Keterangan waktu dalam simple present tense

Keterangan Waktu dalam Simple Present Tense

Agu 20, 2022 | Bahasa Inggris

Keterangan waktu dalam simple present tense menggunakan waktu sekarang atau saat ini. simple present tense sendiri merupakan salah satu bentuk tenses yang sering digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Sehingga, penting untuk kamu bisa memahami tenses ini secara menyeluruh karena tidak hanya berguna untuk kepentingan akademik, tetapi juga untuk berkomunikasi.

Simple present tense merupakan bentuk paling sederhana dalam tenses bahasa inggris. materi ini biasanya akan disampaikan lebih awal sebelum membahas lebih jauh mengenai materi tenses lainnya. Mempelajari bentuk tenses ini juga cukup mudah karena strukturnya tidak terlalu kompleks dan menggunakan kata kerja dasar.

Baca Juga: CARA MUDAH MEMAHAMI SIMPLE PRESENT TENSE

Berbagai Keterangan Waktu dalam Simple Present Tense

Meskipun simple present tense merupakan bentuk tenses yang paling sederhana, tetapi tetap ada beberapa aturan dalam pembentukan kalimatnya. Salah satu aturan tersebut yaitu, mengenai berbagai keterangan waktu dalam simple present tense yang tidak bisa dipilih secara asal. Bergabung dalam kursus bahasa Inggris memudahkan kamu dalam belajar materi ini hingga materi lain dalam bahasa Inggris.

Berikut merupakan informasinya yang wajib kamu ketahui!

1. Adverb Of Frequency

Bentuk keterangan waktu yang digunakan untuk simple present tense yang pertama yaitu, adverb of frequency atau kata keterangan yang menunjukan seberapa sering atau seberapa banyak suatu kegiatan dilakukan atau peristiwa terjadi. Bentuk kata keterangan ini merupakan tambahan untuk melengkapi kalimat jadi lebih detail atau jelas.

Terdapat berbagai pilihan kata yang termasuk ke dalam bentuk adverb of frequency. Adapun, kata-kata tersebut diantaranya; always (selalu), usually/generally (biasanya), normally (umumnya), often (sering), sometimes (kadang-kadang), seldom (jarang), never (tidak pernah), ever (pernah), dan sebagainya.

Untuk lebih memahami konsep penggunaan kata-kata tersebut bisa kamu lihat contoh berikut. Misalnya, I usually read the book in my room (saya biasanya membaca buku di ruangan saya). Keterangan waktu dalam kalimat tersebut diletakkan setelah subjek “I”.

2. Adverb Of Time

Keterangan waktu dalam simple present tense berikutnya yaitu, adverb of time yang menunjukan kapan suatu kegiatan atau peristiwa terjadi. Bentuk kata keterangan ini menjelaskan tentang kapan, berapa lama, hingga seberapa sering sesuatu terjadi.

Terdapat berbagai pilihan kata yang menunjukan adverb of time. Adapun, kata-kata tersebut diantaranya today (hari ini), soon (segera), already (sudah), nowadays (saat ini), dan sebagainya. Misalnya, today I go to school by bus (hari ini saya pergi ke sekolah menggunakan bus). Kata keterangan dalam kalimat tersebut diletakan di awal sebelum subjek.

3. Every + Time

Keterangan waktu dalam simple present time selanjutnya yaitu, menggunakan kata every yang dilanjutkan dengan penyebutan waktu. Penggunaan bentuk kata ini biasanya untuk menunjukan suatu kegiatan atau peristiwa yang rutin dilakukan atau terjadi.

Terdapat beberapa contoh kata diantaranya every Sunday (setiap hari minggu), every week (setiap pekan), everyday (setiap hari), every night (setiap malam), every morning (setiap pagi), every year (setiap tahun), dan sebagainya. Misalnya, I go to my grandmother house every year when eid (saya pergi ke rumah nenek saya setiap tahun ketika hari raya)

4. On + Time

Bentuk kata keterangan yang biasa digunakan untuk simple present yang terakhir yaitu kata ‘on’ yang dilanjutkan dengan penyebutan waktu. Kata ini hampir mirip dengan bentuk yang sebelumnya. Namun, penggunaan kata ini menunjukan waktu yang lebih spesifik dibandingkan dengan bentuk sebelumnya.

Terdapat berbagai contoh kata diantaranya on Januaries (pada setiap bulan januari), on 3 am (pada setiap pukul 3), dan sebagainya. Misalnya, She go to zoo on Januaries (dia pergi ke kebun binatang pada setiap bulan januari. Penentuan waktunya lebih spesifik dan mendetail.

Baca Juga: TIPS MENGUBAH KATA KERJA MENJADI PAST TENSE

Lebih Jauh Mengenai Simple Present Tense

Setelah mengetahui terkait penggunaan keterangan waktu pada simple present tense. Lantas, apakah kamu sudah paham terkait apa itu simple present tense? Jika belum paham, kamu bisa menyimak informasi berikut ini!

1. Rumus Kalimat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa simple present tense menggunakan keterangan waktu saat ini dan menggunakan kata kerja dasar. Adapun, untuk rumus pembentukan kalimatnya juga sangat sederhana. Pertama, untuk bentuk kalimat rumusnya yaitu; subjek + tobe (is/am/are) / verb 1 + kata keterangan.

2. Fungsi Simple Present Tense

Selain untuk menunjukan kejadian di waktu saat ini, simple present tense juga memiliki fungsi lainnya. Adapun, fungsi lain dari penggunaan simple present tense yaitu digunakan untuk menunjukan kebenaran umum juga kegiatan atau kebiasaan rutin dengan tambahan kata keterangan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Itulah informasi seputar keterangan waktu dalam simple present tense yang perlu kamu ketahui ketika sedang belajar bahasa inggris. Dengan mengetahui kata keterangan yang bisa digunakan serta fungsi  dari tenses tersebut, maka akan lebih meningkatkan pemahaman serta pengetahuan kamu dalam bahasa inggris.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Konversi skor TOEFL ke IELTS memiliki klasifikasi dan tingkatannya masing-masing, mulai dari yang paling dasar hingga paling tinggi. Kedua tes tersebut sebenarnya cukup sulit untuk dibandingkan, karena memiliki keunikannya tersendiri. Selain itu, sistem...

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

Grammar merupakan salah satu aspek terpenting dalam mempelajari bahasa inggris. salah satu metode yang bisa kamu lakukan adalah belajar lewat media buku grammar bahasa Inggris. Metode tersebut bisa kamu pilih karena cenderung fleksibel dan bisa dilakukan dimana...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH