Ujian speaking bahasa Inggris

Ketahui Apa Saja Ujian Speaking Bahasa Inggris!

Mar 15, 2022 | Bahasa Inggris

Dalam mendalami dan mempelajari bahasa Inggris, speaking menjadi salah satu bagian yang perlu dipahami secara mendalam pula. Pasalnya, speaking merupakan skill dalam bahasa Inggris yang paling dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja untuk berinteraksi. Oleh karena itu, disarankan pula untuk melakukan ujian speaking bahasa Inggris.

Karena ujian speaking biasanya akan membantu kamu untuk melakukan improve bahasa Inggris. Karena mempelajari bahasa tidak cukup dengan teori saja, tetapi harus diiringi pula oleh praktiknya. Salah satu praktik dalam pembelajaran bahasa Inggris adalah speaking. Sehingga tidak heran apabila banyak ujian speaking yang disediakan oleh berbagai lembaga. Kursus bahasa Inggris menjadi upaya banyak orang untuk bisa melewati tes ini.

Baca Juga: CARA MENINGKATKAN SPEAKING SKILL

Ujian Speaking Bahasa Inggris: TOEFL

Salah satu jenis tes bahasa Inggris yang paling banyak digunakan adalah TOEFL. Saat ini, banyak perusahaan dan instansi pendidikan yang mewajibkan pelamar atau mahasiswanya memiliki sertifikat TOEFL. Telah banyak pula tes TOEFL yang menyediakan tes speaking. Terdapat beberapa enam yang akan diujikan, simak penjelasannya di bawah ini!

1. Bagian Satu

Ujian pertama yang akan dihadapi ketika tes speaking TOEFL adalah ujian pada bagian satu. Ujian ini disebut dengan preferensi. Peserta akan diberikan instruksi untuk berbicara selama 45 detik terkait apapun yang diketahui. Hal yang dibicarakan dapat berupa tempat, seseorang, atau acara. Peserta diberikan waktu selama 15 detik untuk mempersiapkan jawaban.

2. Bagian Dua

Ujian Speaking Bahasa Inggris berikutnya adalah pilihan. Peserta akan diberikan dua pilihan. Apabila sudah memilih, maka akan diminta untuk menjelaskan pilihan tersebut. Peserta akan diberikan waktu 15 detik untuk melakukan persiapan. Setelah itu, akan diberikan waktu selama 45 detik untuk berbicara terkait pilihannya tersebut.

3. Bagian Tiga dan Empat

Selanjutnya adalah bagian tiga dan empat yang merupakan soal terintegrasi. Pada bagian ini, peserta tes akan diberikan dua soal. Pertama adalah membaca tulisan pendek sebanyak maksimal 100 kata. Kemudian mendengarkan rekaman singkat dengan durasi maksimal 80 detik.

Setelah itu, peserta akan diminta untuk merekam jawabannya. Di bagian ini, peserta akan diberikan waktu selama 30 detik untuk melakukan persiapan terhadap dua soal tersebut. Lalu akan diberikan waktu selama 60 detik untuk merekam jawaban.

4. Bagian Lima dan Enam

Bagian ini merupakan bagian terakhir dalam tes speaking di TOEFL. Sama halnya seperti bagian sebelumnya, bagian ini pun merupakan soal terintegrasi. Soalnya berupa rekaman singkat dengan durasi kurang dari dua menit. Setelah itu, peserta akan diminta untuk menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan topik di rekaman sebelumnya.

Peserta akan diberikan waktu selama 20 detik untuk melakukan persiapan. Persiapan tersebut dilakukan untuk setiap soal yang diberikan. Kemudian, peserta akan diberikan waktu 60 detik untuk merekam jawaban atas soal-soal yang diberikan. Jawaban dapat berupa dialog atau potongan dari rekaman sebelumnya.

Baca Juga: MACAM TES BAHASA INGGRIS UNTUK KERJA

Ujian Speaking Bahasa Inggris: IELTS

Jenis tes berikutnya tidak kalah populer dengan TOEFL. Namun, biasanya ujian ini lebih ditekankan untuk mahasiswa yang akan melanjutkan studi ke luar negeri. Berikut adalah beberapa jenis ujian speaking yang ada di IELTS!

1. Bagian Satu (Wawancara)

Bagian pertama ini merupakan wawancara yang dilakukan oleh penguji. Biasanya yang ditanyakan adalah terkait identitas pribadi. Misalnya adalah tempat tinggal. Penguji biasanya akan menanyakan terkait berapa lama tinggal di tempat tersebut, akomodasi apa yang didapatkan di tempat tinggal, dan sebagainya.

2. Bagian Dua (Penampilan Individu)

Bagian berikutnya merupakan bagian yang mengharuskan setiap peserta menjawab suatu topik tertentu. Topik tersebut terkandung dalam candidate task card. Dalam kartu tersebut, biasanya terdapat beberapa topik atau tugas. Misalnya adalah topik terkait hal yang penting dalam kehidupan. Peserta akan diminta untuk menyebutkan serta menjelaskan secara detail.

3. Bagian Tiga (Diskusi)

Bagian terakhir adalah diskusi yang akan dilakukan bersama penguji. Pada bagian ini, peserta harus menyampaikan opini yang berkaitan dengan sudut pandang. Biasanya terdapat suatu topik yang akan didiskusikan. Penguji biasanya akan menyampaikan pula opininya, lalu peserta dapat menanggapi opini tersebut.

Ujian speaking bahasa Inggris memang ada dalam berbagai tes Bahasa Inggris, seperti TOEFL dan IELTS. Hal tersebut disebabkan karena speaking menjadi hal yang penting untuk melakukan komunikasi dalam bahasa Inggris.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

3 Game Online Seru untuk Belajar Bahasa Inggris

3 Game Online Seru untuk Belajar Bahasa Inggris

Memainkan game seru untuk belajar bahasa inggris adalah sarana belajar sambil bermain yang kekinian, praktis, dan menyenangkan. Main game sambil belajar juga merupakan cara terbaik menikmati me time tetapi sambil mendapatkan materi pembelajaran baru. Sehingga,...

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Kalimat pengandaian dalam bahasa Inggris atau disebut sebagai conditional sentence merupakan salah satu bentuk ungkapan dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menanyakan sesuatu yang diharapkan atau diandaikan. Bentuk kalimat ini juga dapat digunakan untuk...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH