tips latihan reading ielts

Tips Latihan Reading IELTS

Latihan reading IELTS atau membaca, dikenal sebagai tes reading, berisikan tentang beberapa jenis bacaan. Apa yang harus kamu lakukan adalah menjawab seluruh pertanyaan sesuai isi teks pada bacaan. Tujuan dari tes reading adalah untuk menilai seberapa mahir kemampuan dan keterampilan kamu ketika membaca tulisan bahasa Inggris.

Tes reading tidak hanya menguji teknik membaca yang kamu kuasai, tetapi juga tentang bagaimana mencari pengertian umum, mencari ide pokok, membaca dan mencari rincian, memahami kesimpulan, mencari makna tersirat, dan mengikuti alur argumentasi serta mengetahui arah pendapat, sikap, maupun tujuan dari penulis teks.

Latihan Reading IELTS Tertulis Dan Komputer

Apabila kamu akan menghadapi tes reading, maka wajib mengetahui jika pengerjaan tes tersebut bergantung pada pilihannya, apakah kamu memilih IELTS berbasis komputer atau berbasis kertas.

Baca Juga:
Contoh IELTS Reading Text

Jika memilih IELTS paper-based, kamu harus mengikuti beberapa peraturan yang berlaku untuk seluruh jenis modul, yaitu:

  1. Kamu tidak diperbolehkan membuka lembar pertanyaan sebelum ada instruksi.
  2. Kamu harus menulis nama dan nomor kandidat pada bagian atas lembar kertas soal.
  3. Kamu harus ikuti seluruh soal dan instruksi dengan teliti.
  4. Kamu tidak boleh mengosongkan jawaban serta semuanya harus dijawab pada lembar kertas dengan menggunakan pensil.
  5. Kamu harus menyelesaikan semua pertanyaan pada waktu yang telah ditentukan.
  6. Berbeda dengan tes IELTS listening, kamu tidak memperoleh waktu tambahan atau transfer time ketika memindahkan jawaban dari kertas soal pada lembar jawaban. Sehingga, kamu harus langsung menulis jawaban pada lembar jawaban yang telah diberikan.

Berbeda halnya jika kamu memilih mengikuti tes IELTS berbasis komputer. Computer-Delivered IELTS bisa kamu ikuti dengan langsung isi jawaban dengan komputer yang ada di hadapan kamu.

Ikuti semua instruksi yang ada, lalu pastikan mengetik dengan tepat, tanpa ejakan serta penggunaan huruf kapital yang keliru. Ketika kamu salah mengeja, walaupun hanya salah satu huruf, maka otomatis jawaban akan salah.

Itulah mengapa, dibutuhkan ketelitian ketika harus menjawab soal. Kamu juga wajib paham tentang berbagai instruksi secara seksama, guna menemukan jawaban yang tepat pada teks bacaan.

Tes reading akan kamu lakukan jika sudah melewati tes listening. Apabila kamu ingin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dan ingin memperoleh skor tinggi, persiapkan dengan ikut lembaga kursus yang menyediakan kelas persiapan IELTS seperti ICAN English.

Baca Juga:
Ketahui Seputar Penilaian IELTS Listening

Konsep Reading IELTS

Dalam tes reading ini, kamu akan menemukan banyak narasi panjang dan kosakata rumit. Bahkan, banyak yang beranggapan jika tes reading IELTS lebih sulit dibandingkan tes reading TOEFL.

Kamu bisa menghadapi ujian reading ini dengan adanya proses pembelajaran dan latihan reading IELTS secara intensif. Dibutuhkan kekayaan kosa kata bahasa Inggris tinggi dan kemampuan baca cepat agar kamu bisa mengerjakan soal ujian ini dengan baik.

Mengerjakan academic IELTS artinya kamu harus menyelesaikan berbagai bacaan reading dalam bentuk narasi deskriptif, analytical, dan factual. Seluruh bacaan tersebut diambil dari jurnal, buku, majalah, dan surat kabar tentang hasil penelitian, teori akademis, informasi terkini, serta berbagai hal yang sifatnya adalah akademis.

Sementara pada bacaan General Training IELTS Test, maka berisi berbagai informasi terkini, bersifat umum, dan dapat kamu persiapkan melalui kebiasaan membaca buku serta koran bahasa Inggris.

Waktu yang kamu miliki untuk menyelesaikan soal reading IELTS yaitu 60 menit untuk 40 soal. Berbagai tipe soal bisa berupa kalimat yang harus kamu lengkapi dari sebuah tabel, mencocokkan isi paragraf, dan memberi jawaban singkat dalam kalimat serta menjawab pilihan ganda.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web