Komunitas belajar bahasa Inggris online

Tips Temukan Komunitas Belajar Bahasa Inggris Online

Apr 21, 2022 | Other

Komunitas belajar Bahasa Inggris online menjadi komunitas yang sebaiknya diikuti. Karena komunitas bahasa Inggris mampu membantu kamu meningkatkan skill bahasa Inggris. Dalam komunitas ini biasanya akan terdapat orang-orang dengan antusias berbahasa Inggris

Sehingga, di komunitas tersebut kamu berpotensi untuk mengasah skill bahasa Inggris yang dimiliki. Caranya adalah dengan berdiskusi serta sharing bahasa Inggris. Saat ini, mencari komunitas bahasa Inggris dapat dikatakan cukup mudah melalui media online. Selain bergabung dalam komunitas, kamu bisa mencari kursus bahasa Inggris online dari lembaga ternama.

Baca Juga: KIAT BELAJAR BAHASA INGGRIS, MUDAH BANGET!

Tips Temukan Komunitas Belajar Bahasa Inggris Online

Untuk dapat meningkatkan skill dalam berbahasa Inggris. Terdapat tips yang dapat dilakukan saat mencari dan bergabung bersama komunitas tersebut. Pasalnya, saat ini tidak semua komunitas bahasa Inggris benar-benar mampu meningkatkan skill bahasa Inggris setiap anggotanya. Simak beberapa tipsnya di bawah ini!

1. Mencari Komunitas di Facebook atau Telegram

Tips pertama adalah dengan mencari komunitas tersebut di platform Facebook atau Telegram. Sebenarnya, komunitas bahasa Inggris memang dapat kamu temukan di media sosial platform lainnya. Misalnya seperti Instagram, Twitter, dan sebagainya. Namun, komunitas bahasa Inggris yang tersebar di Facebook dan Telegram jumlahnya akan lebih banyak.

Selain itu, komunitas di Facebook dan Telegram biasanya akan bersifat publik. Sehingga, siapa saja dapat bergabung bersama komunitas atau perkumpulan tersebut. Berbeda dengan komunitas di Twitter atau Instagram yang biasanya merupakan komunitas non-publik. Oleh karena itu, sebaiknya mencari komunitas bahasa Inggris di Facebook atau Telegram.

2. Menyediakan Ruang Diskusi atau Sharing

Tips berikutnya untuk menemukan komunitas belajar bahasa Inggris online adalah dengan mencari komunitas yang menyediakan ruang diskusi. Hal tersebut perlu diperhatikan sebelum meminta atau memutuskan bergabung dalam suatu komunitas. Karena ruang diskusi atau sharing menjadi hal yang paling penting dalam komunitas.

Dalam ruang diskusi inilah kemampuan atau wawasan setiap anggota dapat meningkat. Selain itu, kemampuan speaking dan berkomunikasi pun akan meningkat melalui ruang diskusi ini. Biasanya terdapat beberapa komunitas yang tidak banyak menyediakan ruang diskusi atau membatasi ruang diskusi ini. Pastikan untuk memilih yang bersifat open discussions.

3. Memiliki Owner atau Admin

Kemudahan dalam membuat komunitas di era modern ini harus menjadi pertimbangan pula dalam memilih komunitas. Sebaiknya, pilihlah komunitas yang memiliki owner (pemilik) serta admin. Pastikan pula owner dan adminnya bekerja dan mengatur grup komunitas tersebut. Karena grup komunitas biasanya akan lebih terstruktur dan rapi.

Biasanya akan terdapat beberapa grup komunitas yang terlalu bersifat bebas. Sehingga, tidak ada jadwal atau kegiatan rutin dalam komunitas tersebut. Apabila memiliki owner atau admin, biasanya akan memiliki jadwal untuk kegiatan di komunitas tersebut. Sehingga, kegiatannya pun akan terlihat lebih jelas dan terstruktur.

4. Memiliki Kegiatan atau Aktivitas Rutin

Tips terakhir ini berhubungan dengan tips ketiga. Kegiatan atau aktivitas dalam suatu komunitas merupakan aspek yang mampu meningkatkan serta mengasah skill para anggotanya. Karena apabila komunitas hanya berisi obrolan saja, skill yang diasah oleh setiap anggotanya mungkin tidak akan maksimal. Berbeda dengan komunitas yang memiliki beberapa kegiatan.

Kegiatan dalam komunitas bahasa Inggris biasanya berupa diskusi, sharing, lomba, dan sebagainya. Pastikan pula untuk mencari dan memilih komunitas yang sering mengikuti lomba-lomba bahasa Inggris. Sehingga, selain mendapatkan pengetahuan dan wawasan bahasa Inggris. Kamu pun berpotensi untuk memiliki prestasi melalui lomba.

Baca Juga: PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI WEB

Keuntungan Mengikuti Komunitas Belajar Bahasa Inggris Online

Bukan tanpa sebab, komunitas bahasa Inggris banyak bermunculan karena memang memiliki beberapa manfaat atau keuntungan. Keuntungan ini antara lain dapat menunjang kemampuan berbahasa Inggris. Simak beberapa keuntungannya di bawah ini!

1. Meningkatkan Kemampuan Speaking

Keuntungan pertama bergabung dalam komunitas bahasa Inggris adalah mampu meningkatkan kemampuan speaking kamu. Karena dalam komunitas tentunya akan banyak menggunakan bahasa Inggris dalam berkomunikasi.

2. Meningkatkan Pengetahuan Bahasa Inggris

Selain skill speaking, kamu dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris lainnya ketika mengikuti komunitas. Diantaranya adalah terkait writing bahasa Inggris, materi, dan sebagainya. Bahkan, kamu berpotensi pula mendapatkan informasi beasiswa ke luar negeri.

Tidak ada salahnya untuk mencoba bergabung dengan komunitas belajar bahasa Inggris online. Karena komunitas bahasa Inggris dapat menjadi tempat untuk kamu dalam melatih serta meningkatkan skill berbahasa Inggris.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

3 Buku Tenses Lengkap, Cocok Buat Belajar!

3 Buku Tenses Lengkap, Cocok Buat Belajar!

Mempelajari bahasa inggris grammar bisa juga lewat buku tenses lengkap. Lewat bantuan buku tersebut kamu akan diberikan penjelasan mengenai berbagai macam tenses serta latihan soalnya. Belajar lewat buku cenderung mudah dilakukan secara mandiri, kapan saja dan dimana...

Duolingo English Test, Seperti Apa?

Duolingo English Test, Seperti Apa?

Jenis tes untuk proficiency semakin banyak disediakan. Tes yang paling umum adalah TOEFL dan IELTS. Selain kedua jenis tes tersebut, sekarang sudah ada DET atau Duolingo English Test. Istilah Duolingo mungkin sudah banyak diketahui. Terutama bagi orang-orang yang...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH