kiat kiat menghadapi pte exam preparation

Kiat Kiat Menghadapi PTE Exam Preparation

PTE exam preparation merupakan bimbingan profesional yang diberikan agar kamu bisa menghadapi ujian PTE dengan lebih mudah. Pearson Test of English Academic akan menguji kemampuan kamu dalam mendengarkan, menulis, berbicara, dan juga mendengar.

Agar kamu berhasil menaklukkan ujian tersebut, maka kamu harus berlatih dengan konsisten, serta mempersiapkan perencanaan strategi ujian yang tepat. Sehingga, kamu dapat meraih skor tinggi dalam tes tersebut.

5 Cara Menghadapi PTE Exam

Selama mengikuti ujian PTE, kamu akan diberikan waktu 2 jam dalam mengerjakan soal. Agar kamu bisa menyelesaikan ujian ini dengan mudah, berikut adalah tips yang bisa kamu coba:

1. Buat Target Skor

Langkah awal agar kamu bisa mengerjakan PTE Exam adalah memahami tingkat kemahiran berbahasa inggris saat ini. Kamu perlu membuat target skor PTE yang ingin kamu capai. Gunakan PTE exam preparation sebagai cara melatih kemampuan diri, sehingga kamu bisa menargetkan skor tes yang ingin kamu capai.

Tes yang menguji empat keterampilan tersebut juga menampilkan skor tiap skill. Sehingga, kamu bisa mengukur keterampilan mana yang ingin kamu tingkatkan.

2. Cari Tahu Format Tes

Luangkan waktu agar kamu lebih familiar dengan struktur PTE Academic. Kamu wajib memahami seperti apa format dan tipe soal yang akan kamu hadapi. Cara ini akan membantu agar kamu mendapatkan hasil nilai tes yang lebih baik.

Misalnya, pelajari berapa soal dan berapa sesi yang diujikan dalam tes tersebut. Pelajari juga seperti apa instruksi soal yang diberikan, berapa lama durasi tes dan berapa menit waktu yang harus kamu gunakan untuk menjawab masing-masing tipe soal.

3. Pahami Penilaian Tes

Semua pertanyaan dalam tes PTE Academic adalah 100% dinilai secara otomatis oleh komputer. Sehingga, semua penilaian benar-benar akurat, konsisten, dan adil. Setiap pelajar yang mengikuti tes akan mendapatkan skor antara 10 dan 90, yang menunjukkan keterampilan berbahasa.

Beberapa pertanyaan dinilai dari kebenaran jawaban, sedangkan jenis soal lainnya dapat dinilai dari aspek formal, kualitas jawaban, dan kesesuaian. Formal aspect berkaitan dengan bentuk jawaban.

Misalnya, apakah jawaban yang kamu berikan melebihi atau kurang dari batasan yang telah ditetapkan. Sedangkan kualitas jawaban termasuk kemampuan kamu dalam menjawab beberapa bidang, misalnya dalam pengucapan, pemahaman, dan kefasihan.

Baca Juga:
Cara Meningkatkan Skor PTE Reading Section

4. Konsisten Latihan

Gunakan waktu luang yang kamu miliki untuk berlatih keterampilan. Kamu bisa belajar selama 5 atau 10 menit setiap hari untuk meningkatkan pengetahuan. Sedangkan jika ingin meningkatkan kemampuan berbicara, kamu harus rajin berlatih di rumah, di sekolah, atau bahkan di lingkungan kerja. Misalnya, dengan bregabung di grup berbahasa inggris.

Gunakan juga waktu luang untuk melatih kemampuan menulis berbahasa inggris. Misalnya, ketika kamu ingin menulis email ke teman, mengirim chat ke seseorang, semuanya dapat kamu coba dalam bahasa inggris. Kamu juga dapat menggunakan jurnal untuk menulis tulisan bahasa inggris sesuai pengalaman sehari-hari.

5. Kursus PTE Preparation

PTE Preparation Class adalah salah satu cara terbaik jika kamu ingin meningkatkan kemampuan berbahasa inggris secara serius. Tidak ada salahnya menggunakan tabungan yang kamu miliki untuk membayar tutor profesional yang sudah bersertifikat. Tutor tidak hanya menjadi guru yang membimbing, tapi juga menjadi partner belajar sampai kemampuan lebih meningkat.

ICAN English menyediakan kelas online untuk persiapan PTE. Selama mengikuti pembelajaran, kamu akan belajar banyak hal, termasuk mendapatkan fasilitasn mock test. Tes ini tidak ubahnya adalah simulasi sehingga kamu bisa merasakan atmosfer seperti apa ikut ujian PTE resmi.

Baca Juga:
Persiapan Untuk Tes PTE Academic

Apa yang Harus Kamu Lakukan Selama Tes PTE Berlangsung?

Setelah mengikuti kelas persiapan PTE, kamu akan siap menghadapi tes PTE resmi. Apa yang harus kamu lakukan selama ujian berlangsung? Pastikan bahwa kamu telah membaca seluruh instruksi dalam ujian tersebut dengan cermat. Gunakan tanda baca yang tepat ketika mengerjakan tugas writing. Mulai dari tanda titik, penggunaan huruf kapital, koma, dan sebagainya, harus benar-benar diperhatikan.

Kamu juga dapat menjawab seluruh pertanyaan dengan tepat. Jika ada pertanyaan yang meminta kamu untuk menulis atau berbicara tentang olahraga, menulis, atau berbicara tentang “SPORT”, jangan membahas topik lainnya selain “SPORT”. Jika menghadapi PTE Writing, kamu juga harus memperhatikan batas jumlah kata sesuai instruksi.

Untuk menghadapi ujian speaking, kamu harus memberikan jawaban secepatnya, dan terus berbicara selama tes. Mic akan langsung mati secara otomatis jika kamu terdiam selama tiga detik, sehingga akan berhenti merekam jawaban.

Terakhir, jangan pernah menghabiskan waktu terlalu lama untuk menjawab satu soal. Gunakan waktu yang tersisa untuk mengoreksi seluruh jawaban yang kamu berikan.

Itulah penjelasan lengkap tentang PTE Exam, cara menghadapinya dan bagaimana cara meningkatkan kemampuan diri sebelum tes. Perlu kamu ketahui bahwa persiapan dalam menghadapi ujian PTE bisa bervariasi. 1 bulan bisa menjadi waktu yang cukup untuk pelajar yang punya beberapa jam waktu luang setiap harinya. Sebaliknya, jika kamu hanya punya waktu dua jam per hari, 1 bulan belajar PTE tidak akan cukup.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Tim ICAN English.