tips belajar kosakata bahasa inggris

Tips Belajar Kosakata Bahasa Inggris

Belajar kosakata bahasa Inggris tentu perlu dilakukan, meski menjadi tantangan terbesar dalam belajar bahasa Inggris. Jika harus belajar dan menghafal begitu banyak kosakata, mungkin kamu akan merasa kesulitan saat melakukannya.

Kosakata bahasa Ingrgis atau yang biasa disebut dengan vocabulary adalah elemen dasar yang sangat krusial. Kamu mungkin akan mengalami kesulitan untuk bisa memahami dan menghafal semua kosakata bahasa Inggris, namun mempelajarinya adalah hal yang penting.

Trik Sukses Belajar Kosakata Bahasa Inggris

Minimnya pengetahuan kosakata bahasa Inggris bisa membuat komunikasi berjalan tidak lancar. Untuk menghindari hal tersebut, penting dan wajib untuk meningkatkan perbendaharaan kosakata untuk bisa berkomunikasi dengan lancar.

Baca Juga:
Kata Unik dalam Bahasa Inggris

Beberapa trik yang bisa kamu gunakan untuk bisa belajar kosakata bahasa Inggris adalah

Banyak Membaca

Semakin banyak kamu membaca, mulai dari novel, majalah dan surat kabar akan membantu kamu meningkatkan kosakata bahasa Inggris. Saat kamu membaca dan menemukan kata baru, cobalah untuk mempelajari makna dari kalimat tersebut dan cari juga artinya di kamus.

Kamu dapat menulis kata-kata baru yang telah kamu temukan. Dengan begitu, kosakata yang kamu miliki akan semakin banyak. Agar membaca menjadi aktivitas yang menyenangkan, pilihlah bahan bacaan yang paling kamu sukai dan sesuaikan dengan level kemampuan kamu.

Gunakan Aplikasi atau Games

Kini, untuk bisa belajar kosakata bahasa Inggris dan menghafalnya, kamu bisa menggunakan berbagai macam jenis aplikasi atau games di ponsel pintar kamu. Beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah Fluent U, Vocabulary English Cards atau Vocabulary Builder.

Pilih aplikasi yang paling cocok untuk kamu, unduh dan gunakan aplikasi tersebut di waktu senggang atau secara rutin, agar kosakata kamu semakin bertambah. Menggunakan aplikasi sangat cocok untuk kamu yang bisa berjam-jam menatap layar ponsel.

Scrabble bisa menjadi salah satu game yang bisa memperkaya kosakata kamu. Di sini, kamu akan ditantang untuk menyusun sebuah kata dari huruf yang acak. Ini bisa menjadi trik belajar bahasa Inggris yang menyenangkan.

Gunakan Metode Mnemonic

Ini adalah sebuah teknik atau metode belajar yang dipakai untuk mengingat sebuah kosakata. Caranya adalah dengan membuat asosiasi atau akronim dari kata-kata. Dengan cara ini, kamu bisa menggunakan metode Mnemonic untuk mengingat sebuah konsep yang rumit.

Metode ini bisa kamu gunakan untuk menghubungkan kata yang saling berhubungan, kamu bisa menjadi lebih pintar dan dapat bisa menciptakan hal kreatif. Untuk mencapai tujuan ini, kamu harus banyak latihan, ya!

Dengan asosiasi atau akronim, kamu akan mendapatkan kemudahan dalam mengingat kata. Contoh paling dasar adalah mengingat warna dasar, seperti akronim RGB untuk kepanjangan Red, Green dan Blue.

Baca Juga:
Situs Terbaik untuk Test Vocab Bahasa Inggris

Belajar Kosakata dengan Cara Menyenangkan

Mendengar atau membaca bisa menjadi cara menyenangkan untuk belajar kosakata bahasa Inggris. Dengan cara ini, kamu bisa belajar lebih cepat dengan motode immersion. Ini adalah sebuah proses belajar bahasa dengan menggunakan bahasa itu sendiri.

Proses belajar yang satu ini bisa menjadi sebuah kebiasaan yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Tak perlu lagi ke luar negeri, kamu bisa meningkatkan jumlah kosakata denan menciptakan suasana dan lingkungan belajar yang menyenangkan. Menonton film bahasa Inggris, membaca buku atau majalah bahasa Inggris dan lain sebagainya bisa membantu kamu mentiptakan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi