Teks Interview Bahasa Inggris di Dunia Kerja

Teks Interview Bahasa Inggris di Dunia Kerja

Mencari pekerjaan adalah hal yang tidak mudah, tetapi salah satu paling ditakuti pelamar adalah interview dalam Bahasa Inggris. Kamu perlu melakukan persiapan dengan menggunakan teks interview bahasa inggris untuk mengambil peluang tersebut.

Wawancara kerja bukanlah hal sulit. Kebanyakan pertanyaan yang diberikan dari pihak perusahaan meliputi pertanyaan dasar, sehingga dapat dipelajari.

Panduan Interview Bahasa Inggris

Agar kamu bisa melakukan persiapan, gunakan panduan dan teks interview bahasa inggris berikut:

Greetings dan Introducing

Ada beberapa cara untuk memperkenalkan diri dalam Bahasa Inggris. Saat interview, kamu bisa memulainya dengan kata “Hello”, atau “Good morning”.

Daripada bilang “How are you?”, kamu bisa bilang “How are you doing this morning?”. Hal berbeda, walaupun kecil ternyata membuat perkenalan terdengar lebih natural, sama seperti penggunaan Bahasa Inggris oleh native speaker.

Ketika seseorang bertanya kabar, kamu harus menjawabnya dengan jujur, seperti contoh berikut:

“Thank you for asking. I’m feeling enthusiastic and well-prepared for this interview. I’ve been looking forward to the opportunity to discuss how my skills and experiences with the requirements of the position.”

Jawaban di atas menunjukkan kamu bisa menjawab dengan sopan, menunjukkan kesan positive, dan fokus pada interview. Kamu juga menyatakan telah siap dalam diskusi dengan mengabaikan topik-topik diluar interview.

Baca juga:
Pentingnya Bahasa Inggris Dalam Dunia Kerja

Tell Me About Yourself

Setelah menyapa, menjabat tangan dan mengenalkan diri, berikutnya adalah menjawab tentang diri sendiri. Pertanyaan ini tidak membutuhkan jawaban yang terlalu detil. Hindari membicarakan sesuatu seperti I was born in Jakarta, I love playing with my cats, dan lainnya.

Pertanyaan ini tidak membutuhkan semua jawaban tentang kamu. Jawab pertanyaan dengan membahas tentang pertumbuhan karir, dan pekerjaan yang sedang kamu lamar saat ini. Hindari memberikan jawaban seperti slang yang tidak formal dan melakukan kesalahan penggunaan grammar dasar, seperti contoh berikut:

For the past two years, I’ve been employed as a junior chef in a cozy Italian restaurant. My responsibilities included supporting the head chef and crafting delectable salads. I pursued my culinary education at (your college), gaining my initial cooking diploma.

Baca juga:
Kesalahan Saat Interview Kerja Bahasa Inggris

Why Did You Leave Your Last Position?

Jika kamu pernah bekerja sebelumnya, terkadang perusahaan ingin mengetahui mengapa kamu meninggalkan posisi pekerjaan sebelumnya.

Apakah karena fired atau dipecat karena melakukan kesalahan? Apakah karena quit atau resign atau mengundurkan diri dari pekerjaan tersebut? Atau, apakah kamu laid off, terkena PHK karena tidak diperlukan lagi?

Jika kamu meninggalkan pekerjaan sebelumnya, hindari berbicara negatif tentang bos atau tempat kerja tersebut walaupun itu adalah realitanya. Kamu bisa menggunakan jawaban berikut untuk menghindari kesan negatif:

  • I am looking for a new challenge.
  • I wasn’t able to show my skills
  • I am looking for a position that matches my qualifications.

Baca Juga:
Tips Perkenalan Diri Dalam Bahasa Inggris Untuk Interview Kerja

Pentingnya Persiapan Interview Kerja

Sekarang, kamu sudah mendapatkan penjelasan tentang beberapa teks interview bahasa inggris. mempersiapkan diri dalam menghadapi interview sangat penting dilakukan agar kamu menciptakan kesan positif dan mengambil peluang terbaik untuk mulai bekerja.

Pertama, kamu bisa mempersiapkan diri dengan melakukan riset terkait perusahaan. Pastikan kamu sudah memahami apa misi, nilai, produk, layanan, budaya, dan perkembangan terkini pada perusahaan yang kamu lamar.

Kedua, tinjau posisi pekerjaan yang ingin kamu lamar. Baca lowongan pekerjaan tersebut dengan cermat untuk memahami persyaratan kerja, tanggung jawab, kualifikasi, dan juga keterampilan maupun pengalaman yang relevan dengan posisi.

Ketiga, update CV atau resume untuk menegaskan keterampilan, pengalaman, dan pencapaian yang relevan. Rancang agar CV tersebut cocok untuk deskripsi, dan bagaimana background tersebut sesuai peran kamu.

Ingin lebih fasih berbahasa Inggris saat interview kerja? Kamu bisa langsung ikut kursus Bahasa Inggris di ICAN English! Buat pengalaman belajar kamu jadi lebih mudah karena adanya bantuan tutor yang suportif dan kelas intensif. Kamu akan terbiasa menggunakan Bahasa Inggris untuk kebutuhan personal dan profesional.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.