keterangan waktu untuk simple future tense

Keterangan Waktu untuk Simple Future Tense

Keterangan waktu menjadi salah satu pelengkap kalimat yang sangat penting untuk dipelajari. Kata ini akan membuat kalimat kamu semakin lengkap dan meminimalisir kesalahpahaman dengan lawan bicara. Keterangan waktu simple future tense adalah salah satu keterangan waktu dalam tenses yang perlu kamu pahami lebih lanjut.

Masing-masing tenses memiliki keterangan waktu atau adverb of time yang berbeda, kamu perlu memahami masing-masingnya agar bisa menggunakannya di tenses yang benar.

Daftar Keterangan Waktu

Jika kamu belum memahami bagaimana membuat kalimat simple future tense secara lengkap. Maka kamu perlu mempelajari pengertian, rumus dan contoh kalimatnya terlebih dahulu.

Jika sudah memahaminya secara jelas, maka kamu bisa beralih ke keterangan waktu simple future tense. Berikut daftar adverb of time untuk tenses ini:

  • Tomorrow
  • Later
  • Next week/month/year
  • Soon
  • In the morning/afternoon/evening
  • At (time)
  • While
  • In a while
  • After
  • Soon/Later/By
  • The day after Tomorrow

Keterangan waktu ini biasanya ada di belakang kalimat sebagai penutup dan penjelas kapan waktu atau kejadian tersebut akan terjadi. Tak hanya berfungsi sebagai pelengkap kalimat, keterangan ini juga memberikan makna pada kalimat bahasa Inggris.

Dengan adanya keterangan waktu simple future tense, kamu bisa menghindari miskomunikasi dengan lawan bicara akibat kurangnya informasi.

Baca Juga:
Contoh Kalimat Simple Future Tense

Untuk dapat berada di materi adverb of time ini, kamu perlu mengenal terlebih dahulu apa itu simple future tense. Kenali pola kalimat lalu baca contoh kalimatnya. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah mengenal pola kalimat ini.

Kamu juga perlu mempelajarinya lebih dalam agar sampai pada tujuan belajar. Penggunaan will dan going to, keterangan waktu, serta mengubah kalimat aktif menjadi pasif atau sebaliknya.

Setelah memahami semua materi seputar simple future tense, maka kamu harus mempraktikannya dalam percakapan sehari-hari. Ada banyak contoh dialog atau paragraf tentang rencana kegiatan di masa mendatang.

Fungsi Simple Future Tense

Seperti yang sudah diketahui, simple future tense membicarakan mengenai rencana untuk masa depan yang sudah kamu pikirkan sebelumnya. Fungsi will/shall atau yang biasa disebut sebagai Auxiliary verb berguna untuk berbicara mengenai peristiwa masa depan yang kamu yakini akan terjadi.

Simple future tense memiliki beberapa ciri-ciri, seperti misalnya:

  • Predikat kalimat seringkali berupa shall/will + infinitive
  • Kata kerja bantu Shall digunakan untuk orang pertama yaitu I dan We. Sedangkan, Will digunakan untuk yang lainnya, seperti He, She, It, You, They
  • Bentuk tanya disusun dengan memindahkan Shall atau Will ke depan subjek. Sedangkan bentuk kalimat negatif akan menambahkan kata not di belakang kata bantu Shall atau Will.

Secara keseluruhan, fungsi tenses yang satu ini adalah untuk menyatakan suatu peristiwa atau kejadian yang akan terjadi pada waktu yang akan datang. Tense ini juga bisa berfungsi untuk menyatakan janji pada waktu yang akan datang.

Baca Juga:
Aturan Penggunaan Simple Past Tense

Kemudian, kamu juga bisa menggunakan tenses ini untuk menyatakan suatu permintaan kepada orang lain atau juga mengajak lawan bicara untuk melakukan suatu kegiatan di masa mendatang.

Itulah beberapa macam keterangan waktu simple future tense beserta contoh penggunaannya dalam kalimat. Dari beberapa contoh di atas, dapat dilihat bahwa semakin spesifik keterangan waktu yang digunakan maka rencana pun sudah dipikirkan atau dirancang lebih matang. Sudahkah kamu membuat rencana dengan keterangan waktu yang disebutkan di atas?

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web