Direct Indirect Speech

Direct Indirect Speech: Pengertian, Jenis dan Contoh

Jun 20, 2022 | Bahasa Inggris

Dalam menyampaikan kalimat atau pesan, biasanya dapat disampaikan dengan dua cara. Yaitu secara langsung dan tidak langsung. Pesan yang disampaikan secara langsung yaitu mengungkapkan pesan tanpa perantara. Sedangkan yang tidak langsung adalah melalui perantara atau media lain. Dalam bahasa Inggris, hal tersebut disebut Direct Indirect speech.

Tidak hanya dalam bahasa Inggris, hampir semua bahasa memiliki ungkapan langsung dan tidak langsung. Karena pada dasarnya semua bahasa memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk menyampaikan pesan. Baik pesan secara langsung maupun tidak langsung. Dalam bahasa Indonesia pun istilah kalimat langsung dan tidak langsung sudah umum digunakan.

Baca Juga: CONTOH KALIMAT FUTURE CONTINUOUS TENSE

Pengertian Direct Indirect speech

Pembahasan kalimat langsung dan tidak langsung dalam bahasa Inggris merupakan pembahasan dasar. Pembahasan kalimat langsung dan tidak langsung penting untuk dipahami. Karena banyak digunakan, baik dalam tulisan maupun percakapan. Oleh sebab itu, perlu diketahui terlebih dahulu pengertiannya. Simak penjabarannya di bawah ini!

1. Pengertian Direct Speech

Direct speech atau kalimat langsung merupakan kalimat atau kata-kata yang diucapkan serta diungkapkan secara langsung oleh pembicara. Pembicara yang dimaksud adalah orang pertama (first person). Direct speech atau kalimat langsung biasanya akan ditulis secara apa adanya sesuai dengan yang dibicarakan. Karena tidak melewati media serta perantara apapun.

Apabila mengutip sebuah ucapan atau kalimat langsung, maka akan ditulis secara apa adanya. Tanpa mengubah kata atau susunan katanya. Contoh kalimatnya adalah he says, “I want to be a teacher” (dia berkata, aku ingin menjadi seorang guru). Dalam kalimat tersebut, kalimat ditulis secara apa adanya tanpa ada yang diubah dan sesuai dengan ucapan he (dia).

2. Pengertian Indirect speech

Berbeda dengan direct speech, indirect speech merupakan kalimat yang diucapkannya secara tidak langsung. Sehingga biasanya akan melalui perantara atau media lain. Misalnya, kamu mendengarkan ucapan guru. Lalu, kamu menyampaikan kembali ucapan tersebut kepada orang lain. Sehingga, yang disampaikan bukanlah ucapan guru secara murni atau secara utuh.

Maka, indirect speech biasanya ditulis tidak apa adanya. Namun, sudah mengalami perubahan kata serta susunan kata. Dalam mengutip kalimat tidak langsung, biasanya akan ditulis pernyataan yang berbeda dengan pembicara. Namun, inti dari kalimatnya akan tetap sama. Contohnya adalah his mom say that he wants to be a teacher.

Jenis Direct Speech dan Indirect speech

Penggunaan direct speech dan indirect speech cukup bervariasi tergantung dengan jenisnya. Karena direct speech dan indirect speech pun terdiri dari 3 jenis. Sehingga, pola kalimatnya pun akan menyesuaikan jenis-jenis tersebut. Direct speech memiliki pola yang berbeda dengan indirect speech. Untuk lebih jelasnya, simak penjabarannya di bawah ini!

1. Pernyataan atau Statement

Jenis pertama adalah statement atau pernyataan. Jenis ini merupakan yang paling banyak digunakan dalam sebuah kalimat atau ucapan. Statement dapat disebut pula sebagai proposisi yang ada dalam sebuah kalimat. Untuk indirect speech, biasanya akan menggunakan kata that sebagai penghubung untuk menyatakan sebuah pernyataan atau statement.

Sedangkan untuk direct speech, tidak perlu menggunakan that. Karena kalimat atau ucapan diungkapkan secara langsung tanpa perlu ada perubahan. Sedangkan dalam indirect speech, kalimat atau ucapan diucapkan melalui perantara. Sehingga, diperlukan adanya diksi atau kata bantu that.

2. Perintah atau Command

Jenis kedua adalah command atau perintah. Dalam menyatakan sebuah perintah, indirect speech biasanya akan menambahkan kata to. To dipakai sebagai penghubung untuk kalimat melaporkan ke kalimat yang dilaporkan. Sedangkan untuk kalimat negatif akan menggunakan kata not to. Sama halnya dengan statement, direct Speech tidak perlu menggunakan to.

3. Pertanyaan atau Question

Jenis terakhir adalah kalimat pertanyaan atau question. Kalimat pertanyaan merupakan jenis kalimat yang membutuhkan jawaban antara yes (ya) atau no (tidak). Untuk indirect speech, pola kalimat pertanyaan akan menggunakan if atau whether dalam menyampaikan ungkapannya. Sedangkan direct speech tidak memerlukan if atau whether.

Baca Juga: KETERANGAN WAKTU FUTURE CONTINUOUS TENSE

Contoh Direct Indirect Speech

Untuk memahami lebih detail terkait kalimat langsung dan tidak langsung, maka perlu mengetahui contohnya. Karena dengan mengetahui contoh, maka akan mengetahui pula cara penerapan dari kalimat langsung dan tidak langsung. Atau kamu juga dapat bergabung dalam kursus bahasa Inggris di ICAN English untuk mengetahui lebih lanjut seputar mareri ini.

Simak beberapa contohnya di bawah ini!

1. Contoh Direct Speech

Contoh dari kalimat langsung adalah Nidia says, “I do not like math” (Nidia mengatakan, aku tidak menyukai matematika). Dalam kalimat tersebut, Nidia mengungkapkan kalimatnya secara langsung.

2. Contoh Indirect Speech

Contoh dari kalimat tidak langsung adalah Nidia says that she does not like math (Nidia mengatakan bahwa dia tidak menyukai matematika. Dalam kalimat tersebut, terdapat that yang merupakan pola dari indirect speech.

Direct Indirect speech merupakan salah satu materi yang wajib dipahami dalam bahasa Inggris. Karena kalimat langsung dan tidak langsung memang cukup umum untuk digunakan. Baik dalam kalimat, percakapan, ataupun media lainnya.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Kalimat pengandaian dalam bahasa Inggris atau disebut sebagai conditional sentence merupakan salah satu bentuk ungkapan dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menanyakan sesuatu yang diharapkan atau diandaikan. Bentuk kalimat ini juga dapat digunakan untuk...

Cara Mudah Mempelajari Grammar

Cara Mudah Mempelajari Grammar

Mempelajari grammar mungkin adalah sesuatu yang sulit bagi sebagian besar orang. Namun, tahukah kamu bahwa ada cara mudah mempelajari grammar yang bisa kamu ikuti. Dengan mengikuti cara tersebut, maka pengalaman belajar grammar akan lebih mudah. Fakta bahwa...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH