cara meningkatkan speaking skill

Cara Meningkatkan Speaking Skill

Kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris memang harus diasah dengan kegiatan rutin. Kamu perlu berbicara setiap hari untuk membiasakan diri berkomunikasi dengan bahasa asing ini. Banyak cara meningkatkan speaking skill yang bisa kamu lakukan agar kemampuan kamu semakin meningkat.

Berbicara dalam bahasa Inggris bukan hanya menunjukkan kelancaran, namun juga meningkatkan kepercayaan diri. Kamu juga akan lebih mudah jika harus bertegur sapa atau berkomunikasi dengan bahasa asing.

Bagaimana Cara Meningkatkan Kemampuan Speaking?

Banyak pelajar yang merasa kesulitan ketika harus berbicara dengan bahasa Inggris. Selain takut salah, banyak dari mereka yang merasa malu melakukannya. Padahal, dengan cara meningkatkan speaking skill yang benar, kamu bisa berbicara bahasa Inggris dengan lancar, loh.

Jangan Terpaku Pada Grammar

Banyak orang yang enggan berbicara karena takut grammar yang digunakan salah. Terlalu fokus pada grammar hanya akan membuat kamu tidak fokus pada obrolan yang berlangsung. Bahkan, banyak orang yang merasa tidak percaya diri untuk melanjutkan obrolan karena takut grammar yang mereka gunakan salah.

Akan lebih baik jika kamu memberanikan diri terlebih dahulu untuk berbicara. Perlu diingat bahwa penutur asli pun terkadang tidak memperhatikan grammar dan sering salah menggunakannya.

Baca Juga:
Topik Dalam IELTS Speaking Bahasa Inggris

Perkaya Kosakata dan Lafalkan Pengucapannya

Tambahlah kosakata bahasa Inggris secara rutin. Kamu bisa mendengarkan musik, menonton film atau bahkan bermain game agar kosakata kamu bertambah. Usahakan setiap harinya kamu memiliki target untuk mempelajari kosakata baru. Jika ada yang belum kamu mengerti, kamu bisa mencarinya di kamus dan ucapkan pelafalannya dengan benar.

Umumnya, kamus online memiliki fitur pronunciation atau pengucapan. Setiap kamu mencari kata baru di kamus online, pastikan kamu mengaktifkan fitur speaker untuk mencari tahu pengucapannya yang benar.

Bicara dengan Diri Sendiri

Tak perlu malu ketika berbicara dengan diri sendiri. Kepercayaan diri bia tumbuh karena kamu sering bicara dengan diri sendiri, loh. Bicarakan apapun yang ingin kamu ungkapkan dalam bahasa Inggris.

Sambil berbicara, kamu bisa merekam suara kamu dan dengarkan setelahnya. Dengan begini, kamu bsia memperbaiki pengucapan yang masih kurang sesuai dan  mengetahui letak kesalahan kamu.

Baca Juga:
Materi Speaking Bahasa Inggris

Mengapa Perlu Meningkatkan Kemampuan Speaking?

Untuk kamu yang akan kuliah di luar negeri atau sekadar berpergian, kemampuan speaking ini akan sangat diperlukan. Dengan kemampuan ini, kamu bisa berkomunikasi dengan orang lain tanpa hambatan.

Untuk ujian masuk perguruan tinggi di luar negeri, seperti TOEFL atau IELTS, kemampuan berbicara juga diperlukan. Hal ini untuk menilai sejauh mana kemampuan kamu dalam berbicara bahasa Inggris dan apakah kamu bisa berkomunikasi dengan para penutur asli.

Dalam dunia kerja, kemampuan berbicara juga diperlukan. Kini, ada banyak perusahaan yang mengharuskan kandidat mereka melakukan wawancara kerja dengan bahasa Inggris. Ada kemungkinan juga kamu harus berhadapan dengan klien dari luar negeri dan speaking skill ini akan sangat berguna.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web