Tips Belajar Kata Kata Dalam Bahasa Inggris Untuk Pemula

Tips Belajar Kata Kata Dalam Bahasa Inggris Untuk Pemula

Kata kata dalam bahasa Inggris atau vocabulary merupakan pondasi dari bahasa. Semakin banyak vocabulary yang kamu kuasai, maka kamu akan semakin mudah untuk mengekspresikan diri, mudah memahami orang lain, dan mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Menguasai kosakata dalam bahasa Inggris juga akan meningkatkan rasa percaya diri, membangun skill hidup, dan hubungan personal.

Walaupun dengan keterampilan grammar yang masih terbatas, kamu masih bisa berkomunikasi secara efektif menggunakan kata-kata bahasa Inggris. Tanpa grammar, kamu masih bisa berkomunikasi. Tetapi jika kamu tidak mengetahui kosakata sama sekali dalam bahasa Inggris, maka kamu tidak akan pernah mampu untuk berkomunikasi dengan orang lain dalam bahasa Inggris.

Sama seperti anak-anak yang belajar bahasa. Mereka menggunakan bahasa Inggris dari satu kata ke kata berikutnya, seperti “ball”, “duck”, atau kata lainnya. Walaupun mereka mengucapkan per kata, apa yang mereka bicarakan masih dapat kamu pahami. Ketika kemampuan bahasa tersebut berkembang, maka dari kata menjadi frasa dan akhirnya menjadi kalimat lengkap.

Pentingnya Belajar Kata Kata Dalam Bahasa Inggris

Berikut adalah beberapa alasan mengapa sangat penting untuk pemula dalam mempelajari kata kata dalam bahasa Inggris:

Kosakata meningkatkan pemahaman membaca

Reading adalah bagian penting dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk kebutuhan hiburan maupun pendidikan. Namun, reading dapat menjadi pengalaman yang membuat frustrasi jika kamu menemukan banyak kosakata yang tidak kamu ketahui.

Itulah mengapa, meningkatkan kosakata bahasa Inggris sangat penting jika kamu ingin meningkatkan kemampuan membaca. Bahkan sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2010 menemukan bahwa peran vocabulary mencapai hingga 64% dalam pemahaman reading. Sebuah studi lainnya pada tahun 2000 menunjukkan anak-anak harus mampu memahami 98% kata-kata yang mereka baca agar dapat memahami apa yang mereka baca.

Hal tersebut menunjukkan persentase signifikan terkait pentingnya menguasai vocabulary dan belajar kata-kata dalam bahasa Inggris setiap harinya. Pemahaman vocabulary yang kuat juga akan membantu kamu dalam mengapresiasi komunikasi tertulis, membaca setiap baris kalimat, memahami literasi, dan implikasi metafora.

Keterampilan vocabulary meningkatkan kemampuan komunikasi

Pemahaman vocabulary yang kuat juga dapat membantu meningkatkan keterampilan komunikasi. Bukan berarti kamu dapat menggunakan vocabulary, terutama kata-kata yang sulit hanya untuk membuat orang lain terkesan. Tetapi lebih cenderung pada penguasaan vocabulary secara luas untuk mengkomunikasikan gagasan dan cara berpikir.

Ketika kamu memiliki pemahaman kata-kata bahasa Inggris yang baik, maka kamu dapat memilih kata yang tepat sesuai konteks. Sehingga kamu dapat berkomunikasi dengan tepat sesuai dengan apa yang kamu pikirkan. Apa yang kamu sampaikan tidak terkesan bertele-tele.

Dengan berfokus pada pengembangan kata kata dalam bahasa Inggris, maka kamu akan memiliki variasi kata dalam menyampaikan gagasan. Skill vocabulary juga membantu kamu untuk memilih istilah yang tepat untuk mengekspresikan diri dengan lebih efektif secara akurat kapan saja saat berkomunikasi dengan orang lain.

Pemahaman vocabulary mengembangkan skill berpikir kritis

Pemahaman vocabulary yang kuat juga akan meningkatkan keterampilan komunikasi yang membantu mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Hal ini karena kumpulan kata-kata adalah alat bantu untuk menyampaikan ide maupun gagasan. Jika kamu tidak memiliki vocabulary yang cukup, maka kamu akan kesulitan untuk berpikir dan membuat alasan secara efektif.

Dengan pemahaman kata dalam bahasa Inggris yang lebih luas dan mendalam, kamu juga akan memahami makna setiap kata tersebut. Hal ini akan membantu kamu untuk menyampaikan ide dengan lebih jelas serta berpikir lebih kritis. Bahkan kamu juga dapat melakukan analisa informasi lebih efektif.

Baca juga:
Tips Belajar dari Berita dalam Bahasa Inggris

Kesalahan Dalam Belajar Kata Kata Bahasa Inggris

Sekarang kamu sudah mengetahui apa saja alasan mengapa harus kata kata dalam bahasa Inggris. Masalah yang sering dihadapi banyak pemula yaitu belajar vocabulary terus-menerus Tetapi hanya mengingat beberapa kosakata saja dalam waktu singkat.

Hal ini dapat terjadi karena kesalahan dalam mempelajari kosakata bahasa Inggris. Misalnya, jika kamu ingin mengingat 100 kosakata baru, setelah beberapa menit mungkin kamu hanya mengingat beberapa kosakata saja. Hal ini disebut sebagai Forgetting Curve.

Apa yang membuat kamu tidak mampu mengingat 100 kosakata tersebut adalah karena tidak adanya pengulangan setiap harinya. Cara yang paling efektif untuk mengingat kosakata baru adalah dengan repetisi dan melakukan review atau disebut sebagai spaced repetition system.

Misalnya kamu bisa menggunakan Flash Card, kertas maupun alat-alat digital supaya kamu bisa mengulang-ulang 100 kosakata tersebut secara bertahap. Atau kamu juga bisa belajar dengan fokus di tempat kursus bahasa Inggris.

ICAN English menyediakan banyak program belajar bahasa Inggris yang dapat meningkatkan skill setiap siswa, termasuk vocabulary. Apalagi kamu akan mendapatkan bimbingan dari tutor yang mengetahui mana teknik menyenangkan untuk menghafal kosakata dengan lebih mudah.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.