Kenali Apa Saja Jenis Tes TOEFL

Kenali Apa Saja Jenis Tes TOEFL

Sebagai salah satu tes kecakapan bahasa Inggris populer yang diperlukan untuk belajar di luar negeri terutama di negara berbahasa Inggris, TOEFL bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan berbahasa seseorang. Jenis tes TOEFL pun beragam, sehingga siswa bisa memilih yang paling sesuai dengan persyaratan kampus mereka.

Selanjutnya, ujian TOEFL terdiri dari 4 bagian, yaitu membaca, mendengarkan berbicara dan menulis dan skornya tetap berlaku untuk jangka waktu dua tahun.

Berbagai Jenis Tes TOEFL

Tes TOEFL memungkinkan siswa untuk membuktikan bahwa mereka dapat dengan bebas mengekspresikan pemikiran mereka dalam bahasa Inggris dalam studi dan dalam kehidupan sehari-hari. Bahasa yang digunakan dalam ujian adalah bahasa Inggris modern, bahasa yang digunakan dalam perkuliahan dan seminar.

Baca Juga:
Cara Mengerjakan TOEFL Dengan Mudah

TOEFL memiliki beberapa jenis, seperti:

1. TOEFL PBT: Paper-Based Test

Sebagai salah satu jenis ujian TOEFL yang umum, tes berbasis kertas dilakukan dalam mode offline. Memiliki total durasi 2 jam 25 menit, terdiri dari tiga bagian dan hanya ditawarkan untuk lokasi di mana internet tidak tersedia.

2. TOEFL iBT: Internet-Based Test

TOEFL berbasis Internet terdiri dari empat bagian, yaitu membaca, mendengarkan, berbicara dan menulis dan mencakup total durasi empat jam. Ini adalah salah satu jenis ujian TOEFL yang disukai dan menggantikan tes berbasis komputer yang sudah tidak ada lagi sejak tahun 2006.

3. Jenis Ujian TOEFL Lainnya

Sekarang setelah kamu mengetahui dua jenis ujian TOEFL utama yang dapat kamu ambil untuk mendaftar program di luar negeri, ada tiga jenis yang kurang dikenal yang juga harus diketahui. Ini adalah:

  • CBT (Tes Berbasis Komputer): Ini adalah ujian TOEFL yang sering dipilih sebelumnya tetapi telah digantikan oleh tes berbasis Internet dan CBT dihentikan pada tahun 2006.
  • TOEFL IPT: IPT adalah singkatan dari Institutional Testing Program dan digunakan secara luas dalam konteks akademis untuk menilai kemahiran bahasa Inggris non-penutur asli bahasa Inggris
  • TOEFL Junior Tests: TOEFL Junior Tests mengevaluasi kemampuan bahasa Inggris siswa sekolah menengah berusia 11+. Ini terdiri dari dua format, yaitu berbasis kertas dan berbasis komputer. Tes ini memiliki empat bagian utama yang meliputi; Pemahaman Membaca, Pemahaman Mendengarkan, Berbicara dan Menulis.

Karena ujian yang satu ini cukup sulit, maka persiapan yang matang perlu dilakukan. Kamu bisa bergabung dalam kursus persiapan TOEFL di mana kamu akan dibimbing oleh tutor berpengalaman dan semua materi akan disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Salah satu yang bisa jadi pilihan adalah ICAN English. Hubungi tim kami untuk informasi lebih lanjut, ya.

Baca Juga:
Mengenal Apa Itu Kursus TOEFL

Mengapa Memilih Tes TOEFL?

Sangat mudah untuk memesan tes TOEFL di manapun kamu berdomisili. Ada pusat tes di mana-mana, dan saat ini semuanya dilakukan secara online. Bahkan, untuk kemudahan penggunaan, ada lebih dari 50 tanggal tes TOEFL iBT setiap tahun.

TOEFL adalah tes yang sangat populer karena dilihat oleh pengambil tes dan institusi sebagai ukuran yang adil dari kompetensi bahasa Inggris seseorang.

TOEFL speaking, misalnya, di mana kamu diminta untuk mengungkapkan pikiran  langsung ke mikrofon tanpa harus menghadapi orang asing. Rekaman pidato  dinilai oleh ahli di ETS, memastikan pekerjaan kamu diperiksa dengan benar oleh orang-orang yang memang mahir.

Hampir 10.000 institusi mendukung TOEFL sebagai tes masuk untuk mahasiswa sarjana dan pasca sarjana. Dengan memiliki skor yang maksimal dalam tes TOEFL kamu bisa diterima di universitas tujuan kamu di luar negeri.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web