  • Where is your village?
  • Are there any popular attractions in your village?
  • What kind of jobs do the villagers do?
  • Is it a good place to live? Why?

Pertanyaan pada topik kedua: Let’s move on to talk about your interest:

  • Do you like spending time outdoors? Why or why not?
  • What is your favorite season? Why?
  • How often do you use your smartphone in your daily life?
  • What kind of movie do you like to watch?

Topik yang Muncul di IELTS Speaking Part 2

Pada sesi kedua, penguji akan memberikan sebuah task card bertuliskan topik tertentu, seperti “Describing your memorable trip” atau “The important person in your life”. Kamu juga akan mendapatkan kesempatan berbicara lebih panjang terkait topik tersebut. Penguji bahkan memberikan pensil dan kertas agar kamu bisa menulis catatan key points yang ingin disampaikan, dan disediakan 1 menit waktu persiapan.

Baca Juga:
Tips Tes Listening IELTS Anti Gagal

Question List IELTS Speaking Part 2

Pada saat menjawab pertanyaan, durasi yang diberikan adalah 1-2 menit. Penguji selanjutnya akan bertanya 1-2 pertanyaan pada topik yang diberikan. Sehingga, total waktu untuk bagian kedua adalah 3-4 menit.

Untuk berlatih IELTS speaking questions, mintalah partner belajar kamu untuk mendengarkan jawaban yang kamu berikan. Rekam selama menjawab 1-2 menit. Minta partner belajar kamu untuk bertanya 1-2 pertanyaan dengan topik yang sama, menggunakan rounding off questions.

Contoh topik pada task card pertama: Describe your memorable trip.

Rounding off questions:

  • What was the most interesting thing you experienced during the trip?
  • How has this trip influenced your life?

Contoh IELTS speaking questions pada task card kedua: The important person in your life

Rounding off questions:

  • Do you believe that having someone important in your life is important for personal development?
  • How has the important person you mentioned contributed to your personal growth and development?

Topik yang Muncul di IELTS Speaking Part 3

Pada sesi ketiga tes Speaking, penguji memberikan pertanyaan yang masih berhubungan dengan topik pada sesi kedua. Sesi ketiga tes IELTS Speaking dirancang agar kamu dapat berbicara tentang hal-hal atau ide yang bersifat abstrak. Sesi ini mengusung diskusi dua arah antara kamu dan penguji, dengan durasi 4-5 menit.

Baca Juga:
Persiapan Tes IELTS yang Penting Dilakukan

Question List IELTS Speaking Part 3

Gunakan pertanyaan berikut untuk latihan diskusi sesuai tes sesi ketiga dalam speaking IELTS bersama partner belajar. Cobalah berbicara senatural dan selancar mungkin dengan tempo yang sama. Rekam jawaban dan hasil diskusi dua arah tersebut untuk evaluasi diri.

Let’s consider first of all how the future holds for your village in the terms of development and growth.

  • What are the potential challenges for the development in your village.
  • What are the opportunities for the development in your village.

Finally, let’s talk about the role of the economy

  • Do you believe the main economic activities influence the development in your village?

Merasa stuck karena keterampilan komunikasi kamu tidak kunjung meningkat setelah sering latihan? Jangan khawatir, sekarang kamu bisa ikut program IELTS Preparation Class bersama ICAN English. Selama kursus, kamu bisa belajar langsung bersama para tutor yang sudah experts dan bersertifikat. Sehingga menghadapi tes IELTS speaking jadi lebih mudah dan percaya diri!

Seputar Ujian Speaking IELTS

Ketika kamu mengambil modul tes IELTS computer-delivered, kamu tetap harus bertatap muka dengan penguji. Ujian speaking berlangsung secar ainformal dan penguji yang memberikan pertanyaan akan memutuskan hasil nilai di akhir tes. Tes tersebut berlangsung selama 11-14 menit, tidak lebih dan tidak kurang.

Selama ujian speaking, penguji akan mengatur waktu dan durasi jawaban. Penilaian yang diberikan mencakup empat kriteria, yaitu: Fluency and Cohesion, Grammar, Vocabulary, dan Pronunciation. Masing-masing kriteria mempunyai persentase 25%. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut tentang questions dan topics di IELTS Speaking test.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.