Kisi-Kisi TOEFL dan Jawabannya

Kisi Kisi TOEFL dan Jawabannya

Apr 25, 2022 | TOEFL

Apabila kamu ingin mengikuti tes TOEFL, maka penting sekali mempelajari apa kisi kisi TOEFL dan jawabannya. Test of English as a Foreign Language atau TOEFL dikembangkan oleh lembaga yang disebut dengan ETS atau Educational Testing Service berbasis di Amerika Serikat.

Tujuan adanya tes TOEFL adalah mengukur kemampuan bahasa. Tidak sedikit juga perusahaan internasional yang menggunakan skor TOEFL sebagai syarat melamar pekerjaan. Atau, kamu juga bisa menggunakan skor tersebut untuk daftar kuliah di beberapa universitas terkemuka, baik di dalam ataupun di luar negeri.

Baca Juga: SOAL TOEFL PARALLEL STRUCTURE

Kisi Kisi TOEFL

Ketika sedang melakukan tes TOEFL dan IELTS, maka kamu harus menghadapi tes untuk menguji kemampuan Bahasa Inggris dalam lima tahap, yaitu listening, reading, speaking, writing, juga structure and written expression. Masing-masing tes biasanya berbeda, tetapi meliputi lima tahap berikut:

1. Listening

Fungsi listening yaitu menguji kemampuan mendengar, kemampuan menangkap informasi. Kisi kisi TOEFL dan jawabannya pada soal listening yaitu membaca petunjuk dan pertanyaan dengan cermat sebelum mulai mendengarkan rekaman. Kamu juga harus konsentrasi, fokus karena rekaman hanya diputar satu kali.

Cobalah memperoleh ide dari situasi rekaman yang kamu dengar. Cari tahu siapa yang sedang berbicara, dimana percakapan berlangsung, dan mengapa mereka membahas pembicaraan tersebut. Kemudian, pertanyaan yang sering ditanyakan adalah berikut:

  • What is the main topic of…?
  • What does the speaker imply about
  • What are the speakers discussing?

2. Reading

Reading menguji kemampuan memahami, menginterpretasi, dan menganalisa teks atau bacaan tentang berbagai topik. Topik bacaan berhubungan dengan masalah akademik, bisa juga sesuatu yang umum.

Teknik membaca cepat termasuk skimming dan scanning adalah penting. Gunakan finger tracking, yaitu gerakkan jari dari atas ke bawah supaya mata terbiasa bergerak cepat. Berikut adalah contoh pertanyaan dalam soal reading TOEFL:

  • Where in the passage…
  • The word “bla bla” in line “X” refers to…
  • Which of the following true…

3. Structure and Written Expression

Saat kamu belajar persiapan kelas TOEFL PBT bersama ICAN English, dalam kursus Bahasa Inggris, kamu akan menemukan pembelajaran structure and written expression. Dengan sebanyak 40 soal, maka kamu harus menyelesaikan dalam waktu 25 menit.

Biasanya, materi yang diujikan adalah subject and verb, appositives, participle, reduced sentece, conjunction, bentuk dan fungsi kata kerja, passive voice, comparatives and superlatives, kata ganti, artikel, kata benda, kata keterangan dan kata sifat, juga kata depan.

4. Writing

Sesi Writing membuat kamu harus mengembangkan sebuah topik yang telah disediakan agar menjadi esai dengan panjang 250-300 kata. Waktu menyelesaikan esai tersebut adalah 30 menit.

Waktu yang sangat sedikit ini membuat kamu harus paham tentang topik yang disediakan. Jika sudah punya gambaran jelas tentang topik, buat kerangka berisi ide utama. Lalu cobalah menjawab secara kreatif dan beri argumen guna mengembangkan topik. Pastikan tulisan tersebut punya struktur jelas.

5. Speaking

Speaking adalah bagian penting yang berlangsung dalam waktu 20 menit. Kamu harus mengungkapkan pendapat secara terarah dan jelas. Biasanya, kamu akan diminta memberi pendapat terkait topik yang sedang hangat untuk dibicarakan.

Kamu juga diminta untuk membaca sebuah bacaan pendek, mendengarkan sebuah percakapan dalam dunia akademik, dan menjawab pertanyaan hanya dengan cara menggunakan semua informasi pada bacaan dan percakapan tersebut.

Baca Juga: SOAL STRUCTURE AND WRITTEN EXPRESSION TOEFL

Bagaimana Rutinitas Belajar TOEFL yang Ideal

Sekarang, kamu sudah punya beberapa kisi kisi TOEFL dan jawabannya. Jika kamu ingin belajar secara otodidak atau belajar di rumah, maupun belajar di lembaga kursus dalam kelas persiapan TOEFL, kamu mungkin penasaran berapa waktu ideal untuk meningkatkan skor TOEFL.

Rutinitas belajar ideal merupakan hal penting ketika mempersiapkan TOEFL. Kamu perlu cari tahu sistem belajar yang sesuai untuk diri kamu. Belajar dengan sistem kebut semalam tidak akan pernah efektif. Termasuk ketika belajar satu atau dua hari sebelum tes dimulai. Agar belajar lebih efektif, kamu wajib belajar intensif selama tiga atau enam bulan.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Apa Perbedaan TOEFL ITP dan PBT?

Apa Perbedaan TOEFL ITP dan PBT?

Sebagian besar universitas di Amerika membutuhkan skor TOEFL ITP atau PBT dari siswa internasional. Namun, sebenarnya apa perbedaan dari TOEFL ITP dan PBT tersebut? TOEFL ITP adalah ujian yang serupa, tetapi tidak identik, dengan TOEFL iBT. Tes ini sendiri memiliki...

Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Persiapan TOEFL

Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Persiapan TOEFL

TOEFL adalah salah satu tes penilaian bahasa Inggris yang paling populer dan diterima secara luas di dunia pendidikan asing. Tes ini akan membuktikan bahwa kamu memiliki keterampilan bahasa Inggris yang maksimal. Belajar bahasa Inggris persiapan TOEFL perlu dilakukan...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH