Tes bahasa Inggris untuk kerja

Macam Tes Bahasa Inggris Untuk Kerja

Mar 21, 2022 | Bahasa Inggris

Tes Bahasa Inggris untuk kerja memang dibutuhkan. Pasalnya ada beberapa posisi dalam sebuah perusahaan mengharuskan para kandidat pelamar kerja memiliki sertifikat Bahasa Inggris. Seperti TOEFL, IELTS, dan lain sebagainya.

Salah satu alasan yang paling umum kenapa hal ini dicantumkan dalam persyaratan adalah karena beberapa alasan. Hal tersebut mencakup posisi yang dilamar tersebut memiliki kaitan dengan klien internasional yang berbahasa inggris, kebutuhan marketing, dan lain sebagainya. Sehingga sangat wajar, jika sertifikat dibutuhkan untuk mengetahui tingkat kemampuan kandidat.

Baca Juga: TES BAHASA INGGRIS UNTUK WAWANCARA KERJA

Jenis Tes Bahasa Inggris Untuk Kerja

Beberapa macam tes bahasa inggris pun diadakan. Hal tersebut dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhanmu. Adapun macam-macam tes Bahasa Inggris untuk Kerja diantaranya adalah sebagai berikut!

1. Test Of English As A Foreign Language Atau TOEFL

Tes ini sering digunakan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam bahasa inggris. Umumnya, dilakukan oleh mereka yang akan terjun pada dunia professional maupun akademis. Tes ini sendiri memakan waktu hingga 3 jam.

Hal ini dikarenakan kamu akan mengerjakan berbagai aspek dari Bahasa Inggris. Seperti Speaking, Listening. Reading, maupun Grammer. Sehingga sangat wajar waktu tersebut dibutuhkan dalam mengerjakan soal-soal. Biasanya, orang yang mengikuti tes ini untuk kepentingan di dalam negeri saja.

2. International English Language Testing System  Atau IELTS

Ujian ini lebih dikenal dengan nama IELTS. Hal ini dikarena nama tersebut lebih mudah diucapkan dan lebih simple. Namun, meskipun begitu, ujian ini dianggap sebagai ujian yang memiliki tingkat kesulitan yang tinggi.

Bagi kamu yang ingin berkarir maupun melanjutkan studi ke luar negeri, maka wajib mengikuti tes bahasa inggris untuk kerja ini. Hal ini dikarenakan beberapa lembaga maupun instansi memang mewajibkan para kandidatnya memiliki sertifikat IELTS. 

Bahkan ujian ini menjadi tes favorit pada berbagai institusi pendidikan maupun dunia professional luar negeri. Tidak hanya itu saja, kamu pun dapat mengambil jenis tes yang sesuai dengan kebutuhan. Baik itu general training atau academic.

3. Certificate of Advanced English Atau CAE

Tes ini pun terbilang cukup sulit karena memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Maka, biasanya orang yang mendaftarkan diri pada tes ini adalah orang yang sudah yakin dengan kemampuan Bahasa Inggris mereka. Selain itu, tes ini diperuntukan bagi mereka yang ingin mengembangkan karir mereka di Britania Raya.

Tes ini pun memang sengaja dirancang untuk mengetahui tingkat kemampuan kamu dalam berkomunikasi sehari-hari. Hal tersebut ditunjang oleh soal-soal dalam tes ini memang dirancang untuk tujuan tersebut.

Menurut sebuah halaman Academic Position, diketahui bahwa hasil  A atau B dari tes Certificate of Advanced English menjadi sebuah bukti bahwa kamu memiliki kemampuan C1 atau setara dengan 110-120 (skor TOEFL), dan 7-8 (Skor IELTS).

4. Test Of English For International Communication Atau TOEIC

Jika kamu berniat melamar ke beberapa perusahaan besar atau instansi pemerintah di Indonesia. Sebaiknya kamu mengikuti tes ini terlebih dahulu. Pasalnya, beberapa instansi memang mewajibkan para kandidat yang melamar ke lembaga maupun perusahaan yang dimiliki oleh mereka, harus menyertakan sertifikat TOEIC.

Bahkan diantaranya malah mewajibkan. Lalu mengapakah hal ini diwajibkan oleh beberapa instansi tersebut? Hal ini dikarenakan TOEIC memiliki CEFR yang dinilai lengkap. Pasalnya, tes ini mampu mengetahui secara detail kemampuan seseorang dari kemampuan ia membaca sampai pada kemampuannya dalam percakapan.

Baca Juga: CARA BELAJAR BAHASA INGGRIS MUDAH DAN MENYENANGKAN

Cara Untuk Menemukan Tes Bahasa Inggris Untuk Kerja

Sebelum memutuskan tes bahasa inggris mana yang akan diikuti, sebaiknya kamu mempertimbangkannya dengan matang. Salah satu caranya yaitu dengan melakukan beberapa hal di bawah ini! Sehingga, tes yang diikuti pun sesuai dengan kebutuhan kamu.

1. Kenali Tujuan

Hal yang pertama yang perlu dilakukan adalah dengan memahami tujuan kamu mengikuti tes. apakah untuk bekerja di luar negeri ataukah di dalam negeri. Dengan begitu, kamu akan lebih fokus dan mudah menentukan tes mana yang akan diikuti

Misalnya, jika kamu ingin berkarir di luar negeri, ikuti pula tes yang khusus untuk ke sana.  Maka sebaiknya ikuti tes Bahasa Inggris untuk kerja  yaitu IELTS. Dimana tes tersebut memang dikhususkan untuk orang yang ingin membangun karirnya di luar negeri.

2. Gali Informasi Lembaga yang Menyediakan Tes Tersebut

Macam tes Bahasa Inggris untuk kerja di atas dapat kamu pertimbangakan dengan baik. Selain menemukan jenis dan tempat tes mana yang tepat, kamu pun perlu menyiapkan tes dengan matang. Salah satunya dengan mengikuti kursus bahasa Inggris di ICAN English.

Setelah mengetahui tujuan kamu, maka kamu akan lebih memahami prioritas. Maka langkah selanjutnya adalah dengan menggali informasi lembaga mana saja yang menyediakan tes tersebut. Galilah informasi dari mulai durasi waktu, biaya, tempat, dan lain sebagainya.

Sehingga kamu akan lebih mudah menyiapkan segalanyanya. Untuk mencarinya, kamu dapat menggunakan mesin pencarian atau dapat menanyakan kepada orang-orang terdekat yang sudah terlebih dahulu berkarir.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Belajar Bahasa Inggris yang bagus adalah dengan menyematkan tingkatan sesuai dengan kemampuan. Tingkatan yang paling mahir dikenal dengan tingkat Expert. Tentu saja untuk bisa sampai ke level tersebut kamu perlu belajar dengan extra giat dan teratur supaya bisa sampai...

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Kursus Bahasa Inggris saat ini bisa kamu temukan dengan sangat mudah. Di berbagai kota bahkan secara online juga membuka kursus Bahasa Inggris bagi siapapun. Akan tetapi, dengan banyaknya tempat kursus Bahasa Inggris kamu juga harus bisa menyeleksi mana yang paling...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH