Kesalahan Saat Interview Kerja Bahasa Inggris

Kesalahan Saat Interview Kerja Bahasa Inggris

Setiap kandidat pasti berusaha menampilkan diri mereka dengan cara yang paling profesional, dalam hal penampilan dan perilaku, selama interview kerja dalam Bahasa Inggris. Saat menghadapi interview, kamu mungkin tidak sengaja melakukan beberapa kesalahan umum.

Dengan mempersiapkan diri terlebih dahulu, kamu dapat menghindari kesalahan dalam interview berikutnya. Pembahasan tentang kesalahan saat interview secara umum ini akan memberikan beberapa petunjuk tentang bagaimana memberikan kesan pertama yang baik kepada pewawancara kerja.

7 Kesalahan dalam Interview Kerja yang Sering Terjadi

Berikut adalah kesalahan umum dalam interview kerja bahasa inggris dan cara menghindarinya

1. Datang Terlambat

Ketepatan waktu adalah salah satu ciri terpenting seorang karyawan yang baik. Cobalah untuk merencanakan perjalanan ke lokasi wawancara lebih awal dari yang dijadwalkan. Pastikan kamu memiliki cukup waktu untuk mencapai tujuan.

Untuk memperkirakan jumlah waktu yang diperlukan untuk mencapai lokasi, kamu dapat melakukan perjalanan ke tempat tujuan sehari sebelumnya. Sehingga, kamu mendapatkan gambaran realistis tentang waktu perjalanan yang diperlukan.

2. Tiba terlalu dini

Memang baik untuk datang lebih awal untuk wawancara. Tetapi, lakukan yang terbaik untuk menghormati jadwal pewawancara dengan tidak datang lebih awal jika tidak diperlukan. Datang terlalu dini mungkin tidak ideal bagi staf, karena mereka tidak punya cukup waktu untuk melakukan persiapan.

Perusahaan sering kali mencari kandidat yang tepat waktu dan menghargai waktu orang lain. Sebaiknya, kamu tiba 10 hingga 15 menit sebelum waktu wawancara yang diberikan untuk menciptakan kesan positif.

3. Berpakaian terlalu santai

Cara menampilkan diri dalam wawancara sangatlah penting. Berpakaian sesuai dengan harapan perusahaan dapat membantu menunjukkan profesionalisme. Sangat ideal untuk memiliki pakaian bisnis atau kasual bisnis selama wawancara.

Berpenampilan baik juga membantu menciptakan kesan penuh perhatian dan profesionalisme. Kamu juga dapat menanyakan perusahaan tentang aturan berpakaian jika ada kesempatan bertanya.

4. Informasi palsu di resume

Memiliki informasi palsu di resume adalah pendekatan yang tidak jujur, dan sangat penting untuk menghindari hal ini sepanjang karier. Sertakan informasi yang benar, yang juga dapat membantu kamu dalam menjawab pertanyaan interview dengan percaya diri.

Fokus cantumkan konten resume dengan tujuan memberikan nilai bagi perusahaan tempat kamu melamar. Peroleh gelar ekstrakurikuler jika ingin menambah kualifikasi tambahan pada resume.

5. Jangan gaduh pada saat interview

Membawa ponsel cerdas atau perangkat saat interview adalah hal biasa. Namun, pastikan mematikan perangkat atau mengaktifkan mode senyap selama percakapan dengan calon pemberi kerja. Hal ini adalah langkah penting untuk memastikan tidak ada interupsi selama interview.

Etiket sederhana ini dapat membantu kamu menjaga fokus dan profesionalisme selama interview. Selain itu, mencegah notifikasi yang mengganggu mengganggu waktu bersama pewawancara.

Baca Juga: Cara Mempersiapkan Interview dalam Bahasa Inggris

6. Kurang istirahat

Kamu mungkin mengalami perasaan stres sebelum interview. Akibatnya, kamu akan merasa terganggu, dan tidak punya waktu istirahat yang cukup. Padahal, sangat penting untuk berada dalam kondisi terbaik, secara mental dan fisik, selama interview.

Agar hal ini tidak terjadi, makanlah makanan sehat dan cobalah untuk menikmati malam yang santai sehari sebelum interview. Atur istirahat malam yang nyenyak dan pertimbangkan mediasi atau latihan pernapasan untuk membantu beristirahat dengan tenang. Hal ini dapat memastikan kamu merasa bersemangat selama interview.

7. Kurang mengetahui tentang perusahaan

Jika melakukan interview untuk suatu posisi, pemberi kerja dapat berasumsi bahwa kamu tertarik dengan perusahaan tersebut. Manajer perekrutan mungkin menanyakan apa yang kamu ketahui tentang perusahaan tersebut.

Meskipun kamu tidak mengetahui kebijakan internal perusahaan, kamu mungkin memiliki pengetahuan dasar tentang cara perusahaan beroperasi dan posisi yang kamu lamar. Untuk mengetahui lebih jauh perkembangan dan kontribusi masyarakat terhadap perusahaan, kamu dapat melihat melalui berita dan website perusahaan.

Mau Belajar Interview Kerja Bahasa Inggris?

Bahasa tubuh adalah bagian penting dalam interview kerja Bahasa Inggris. Duduk tegak, tersenyum, dan menjaga kontak mata membantu terlihat nyaman dan percaya diri. Saat mengajukan pertanyaan, sedikit mencondongkan tubuh ke depan untuk menunjukkan rasa ingin tahu tentang topik tersebut.

Mengangguk dan mendengarkan dengan saksama ketika pewawancara menanyai atau menjawab pertanyaan kamu, akan membantu kamu tetap aktif dalam percakapan. Terkadang, menggunakan gerakan tangan yang halus saat menjawab pertanyaan membantu menunjukkan kejujuran.

Setelah interview, tulis email berisi ucapan terima kasih kepada pewawancara atas waktunya. Kamu juga dapat menyebutkan manfaatnya dan berterima kasih kepada mereka atas kesempatan ini. Di akhir email, kamu dapat menyebutkan bahwa kamu menantikan kabar terkait interview atau menanyakan kapan informasi tentang proses perekrutan akan diumumkan.

Mau lebih jago menghadapi interview kerja menggunakan Bahasa Inggris? Belajar di ICAN English! Tempat kursus Bahasa Inggris ini menyediakan banyak program. Sehingga, kamu bisa fasih berbahasa Inggris dengan tepat dalam waktu lebih singkat. Kursus menjadi pilihan tepat kalau kamu hendak menghadapi interview dalam waktu dekat!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi