Panduan Lengkap Belajar Bentuk Kata Kerja Verb 1 2 3

Panduan Lengkap Belajar Bentuk Kata Kerja Verb 1 2 3

Kamu pasti sudah paham tentang verb atau kata kerja yang berfungsi untuk mendeskripsikan tindakan suatu subjek. Contoh, ketika membaca artikel ini, maka kata kerja verb 1 2 3 yang digunakan adalah “read”. 

Dalam Tata Bahasa Inggris, suatu kata kerja dapat dimodifikasi menjadi berbagai bentuk. Perubahan kata kerja menyesuaikan konteks suatu tindakan yang dilakukan pada waktu tertentu. Bentuk kata kerja membantu mengidentifikasi kapan suatu tindakan sedang dilakukan oleh subjek, apakah tindakan tersebut sedang dilakukan saat ini, di masa lalu, atau akan dilakukan dalam waktu dekat.

Belajar Bentuk Kata Kerja (Verb Form)

Ketika kata kerja muncul dalam kalimat dengan cara berbeda atau dimodifikasi untuk menggambarkan waktu tertentu dari tindakan yang dilakukan subjek, hal ini disebut sebagai Verb Form. Untuk memahami tenses, penting untuk mempelajari Verb Form.

Dalam Tata Bahasa Inggris, ada lima jenis bentuk kata kerja, sebagaimana berikut:

  • Present (Root/base) form of a verb atau dikenal verb 1
  • Simple Past form of a verb atau dikenal verb 2
  • Present Participle form of verb atau dikenal verb-ing
  • Third -person singular Present form atau dikenal verb-s/es
  • Past Participle form of a verb atau dikenal dengan has+verb 3

Untuk mempermudah proses belajar kali ini, kamu dapat menyimak setiap penjelasan bentuk kata kerja, sebagaimana berikut:

Present Form (Verb 1)

Bentuk kata kerja jenis ini, merupakan bentuk dasar kata kerja. Verb ini digunakan secara asal tanpa adanya perubahan ke dalam bentuk lain. Root verbs merupakan verba bentuk dasar atau asli tanpa modifikasi atau perubahan apa pun, berikut adalah contohnya:

  • I love watching movies with my family. (Base form – love)
  • We finish our meeting before 6 p.m. everyday. (Base form – finish)
  • They play really hard. (Root verb – play)

Berbagai kata kerja verb 2, verb 3, verb-ing terbentuk dari kata kerja dasar verb 1. Kata kerja dasar secara umum digunakan sebagai bentuk kata kerja simple present.

Simple Past (Verb 2)

Bentuk kata kerja simple past adalah kata kerja yang digunakan untuk merujuk atau menunjukkan suatu tindakan yang terjadi di masa lalu atau pekerjaan yang telah dilakukan. Selain itu, bentuk kata kerja ini juga dikenal sebagai bentuk kata kerja ‘V2/verb 2’. Bentuk kata kerja ini umumnya dibentuk dengan menambahkan (-ed)/(-d) di akhir kata kerja utama atau dasar kata.

Jika kata kerja dasar diakhiri dengan ‘e’ maka hanya (-d) yang digunakan untuk membentuk kata kerja bentuk lampau sederhana, sebaliknya (-ed) yang digunakan. Misalnya: Play menjadi played, Fill menjadi filled, Fix menjadi fixed, dan Pass menjadi passed.

Ada beberapa bentuk kata kerja tidak beraturan yang digunakan dalam bentuk kata kerja dasar untuk menggambarkan tindakan yang terjadi di masa lalu, misalnya: Cut menjadi Cut, Read menjadi Read, Close menjadi Close, Put menjadi Put.

Past Participle(Verb 3)

Bentuk kata kerja past participle juga dikenal sebagai bentuk kata kerja ‘V3’. Bentuk kata kerja past participle dapat muncul dalam present, past, atau future perfect tense. Selain itu, bentuk kata kerja Past Particles juga dengan menambahkan ‘-ed’/ ‘-d’ seperti halnya simple past, tetapi bentuk kata kerja past participle selalu disertai dengan kata kerja bantu.

Pada bentuk past participle juga terdapat beberapa kata kerja tidak beraturan yang perlu diingat, sebagaimana contoh berikut:

Rudi has taken his son to the hospital. Di sini, frasa “has taken” berada dalam bentuk past participle, berbeda dengan bentuk kata kerja simple past yaitu “took”.

Baca Juga:
Cara Mudah Hafalan Kata Kerja Bahasa Inggris

Penggunaan Kata Kerja Selain Verb 1, 2, dan 3

Sekarang, kamu sudah mengetahui fungsi penggunaan bentuk kata kerja verb 1 2 3. Berikutnya, ada bentuk kata kerja present participle dibuat dengan menambahkan -ing pada bentuk dasarnya atau dikenal dengan V4/V-ing. Bentuk ini digunakan dalam kata kerja progresif masa lalu, sekarang, dan masa depan.

Jika kata kerja diakhiri dengan vokal diikuti konsonan, konsonan terakhir dari kata tersebut digandakan, lalu ditambahkan (-ing). Misalnya- Lari- Lari, Berenang- Berenang, Potong- Potong.

Jika kata kerja diakhiri dengan ‘e’, maka ‘e’ terakhir tersebut dihilangkan, dan (-ing) ditambahkan. Namun, ada beberapa kata kerja yang mempertahankan ‘e’ dalam bentuk akar kata ketika diubah menjadi bentuk kata kerja present participle, berikut adalah beberapa contohnya: Educate menjadi Educating, Smile menjadi Smiling, Bake menjadi Baking.

Bentuk Present orang ketiga tunggal (Third -person singular Present form) digunakan untuk merepresentasikan simple present tense. Dilambangkan dengan penambahan -s atau-es pada bentuk verb 1, seperti contoh: Rahma plays badminton. Kata kerja “play” mendapatkan penambahan -s karena subjek adalah third person singular (Rahma).

Sekarang, kamu sudah lebih paham tentang apa saja aturan penggunaan kata kerja verb 1 2 3 hingga verb 4 (v-ing) dan verb 5 (verb-s/es). Kalau ingin belajar lebih banyak untuk meningkatkan pemahaman, bergabung di tempat kursus Bahasa Inggris ICAN English. Ada banyak kelas yang bisa kamu ambil, termasuk untuk belajar grammar, speaking, reading, writing, dan listening lebih mudah!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web