Kesulitan Umum Ketika Belajar Bahasa Inggris

Kesulitan Umum Ketika Belajar Bahasa Inggris

Berbicara bahasa asing secara fasih menjadi impian sebagian orang. Terutama untuk bahasa Inggris. Pasalnya, bahasa yang satu ini sudah ditetapkan dan diakui secara global. Namun, terdapat kesulitan bahasa Inggris secara aktif maupun pasif. Aktif berupa berbicara secara langsung dan pasif tergolong penguasaan materi bahasa Inggris.

Kemampuan berbahasa Inggris dapat ditingkatkan melalui pembelajaran secara langsung dengan tutor ataupun mandiri. Keahlian menguasai bahasa asing dapat dilatih dalam kehidupan sehari-hari seperti menonton film Hollywood ataupun mendengarkan lagu barat. Hal sederhana ini dapat membantu kamu untuk mengenali kosakata dalam bahasa Inggris.

6 Kesulitan Belajar Bahasa Inggris

Kesulitan bahasa Inggris ini dapat menjadi hambatan dalam penguasaan materi. Sebab setiap susunan kalimat dalam bahasa ini memiliki peraturan seperti grammar dan kata ganti pada kosakata kerap membuat bingung. Sehingga diperlukan belajar yang lebih ekstra selama proses pembelajaran. Berbagai kesulitan ini dapat dikenali untuk mendapatkan solusi.

1. Kesulitan Menghafal Kosakata dalam Bahasa Inggris

Bahasa Inggris memiliki kosakata yang tidak sedikit dan kerap digunakan dalam percakapan sehari-hari. Kosakata ini yang menjadi kesulitan bahasa Inggris bagi sebagian orang. Pasalnya, bentuk kosakata yang bervariasi dapat dibentuk menjadi sebuah kalimat. Sehingga diperlukannya menghafal kosakata sesuai kamus agar mudah menyusun kalimat.

Menghafal kosakata dapat dilakukan melalui film ataupun musik berbahasa Inggris. Sebab melakukan aktivitas ini membuat proses menghafal jauh lebih menyenangkan dan mudah untuk mengingat kosakata. Selain itu, diperlukan tutor profesional untuk membantu memeriksa kosakata yang kamu kuasai agar mengetahui kesulitan yang sering dijumpai.

2. Pelafalan Kata dalam Bahasa Inggris

Kesulitan selanjutnya yaitu pelafalan kata yang kerap terjadi kesalahan. Sebab kata dalam bahasa Inggris berbeda dengan pelafalan yang diucapkan. Tentunya diperlukan peningkatan kemampuan penguasaan kosakata dan struktur kalimat yang digunakan. Hal ini dapat memudahkan dalam pelafalan kata melalui beberapa tahapan pembelajaran yang dilakukan.

Pembelajaran pelafalan kata ini dapat melalui latihan mandiri berbicara ataupun menulis bahasa Inggris. Selain itu dapat dibantu oleh tutor profesional yang memberikan pembelajaran khusus. Tutor ini didapatkan apabila mengikuti kursus bahasa Inggris intensif misalnya ICAN English.

Baca Juga:
Memahami Makna Offering Help dan Contohnya dengan Benar

3. Pemahaman Grammar

Susunan struktur kata wajib untuk dikuasai apabila menginginkan keahlian dalam bahasa Inggris. Pasalnya struktur kata ini menjadi kalimat yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, pemahaman grammar sering membuat kesulitan dan kekeliruan. Sebab kalimat dalam bahasa Inggris terbagi menjadi beberapa bagian.

Susunan kalimat berbeda sesuai dengan waktu dan kata kerja yang digunakan. Hal ini menyebabkan berbagai macam kekeliruan, baik pelafalan maupun struktur yang digunakan tidak sesuai. Sehingga pembelajaran memahami grammar dapat dilakukan agar kalimat yang diucapkan sesuai dengan peraturan. Hal ini dapat dibantu oleh tutor ahli dalam bidang ini.

4. Kata Kerja yang Sering Digunakan

Kata kerja menjadi salah satu kosakata yang dipilih untuk membentuk kalimat. Selain itu kata kerja menjadi kunci menguasai bahasa Inggris. Pasalnya kata ini kerap digunakan dalam berbicara ataupun menulis bahasa Inggris. Menghafal kata kerja dapat menjadi solusi penguasaan bidang tersebut.

Kalimat dapat tersusun apabila sudah menguasai kosakata yang sering digunakan. Kata kerja dapat dikuasai melalui pembelajaran baik secara mandiri ataupun bantuan kursus. Pembelajaran melalui buku, film, ataupun musik dapat menjadi solusi untuk menguasai kosakata. Namun, belajar mandiri menimbulkan kesulitan seperti tidak ada teman interaksi.

5. Waktu Belajar yang Kurang Efektif

Penguasaan materi secara aktif ataupun pasif tentu memerlukan pembelajaran yang berbeda dan diperlukan teknik khusus. Sehingga menuntut untuk terus belajar agar pemahaman materi dapat dilakukan dengan efektif. Namun, belajar mandiri dapat menimbulkan kesulitan yang menyebabkan pembelajaran tidak efektif.

Kesulitan yang kerap dijumpai berupa tidak ada orang yang mengawasi ataupun menuntut pencapaian target. Pasalnya pengawasan belajar diperlukan agar tidak mengabaikan ataupun lalai selama pembelajaran. Selain itu rasa malas juga mendorong kamu untuk menunda waktu belajar. Penundaan ini menyebabkan pemahaman materi menjadi sulit dibandingkan kursus.

Baca Juga:
Game Untuk Belajar Grammar Bahasa Inggris

6. Tidak Terbiasa Berbicara

Berbicara dapat dilakukan apabila adanya komunikasi dengan orang lain. Kurang komunikasi ini dapat terjadi akibat rasa tidak percaya diri berbicara bahasa Inggris. Sehingga dibutuhkan teman untuk membantu kamu dan menilai pelafalan agar dapat meningkatkan kemampuan. Kesulitan bahasa Inggris menjadi akibat dari tidak terbiasa berbicara.

Akan tetapi, tidak semua orang dapat diajak menjadi teman berbicara bahasa yang satu ini. Oleh karena itu dibutuhkan tutor yang dapat menjadi sasaran interaksi menggunakan bahasa ini. Sehingga meningkatkan kemampuan berbicara bahasa asing jauh lebih fasih dan terbiasa menggunakan bahasa ini.

Tips Lancar Belajar Bahasa Inggris

Saat kamu belajar bahasa Inggris, jangan mempelajari kata-kata satu per satu. Menghafalnya tidak masuk akal tanpa konteks. Sebaliknya, pelajari seluruh frasa.

Menghafal arti kata akan jauh lebih mudah jika kamu mengetahui maknanya dan cara penggunaannya dalam sebuah kalimat.

Kamu juga bisa menggunakan internet atau sosial media untuk belajar bahasa Inggris. Bergabunglah dengan ruang obrolan atau forum, ikuti kursus bahasa Inggris online, atau temukan teman pena untuk melatih bahasa Inggris sambil mempelajari budaya yang berbeda. Dengan media sosial, kini semakin mudah untuk tetap berhubungan dengan teman-teman dari seluruh dunia.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi