Cara Mempersiapkan Interview dalam Bahasa Inggris

Cara Mempersiapkan Interview dalam Bahasa Inggris

Kunci keberhasilan dalam interview dalam bahasa inggris adalah persiapan. Dengan melakukan persiapan diri untuk wawancara, kamu akan berbicara dengan percaya diri dan mencapai tujuan berkarir.

Persiapan interview yang tepat, kamu dapat mengubah momen wawancara yang menantang menjadi peluang besar.

Panduan Persiapan Interview Bahasa Inggris

Jika kamu ingin melakukan persiapan interview dalam bahasa inggris secara optimal, berikut tips yang harus kamu simak:

Pelajari Perusahaan Tujuan

Pelajari perusahaan tempat kamu akan melakukan interview membuat kamu jadi lebih unggul dari pelamar lainnya. Hal ini membuktikan bahwa kamu sudah berkomitmen terhadap tujuan dan nilai-nilai perusahaan.

Tulis beberapa kalimat tentang perusahaan tersebut, dengan menunjukkan sisi positif perusahaan. Menyampaikan beberapa fakta tentang bisnis dalam percakapan wawancara akan menunjukkan bahwa kamu telah mempersiapkan diri secara matang dan menjadi karyawan yang berdedikasi. Pastikan juga untuk meneliti pewawancara, sehingga kamu mungkin menemukan kesamaan. Hal ini bisa menjadi cara yang berguna untuk menjalin hubungan persahabatan dalam wawancara.

Baca juga:
Teks Interview Bahasa Inggris Di Dunia Kerja

Pelajari Kualifikasi Kandidat

Saat mempersiapkan wawancara kerja dalam bahasa inggris, langkah pertama adalah menelusuri kembali deskripsi pekerjaan. Banyak kandidat lupa bahwa informasi inilah yang harus menjadi fokus jawaban!

Setelah meninjau deskripsi pekerjaan, pahami keterampilan dan kualifikasi yang diminta perekrut dari seorang kandidat. Kemudian, buat daftar bagaimana pengalaman kerja sesuai kualitas tersebut.

Hafalkan kosakata sesuai bidang

Saat melatih bahasa Inggris untuk wawancara kerja, kamu perlu menguasai kosakata khusus industri, sehingga membantu membuktikan keahlian di bidang tersebut. Buat draf daftar istilah khusus industri, definisinya, dan relevansinya dengan pekerjaan sesuai wawancara.

Kamu mungkin akan menemukan beberapa kata dan frasa dari daftar pekerjaan. Kamu juga dapat menemukan kosakata dari postingan LinkedIn dan video YouTube dari orang-orang di bidang relevan.

Gunakan metode flashcard untuk mempelajari daftar kosakata tersebut. Saat menghafalkan kosakata, kamu perlu memahami konteks dan penerapan istilah-istilah tersebut. Pastikan untuk menambahkan beberapa contoh kalimat pada setiap istilah ke flashcard. Sehingga kamu dapat mempelajari cara menggunakannya dengan benar.

Latihan interview dengan teman

Masuk ke ruang wawancara bisa sangat menegangkan. Apalagi jika itu interview dilakukan dengan menggunakan bahasa Inggris. Cobalah untuk praktik dalam simulasi skenario wawancara kerja dengan teman atau kolega.

Dengan cara ini, kamu tidak hanya bersiap untuk interview kerja tetapi juga mendapatkan masukan dan membangun kepercayaan diri yang sangat penting. Untuk memulainya, ambil daftar pertanyaan interview yang umum. Selanjutnya, dengan bantuan seorang teman, mainkan skenario yang berbeda-beda.

Luangkan waktu menjawab interview

Saat menjalani interview, kamu mungkin merasa cemas untuk menjawab pertanyaan. Jika kamu perlu waktu untuk memberikan jawaban, berhentilah sejenak. Jika kamu memerlukan beberapa detik waktu tambahan, kamu dapat mengulangi pertanyaan tersebut kepada pewawancara sambil berpikir, misalnya dengan mengatakan beberapa hal berikut:

“That’s a very interesting question. Can I have a moment to think about it, please?”

“That’s a good question. What do you mean by that?”

Baca Juga:
Tips Perkenalan Diri Dalam Bahasa Inggris Untuk Interview Kerja

Ikut Kursus Bahasa Inggris untuk Interview

Agar berhasil untuk persiapan interview dalam Bahasa Inggris, kamu perlu melakukan lebih dari sekedar memahami bahasa tersebut. Kamu harus menguasai penggunaan bahasa Inggris secara profesional di bidang bisnis. Kursus ini menawarkan kelas terstruktur untuk mempelajari kosakata dan frasa bahasa Inggris bisnis. Dengan begitu, kamu akan merasa percaya diri berkomunikasi dengan kolega, klien, dan semua orang di antaranya.

Jika kamu menginginkan pengalaman belajar yang lebih personal, kamu bisa mengambil salah satu kursus bahasa Inggris bisnis ICAN English dengan bimbingan privat. Dengan berlatih berbicara secara teratur, kamu akan terbiasa dengan bahasa asing. Sehingga, kamu akan terbiasa menggunakannya dalam pekerjaan sehari-hari.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi