contoh latihan soal bahasa inggris dasar

Contoh Latihan Soal Bahasa Inggris Dasar

Bahasa inggris dasar merupakan materi awal ketika kamu hendak mempelajari bahasa Inggris. Biasanya pada materi ini berisikan hal-hal umum dan mendasar mengenai bahasa Inggris, baik untuk bidang akademik maupun untuk percakapan sehari-hari. Materi yang disajikannya cenderung cukup mudah untuk dipelajari untuk berbagai kalangan usia. Kamu perlu melakukan latihan bahasa Inggris dasar agar bisa lebih mudah dalam mempelajari materi yang lain.

Untuk menjadi seseorang yang pandai dan ahli berbahasa Inggris, maka hal pertama yang perlu kamu lakukan yakni dengan mempelajari materi dasarnya. Ketika kamu sudah paham betul dan menguasai dasarnya, maka akan lebih bagi kamu mempelajari tahapan berikutnya. Sehingga, tidak perlu malu untuk mulai belajar bahasa Inggris dari dasar.

5 Materi Bahasa Inggris Dasar Dan Contoh Soal Latihannya

Belajar bahasa Inggris akan terasa rumit ketika kamu tidak mengetahui bentuk dasarnya. Ketika hendak belajar bahasa inggris dari dasar, maka kamu akan mempelajari beberapa aspek mulai dari berkomunikasi ringan hingga mempelajari bentuk tenses yang sangat penting diketahui. Berikut merupakan berbagai materi bahasa Inggris dasar yang harus dipelajari oleh pemula.

Baca Juga:
Trik Latihan Bahasa Inggris untuk Pemula

1. Bentuk Kata (Tenses)

Hal pertama yang bisa kamu pelajari yaitu mengenai bentuk tenses dalam bahasa Inggris. Tenses sendiri merupakan bentuk kata kerja yang digunakan dalam kalimat bahasa Inggris untuk menunjukan suatu aksi atau peristiwa yang terjadi berdasarkan waktunya. Dalam bahasa Inggris, waktu tersebut dibedakan jadi tiga yaitu sekarang, waktu lampau, dan masa depan.

Berikut ini merupakan contoh pola bentuk tenses yang sederhana, yaitu simple present tense. Polanya; subjek (pelaku) + to be (am/are/is) + objek. Untuk lebih paham mengenai materi ini, berikut contoh soalnya;

1) Manakah di bawah ini bentuk kalimat simple present tense yang tepat?

a. I am a student

b. I are a student

c. I was a student

d. I were a student

Jawaban; a. I am a student

Pola kalimat simple present tense yaitu; subjek + to be + objek. Pada kalimat di atas, subjeknya berupa I (saya), lalu to be dari I yaitu “am” dan diikuti objek.

2)    She – my mother

a.     am

b.     is

c.     are

d.     were

jawaban; b. is

to be dari subjek “she” adalah “is”

2. Mendengarkan (Listening)

Setelah paham materi tenses, hal berikutnya yang perlu dipelajari yaitu mengenai materi mendengarkan (listening). Kamu mungkin sudah tahu bagaimana pentingnya menguasai skill ini. adapun, untuk latihannya kamu bisa dengan rutin mendengarkan lagu atau menonton film berbahasa inggris dan jangan lupa untuk di praktekan.

3. Menulis (Writing)

Materi bahasa Inggris dasar berikutnya yaitu menulis (writing). Materi ini cukup penting untuk dikuasai untuk lebih menambah pemahaman kamu dalam bahasa Inggris. Kamu bisa mulai berlatih dengan hal-hal sederhana seperti menulis berbagai kosakata dalam bahasa inggris, hingga menulis kalimat yang sesuai dengan tenses-nya.

Untuk berlatih menulis kamu bisa menggunakan berbagai media seperti rajin membaca buku berbahasa Inggris dan mencari arti dari kosakata. Setelah itu, coba latihan dengan menuliskan kalimatnya dalam bahasa Inggris. Jika rutin dilakukan, maka akan semakin menambah pemahaman kamu. Agar lebih paham materi ini, berikut contoh soalnya:

1) Manakah penulisan yang tepat?

a. She is ticher

b. She is teacher

c. She is techer

d. She is tacher

Jawaban: b. she is teacher

Penulisan guru dalam bahasa inggris yaitu “teacher”

2) Penulisan kata “membaca” yang tepat adalah

a.     Riding

b.     Reding

c.     Reading

d.     Raeding

Jawaban: c. reading

4. Membaca (Reading)

Membaca dalam bahasa inggris mungkin akan cukup berbeda dengan ketika kamu membaca menggunakan bahasa Indonesia. Karena, terkadang penulisan dan cara baca bahasa Inggris cukup beda dengan ejaannya. Sehingga, membutuhkan latihan khusus yang intens agar bisa lebih lancar lagi. Kamu bisa mulai dengan membaca buku dongeng anak-anak.

Baca Juga:
Materi Question Tag: Pengertian, Pola dan Contoh

5. Berbicara (Speaking)

Untuk bentuk bahasa Inggris dasar ini, kamu membutuhkan partner yang mengerti bahasa Inggris agar jadi lebih paham. Jika kamu tidak memiliki teman yang bisa diajak praktek, maka kamu bisa mencari teman di sosial media dari luar negeri untuk bisa melatih kemampuan bahasa inggris jadi lebih baik lagi.

Selain mencari teman, kamu juga bisa berlatih dengan berbicara bersama diri sendiri. Kamu bisa menggunakan media cermin untuk latihan berbicara atau bisa juga dengan mulai memikirkan segala sesuatu dengan bahasa Inggris. Jika rutin dilakukan, maka hal tersebut akan sangat membantu kamu.

Semua aspek ini perlu kamu pahami dengan baik agar bisa menguasai bahasa Inggris secara menyeluruh. Bergabung dalam kursus bahasa Inggris akan membantu kamu mempelajari semua aspek tersebut dengan lebih baik.

Itulah berbagai materi latihan bahasa inggris dasar dengan beberapa contoh soal sederhananya. Untuk bisa menguasai bahasa Inggris  jadi lebih baik, penting bagi kamu rutin untuk belajar dan berlatih baik mengisi soal atau berkomunikasi. Pada awalnya mungkin terasa berat, tetapi lama-kelamaan akan lebih terbiasa.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web