kata jamak bahasa inggris

Contoh Kata Jamak dalam Bahasa Inggris

Agu 29, 2022 | Bahasa Inggris

Dalam bahasa Indonesia, kata benda yang jamak biasanya disebutkan dua kali. Misalnya teman-teman, buku-buku, mobil-mobil, dan sebagainya. Sedangkan kata jamak dalam bahasa Inggris, biasanya akan ditambahkan imbuhan -s di belakangnya. Misalnya friends, books, cars, dan sebagainya.

Dalam bahasa Inggris, kata jamak disebut sebagai plural noun. Kata jamak menunjukkan bahwa suatu benda jumlahnya lebih dari satu. Salah satu cara termudah dalam mengidentifikasi kata jamak dan tunggal adalah melalui predikat pada kalimatnya. Apabila menggunakan kata are, maka jamak. Apabila menggunakan is, maka merupakan kata tunggal.

Baca Juga: MACAM KATA GANTI SUBJEK DALAM BAHASA INGGRIS

Contoh Kata Jamak dalam Bahasa Inggris Sesuai Aturannya

Pembelajaran bahasa Inggris memang cukup kompleks. Pasalnya, terdapat banyak aturan pada grammar bahasa Inggris. Tidak semua kata jamak akan diakhiri dengan imbuhan -s. Namun, ada pula yang diakhiri dengan imbuhan -es, -is, dan sebagainya. Ini menjadi materi dasar dalam bahasa Inggris yang perlu kamu pelajari dengan baik. Bergabung dalam kursus bahasa Inggris di ICAN English bisa membantu kamu mempelajari berbagai materi secara lengkap.

Oleh sebab itu, inilah beberapa aturan dalam memahami kata jamak bahasa Inggris beserta contohnya.

1. Kata Benda Berakhiran S, X, Z, Sh, dan Ch

Contoh kata jamak dalam bahasa Inggris yang pertama adalah berakhiran huruf -s, -x, -z, -sh, atau -ch. Jika menemukan kata yang memiliki imbuhan tersebut, maka bentuk jamaknya cukup menambahkan imbuhan -es saja. Misalnya, terdapat kata tunggal brush, church, gas, box, dan waltz. Kata-kata tersebut merujuk pada satu benda, karena bentuknya tunggal.

Apabila ingin diubah menjadi kata jamak, maka hanya perlu menambahkan imbuhan -es sebagai akhiran. Misalnya, pada kata brush akan berubah menjadi brushes. Begitupun dengan kata-kata lainnya. Church menjadi churches, lalu selanjutnya gases, boxes, dan waltzes. Kamu perlu mengingat-ingat akhiran suatu kata, agar lebih mudah mengubah dalam bentuk jamak.

2. Kata Benda Berakhiran Y dan I

Contoh berikutnya adalah pada kata berakhiran -y. Apabila menemukan kata ini, maka dapat menambahkan imbuhan -s sebagai jamak. Sedangkan untuk kata berakhiran -y yang harus diubah menjadi -i. Maka, cukup menambahkan imbuhan -es di akhir kata. Contohnya adalah pada kata boy, key, way, army, dan sky. Apabila bentuk jamak, maka ditambahkan -s atau -es.

Misalnya, pada kata boy, key, dan way. Apabila dalam bentuk jamak, maka dapat menjadi boys, keys, dan ways. Sedangkan untuk kata army dan sky, akhirannya perlu diubah terlebih dahulu menjadi -i. Oleh sebab itu, kata jamaknya akan berubah menjadi armies dan skies.

3. Kata Benda Berakhiran F

Contoh kata jamak dalam bahasa Inggris ketiga adalah yang berakhiran huruf -f. Maka, kata jamaknya cukup ditambahkan akhiran -es atau s. Misalnya, untuk kata belief, loaf, knife, life, dan roof. Apabila akan diubah dalam bentuk jamak, dapat menambahkan -es atau -s.

Contohnya adalah beliefs dan roofs. Terdapat beberapa kata yang huruf -fnya harus berubah menjadi -v ketika jamak. Misalnya adalah pada kata lives, knives, dan loaves. Akhirannya tetap –s dan -es. Hanya saja, perlu diganti menjadi -v.

4. Kata Benda Berakhiran On

Tidak sama dengan beberapa kata sebelumnya. Kata berakhiran -on memiliki aturan yang berbeda. Karena di kata ini akhirannya tidak akan berubah menjadi -s atau -es. Namun, akhirannya akan berubah menjadi -a. Misalnya, pada kata criterion dan phenomenon. Kata jamaknya menjadi criteria dan phenomena.

5. Kata Jamak yang Tidak Berubah

Terdapat beberapa kata benda yang bentuknya tidak berubah, meskipun jamak. Jadi, kata jamak dan tunggalnya sama. Contoh kata jamak dalam bahasa Inggris untuk yang satu ini misalnya sheep, fish, species, dan deer. Hanya saja, predikatnya yang akan berubah. Apabila tunggal, maka akan menggunakan is. Namun, jika jamak akan menjadi are.

6. Kata Jamak Berubah Tidak Beraturan

Selain kata jamak yang tidak berubah. Terdapat pula kata jamak yang berubah, tetapi tidak beraturan. Kata ini tidak akan diakhiri oleh -s, -es, atau bahkan -a. Namun, akan berubah menjadi bentuk lain. Misalnya pada kata man, woman, foot, mouse, child, dan tooth.

Apabila kata-kata tersebut diubah menjadi bentuk jamak. Maka, akan menjadi men, women, feet, mice, children, dan teeth. Terlihat jika perubahannya memang tidak beraturan. Kata ini biasa disebut pula sebagai irregular plural forms.

7. Kata yang Selalu Jamak

Terdapat pula kata-kata yang sifatnya selalu jamak, sehingga memang tidak memiliki bentuk tunggalnya. Karena kata-kata ini selalu diakhiri dengan imbuhan -s. Diantaranya adalah jeans, scissors, pants, trousers, dan shorts.

Baca Juga: KATA GANTI OBJEK DALAM BAHASA INGGRIS

8. Kata yang Tidak Bisa Jamak

Terakhir adalah kata-kata yang selalu dalam bentuk tunggal. Sehingga, perlu diingat bahwa kata-kata ini tidak ada bentuk jamaknya. Diantaranya adalah love, sugar, money, livestock, slang, dan bravery.

Beberapa contoh dan bentuk kata jamak dalam bahasa Inggris di atas perlu kamu ingat-ingat. Karena dalam penulisan antara kata jamak dan tunggal pun akan cukup berpengaruh terhadap keseluruhan makna teks. Sehingga, pastikan kamu memahaminya secar

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Tips Memilih Kursus Bahasa Inggris untuk Remaja

Tips Memilih Kursus Bahasa Inggris untuk Remaja

Ketika memutuskan untuk belajar di tempat kursus Bahasa Inggris remaja, maka para pelajar harus bisa beradaptasi dengan sistem pembelajaran yang diberikan. Biasanya, murid akan lebih mudah dalam belajar, ketika tempat lesnya memang bisa memenuhi standar belajar anak....

Contoh Soal Pelatihan Bahasa Inggris untuk Karyawan

Contoh Soal Pelatihan Bahasa Inggris untuk Karyawan

Proses pelatihan Bahasa Inggris untuk karyawan memang tak semudah seperti cara belajar para mahasiswa. Terkadang, ilmu yang dipelajari di sekolah akan menguap ketika seseorang telah mulai bekerja dan berupaya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Oleh karena itu, belajar...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH