Aturan Penggunaan Kata Kerja Kedua dalam Bahasa Inggris

Aturan Penggunaan Kata Kerja Kedua dalam Bahasa Inggris

Pernahkah kamu bercerita tentang kejadian lucu, sedih, atau menyenangkan yang terjadi di masa lalu dalam Bahasa Inggris? Untuk menceritakannya dengan lancar, kamu wajib memahami penggunaan kata kerja kedua dalam bahasa inggris.

Kata kerja kedua disebut sebagai past simple tense. Past simple tense adalah salah satu tenses yang paling menarik dan penting dalam bahasa Inggris. Kita sering menggunakannya untuk membicarakan apa yang terjadi sebelumnya.

Panduan Penggunaan Past Simple Tense

The past simple (juga disebut sebagai simple past, past indefinite, atau preterite) adalah bentuk nostalgia; tense yang dapat kamu gunakan untuk bernostalgia dan mengingat. Simple past merupakan verb tense yang digunakan untuk membicarakan hal-hal yang terjadi atau ada sebelum sekarang. Berikut adalah panduan untuk mempelajari penggunaan kata kerja kedua:

Struktur Regular Verbs

Kata kerja reguler dalam bahasa Inggris membuat past simple dengan menambahkan -ed pada bentuk dasarnya. Dalam bahasa inggris simple past regular verbs sangat mudah karena sama untuk semua orang.

KataBentuk Kata Kerja Kedua (Past Form)
walkwalked
arrivearrived
callcalled
pushpushed

Tabel di atas adalah untuk kata kerja beraturan (regular verbs). Dalam bahasa Inggris, kata kerja seperti ‘walk’, ‘arrive’, dan ‘call’ adalah kata kerja beraturan karena kamu dapat mengkonjugasikannya dengan menambahkan -ed. Contoh penggunaan kata kerja kedua dalam bahasa inggris sebagai regular verbs adalah berikut:

  • We walked from our house to the market in an hour.
  • Budi pushed her carelessly.

Struktur Irregular Verbs

Kata kerja yang tidak mengikuti pola konjugasi standar disebut kata kerja tidak beraturan (irregular verbs). Kata kerja seperti ‘eat’, ‘put’, dan ‘have’ adalah tidak beraturan karena tidak memiliki pola yang sama, sebagaimana tabel berikut:

KataBentuk Kata Kerja Kedua (Past Form)
bewas/were
havehad
fallfell
buybought
gowent
choosechose
comecame

Berikut adalah contoh penggunaan kata kerja kedua tidak beraturan dalam Bahasa Inggris:

  • Ali and Rudi were at the concert last Friday.
  • We went to the library yesterday.

Kata kerja kedua tidak beraturan pada masing-masing contoh kalimat adalah ‘were’ (bentuk past dari verb ‘are’) dan ‘went’ (bentuk past dari verb ‘go’).

Pada past tense, semua subjek diikuti oleh kata kerja yang sama dan kata kerja tersebut tidak berubah berdasarkan subjeknya, seperti contoh ini: I/You/He/She/It/We/They ate some food this afternoon.

Past Simple: Negation

Sama seperti simple present, bentuk negatif dan pertanyaan dalam simple past memerlukan kata kerja bantu: ‘did’, bentuk lampau dari ‘do’. Untuk membuat kalimat negatif dalam bentuk lampau, kamu perlu menempatkan subjek di awal, diikuti dengan ‘did not’ atau bentuk singkatannya, ‘didn’t’, dan kata kerja utama, seperti contoh berikut:

  • I didn’t talk to Ratih about that one thing.
  • Budi didn’t go home last night.

Seperti yang kamu lihat, kata kerja setelah ‘didn’t’ adalah bentuk dasar kata kerja. ‘Do’ adalah kata kerja utama dan bentuk sederhananya digunakan setelah ‘didn’t.’ Jadi, Kapan pun menggunakan ‘did’ sebagai kata kerja bantu dalam kalimat, kata kerja utama hanya dapat digunakan dalam bentuk sederhana.

Past Simple: Questions

Mirip dengan simple present tense, ‘did’ digunakan untuk membentuk pertanyaan dan negatif. Baik pertanyaan ya/tidak maupun pertanyaan wh- pada simple past memerlukan kata ‘did’. Untuk membentuk pertanyaan ya/tidak dalam simple past, cukup gunakan ‘did’ di awal kalimat, diikuti subjek dan bentuk dasar kata kerja utama, seperti contoh-contoh ini:

  • Fatih told me last night. → Did Fatih tell you last night?
  • They won the project yesterday. → Did they win the project yesterday?

Kamu dapat membuat pertanyaan wh- untuk menanyakan informasi tentang masa lalu, namun harus menggunakan kata-kata wh terlebih dahulu, termasuk what, when, where, who, how, dan why. Untuk membuat pertanyaan wh, gunakan kata wh di awal, diikuti dengan ‘did’ dan subjek. Kata kerja utama muncul setelahnya, dan kamu harus ingat bahwa kata kerjanya selalu dalam bentuk yang sederhana, berikut contohnya:

  • Carlo found his money in his pocket. → Where did Carlo find his money?
  • Jaka passed the exam very well. → How did Jaka pass the exam?

Baca Juga: Perubahan Kata Kerja Bahasa Inggris

Pentingnya Belajar Kata Kerja Kedua (Past Form)

Gunakan kata kerja kedua dalam bahasa Inggris untuk tindakan tunggal atau berulang yang terjadi di masa lalu. Atau, gunakan ketika ingin menyampaikan tindakan atau pernyataan yang benar-benar terjadi pada beberapa waktu di masa lalu. Past Simple Tense juga membantu untuk bercerita dan menarasikan suatu kejadian di masa lalu yang sudah selesai, seperti contoh berikut:

  • I met her in 2020.
  • Gala went to the concert yesterday.

Kita sering menggunakan kata keterangan past simple dengan waktu tak tentu seperti ‘the other day’, ‘ages ago’, lalu’, atau ‘a long time ago’. Semuanya mengacu pada masa lalu, sebagaimana contoh-contoh ini:

  • I met her a long time ago.
  • Ancient human lived in caves ages ago.

Bentuk kata kerja kedua atau past simple tense juga digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang benar atau terjadi di masa lalu, namun tidak lagi benar atau relevan dengan masa kini. Tense ini digunakan untuk menggambarkan tindakan atau peristiwa yang telah selesai dan terjadi pada waktu tertentu di masa lampau, seperti contoh berikut:

  • I took a Bachelor of English Education Department for four years.
  • Ratih played a lot of basketball when she was a kid.

Past simple tense digunakan untuk menggambarkan tindakan, keadaan, atau kebiasaan yang telah selesai di masa lalu dalam periode waktu telah berakhir. Tindakan atau keadaan ini tidak lagi terjadi dan dianggap selesai, seperti contoh berikut:

  • Rihanna wrote that lyric.
  • A dog attacked Budi in 2020.

Past simple juga digunakan untuk membicarakan sesuatu yang terjadi beberapa kali di masa lalu. Jelasnya, tindakan tersebut mungkin terjadi secara rutin dan biasa di masa lalu, seperti contoh:

  • We often brought our lunch to the park.
  • They always enjoyed visiting their grandma’s house.

Belajar Tenses Lebih Mudah di ICAN English

Sekarang, kamu sudah tahu tentang penggunaan kata kerja kedua dalam Bahasa Inggris. Ada beberapa ekspresi yang bisa menandakan bentuk Simple Past, seperti:   yesterday; last week/month/etc.; ago; in 1974; when I was young.

Dengan mempelajari penggunaannya, kamu jadi tahu bagaimana cara membicarakan sesuatu yang benar pada beberapa waktu di masa lalu. Kamu juga bisa bercerita tentang suatu kejadian di masa lampau.

Untuk belajar lebih banyak materi tenses dan materi dasar lainnya dalam Bahasa Inggris, gunakan akses mudah belajar di ICAN English. Kamu bisa belajar, didampingi tutor yang akan membantu mempermudah memahami semua materi yang masih membingungkan untuk dipelajari sendiri. Kamu juga bisa bebas bertanya materi apapun agar lebih fasih berbahasa Inggris dalam waktu singkat!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web