Keterangan waktu past tense

Keterangan Waktu untuk Past Tense

Jan 13, 2022 | Bahasa Inggris

Adverbs of time atau keterangan waktu menjadi salah satu aspek penting dalam sebuah kalimat. Apapun tensesnya, keterangan waktu ini akan selalu digunakan. Keterangan waktu past tense dan tenses lainnya tentu akan selalu berbeda. Kamu perlu memahaminya agar bisa menggunakannya secara benar.

Untuk past tense yang merupakan kalimat lampau, keterangan waktu umumnya menggunakan kemarin, tahun lalu, atau keterangan lainnya yang menunjukkan waktu di masa lalu.

Baca Juga: POLA KALIMAT PAST PERFECT TENSE

Keterangan Waktu Past Tense yang Lebih Beragam

Selain membuat kamu lebih kreatif, keterangan waktu ini akan menunjukkan informasi tentang kapan suatu kejadian tersebut. Kalimat yang kamu gunakan akan lebih kreatif dan informatif.

Nah, beberapa keterangan waktu past tense yang cukup beragam dan bisa kamu gunakan adalah:

1. Yesterday (morning/noon/afternoon/evening)

Keterangan waktu ini adalah yang paling populer digunakan saat membuat kalimat dengan pola past tense. Agar tidak membosankan dan lebih informatif, kamu bisa menambahkan morning, afternoon, evening  setelah kata yesterday. Contohnya adalah:

  • Yesterday morning: kemarin pagi
  • Yesterday noon: kemarin siang
  • Yesterday afternoon: kemarin siang menjelang sore

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan jam berapa tepatnya kegiatan tersebut berlangsung. Misalnya, yesterday at 9 a.m. yang artinya adalah kemarin jam 9 pagi.

2. Last (Sunday/week/month/year)

Selain yesterday, salah satu keterangan waktu past tense yang cukup banyak digunakan adalah last. Kata ini memiliki arti terakhir atau lalu. Beberapa kata yang bisa dipasangkan dengan last adalah Sunday, week, year atau juga month. Beberapa contoh yang bisa kamu gunakan adalah

  • last Monday = hari Senin lalu
  • last night = semalam / tadi malam
  • last week = minggu lalu
  • last January = Januari lalu
  • last month = bulan lalu
  • last year = tahun lalu

3. A/An/One …. Ago (Singular) atau … Ago (Plural)

Ago juga sebenarnya menunjukkan kata lalu atau silam. Last yang ada di poin sebelumnya bisa berubah menjadi ago, dengan contoh last year berubah menjadi a year ago. Namun, kamu perlu memperhatikan bahwa jika menunjukkan singular, maka kamu perlu menambahkan a/an/one, contohnya:

  • a month ago = satu bulan yang lalu
  • a year ago = setahun lalu
  • an hour ago = satu jam yang lalu
  • one minute ago = satu menit yang lalu

Sedangkan, jika waktunya menunjukkan plural, maka kamu hanya perlu menambahkan ago. Misalnya saja:

  • three weeks ago = tiga minggu lalu
  • six months ago = 6 bulan lalu
  • two years ago = dua tahun lalu
  • ten hours ago = 10 jam yang lalu

Materi keterangan waktu past tense ini akan kamu temukan saat belajar bahasa Inggris, terutama ketika kamu mengikuti kursus bahasa Inggris. ICAN English menjadi salah satu lembaga kursus yang menyediakan materi lengkap sesuai kemampuan kamu.

Baca Juga: CONTOH PARAGRAF PAST TENSE DAN PENJELASANNYA

Definisi Lengkap Seputar Keterangan Waktu

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, keterangan waktu ini akan menjelaskan kapan dari sebuah pertanyaan. Tak hanya itu, adverb of time ini juga menjelaskan berapa lama atau how long dan seberapa sering Tindakan tersebut terjadi.

Keterangan waktu ini sangat mudah ditemukan dalam sebuah kalimat. Biasanya, keterangan waktu terletak di akhir kalimat, atau tergantung pada fungsinya.

Adverb of time yang menyatakan kapan umumnya terletak di akhir kalimat, sedangkan yang menunjukan frekuensi biasanya ada di depan predikat. Namun, perlu diingat juga bahwa keterangan ini bisa berubah posisi tergantung pada maksud asli dari kalimat tersebut.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Belajar Bahasa Inggris yang bagus adalah dengan menyematkan tingkatan sesuai dengan kemampuan. Tingkatan yang paling mahir dikenal dengan tingkat Expert. Tentu saja untuk bisa sampai ke level tersebut kamu perlu belajar dengan extra giat dan teratur supaya bisa sampai...

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Kursus Bahasa Inggris saat ini bisa kamu temukan dengan sangat mudah. Di berbagai kota bahkan secara online juga membuka kursus Bahasa Inggris bagi siapapun. Akan tetapi, dengan banyaknya tempat kursus Bahasa Inggris kamu juga harus bisa menyeleksi mana yang paling...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH