contoh kata jamak dalam bahasa inggris

Contoh Kata Jamak dalam Bahasa Inggris

Dalam bahasa Indonesia, kata benda yang jamak biasanya disebutkan dua kali. Misalnya teman-teman, buku-buku, mobil-mobil, dan sebagainya. Sedangkan kata jamak dalam bahasa Inggris, biasanya akan ditambahkan imbuhan -s di belakangnya. Misalnya friends, books, cars, dan sebagainya.

Apa Itu Kata Jamak dalam Bahasa Inggris?

Dalam bahasa Inggris, kata jamak disebut sebagai plural noun. Kata jamak menunjukkan bahwa suatu benda jumlahnya lebih dari satu. Salah satu cara termudah dalam mengidentifikasi kata jamak dan tunggal adalah melalui predikat pada kalimatnya. Apabila menggunakan kata are, maka jamak. Apabila menggunakan is, maka merupakan kata tunggal.

Untuk membuat kata benda biasa menjadi jamak, tambahkan –s atau –es di akhir kata, bergantung pada akhir kata. Pengecualian adalah kata benda jamak tidak beraturan. Setiap kata benda jamak tak beraturan mempunyai bentuk jamaknya masing-masing, seperti mouse dan jamaknya, mouse, atau goose dan jamaknya, geese.

Ada banyak aturan kata benda jamak, dan karena kalimat ini sering digunakan saat menulis, penting untuk mengetahui semuanya.

8 Contoh Kata Jamak dalam Bahasa Inggris Sesuai Aturannya

Pembelajaran bahasa Inggris memang cukup kompleks. Pasalnya, terdapat banyak aturan pada grammar bahasa Inggris. Tidak semua kata jamak akan diakhiri dengan imbuhan -s. Namun, ada pula yang diakhiri dengan imbuhan –es, -is, dan sebagainya. Ini menjadi materi dasar dalam bahasa Inggris yang perlu kamu pelajari dengan baik. Bergabung dalam kursus bahasa Inggris di ICAN English bisa membantu kamu mempelajari berbagai materi secara lengkap.

Oleh sebab itu, inilah beberapa aturan dalam memahami kata jamak bahasa Inggris beserta contohnya.

Baca Juga:
English Slang Expressions yang Paling Sering Digunakan

1. Kata Benda Berakhiran S, X, Z, Sh, dan Ch

Contoh kata jamak dalam bahasa Inggris yang pertama adalah berakhiran huruf -s, -x, -z, -sh, atau -ch. Jika menemukan kata yang memiliki imbuhan tersebut, maka bentuk jamaknya cukup menambahkan imbuhan -es saja. Misalnya, terdapat kata tunggal brush, church, gas, box, dan waltz. Kata-kata tersebut merujuk pada satu benda, karena bentuknya tunggal.

Apabila ingin diubah menjadi kata jamak, maka hanya perlu menambahkan imbuhan -es sebagai akhiran. Misalnya, pada kata brush akan berubah menjadi brushes. Begitupun dengan kata-kata lainnya. Church menjadi churches, lalu selanjutnya gases, boxes, dan waltzes. Kamu perlu mengingat-ingat akhiran suatu kata, agar lebih mudah mengubah dalam bentuk jamak.

2. Kata Benda Berakhiran Y dan I

Contoh berikutnya adalah pada kata berakhiran -y. Apabila menemukan kata ini, maka dapat menambahkan imbuhan -s sebagai jamak. Sedangkan untuk kata berakhiran -y yang harus diubah menjadi -i. Maka, cukup menambahkan imbuhan -es di akhir kata. Contohnya adalah pada kata boy, key, way, army, dan sky. Apabila bentuk jamak, maka ditambahkan -s atau -es.

Misalnya, pada kata boy, key, dan way. Apabila dalam bentuk jamak, maka dapat menjadi boys, keys, dan ways. Sedangkan untuk kata army dan sky, akhirannya perlu diubah terlebih dahulu menjadi -i. Oleh sebab itu, kata jamaknya akan berubah menjadi armies dan skies.

3. Kata Benda Berakhiran F

Contoh kata jamak dalam bahasa Inggris ketiga adalah yang berakhiran huruf -f. Maka, kata jamaknya cukup ditambahkan akhiran -es atau s. Misalnya, untuk kata belief, loaf, knife, life, dan roof. Apabila akan diubah dalam bentuk jamak, dapat menambahkan -es atau -s.

Contohnya adalah beliefs dan roofs. Terdapat beberapa kata yang huruf -fnya harus berubah menjadi –v ketika jamak. Misalnya adalah pada kata lives, knives, dan loaves. Akhirannya tetap –s dan -es. Hanya saja, perlu diganti menjadi -v.

4. Kata Benda Berakhiran On

Tidak sama dengan beberapa kata sebelumnya. Kata berakhiran -on memiliki aturan yang berbeda. Karena di kata ini akhirannya tidak akan berubah menjadi -s atau -es. Namun, akhirannya akan berubah menjadi -a. Misalnya, pada kata criterion dan phenomenon. Kata jamaknya menjadi criteria dan phenomena.

Baca Juga:
Web untuk Belajar Bahasa Inggris

5. Kata Jamak yang Tidak Berubah

Terdapat beberapa kata benda yang bentuknya tidak berubah, meskipun jamak. Jadi, kata jamak dan tunggalnya sama. Contoh kata jamak dalam bahasa Inggris untuk yang satu ini misalnya sheep, fish, species, dan deer. Hanya saja, predikatnya yang akan berubah. Apabila tunggal, maka akan menggunakan is. Namun, jika jamak akan menjadi are.

6. Kata Jamak Berubah Tidak Beraturan

Selain kata jamak yang tidak berubah. Terdapat pula kata jamak yang berubah, tetapi tidak beraturan. Kata ini tidak akan diakhiri oleh -s, -es, atau bahkan -a. Namun, akan berubah menjadi bentuk lain. Misalnya pada kata man, woman, foot, mouse, child, dan tooth.

Apabila kata-kata tersebut diubah menjadi bentuk jamak. Maka, akan menjadi men, women, feet, mice, children, dan teeth. Terlihat jika perubahannya memang tidak beraturan. Kata ini biasa disebut pula sebagai irregular plural forms.

7. Kata yang Selalu Jamak

Terdapat pula kata-kata yang sifatnya selalu jamak, sehingga memang tidak memiliki bentuk tunggalnya. Karena kata-kata ini selalu diakhiri dengan imbuhan -s. Diantaranya adalah jeans, scissors, pants, trousers, dan shorts.

Baca Juga:
Kata Ganti Objek Dalam Bahasa Inggris

8. Kata yang Tidak Bisa Jamak

Terakhir adalah kata-kata yang selalu dalam bentuk tunggal. Sehingga, perlu diingat bahwa kata-kata ini tidak ada bentuk jamaknya. Diantaranya adalah love, sugar, money, livestock, slang, dan bravery.

Beberapa contoh dan bentuk kata jamak dalam bahasa Inggris di atas perlu kamu ingat-ingat. Karena dalam penulisan antara kata jamak dan tunggal pun akan cukup berpengaruh terhadap keseluruhan makna teks. Sehingga, pastikan kamu memahaminya secar

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web