Pentingnya Ikut Kursus Bahasa Inggris Akademik di Bandung

Pentingnya Ikut Kursus Bahasa Inggris Akademik di Bandung

Bahasa Inggris banyak digunakan sebagai bahasa yang membuka peluang luas. Belajar bahasa asing membuka peluang personal dan professional di masa depan. Bahkan, banyak institusi pendidikan dan lowongan pekerjaan yang memberikan syarat skor tertentu dalam tes Bahasa Inggris, seperti TOEFL dan IELTS. Sehingga, ikut kursus Bahasa Inggris akademik di Bandung menjadi solusi terbaik.

Apa itu Academic English?

Kursus Bahasa Inggris Akademik atau EAP (English for Academic Purposes) adalah program yang dirancang oleh lembaga les untuk non-native English speakers. Tujuannya agar peserta didik belajar Bahasa Inggris untuk kebutuhan komunikasi lisan dan tulisan bidang pendidikan tinggi. Dengan adanya kursus Bahasa Inggris, kamu dapat mengembangkan keterampilan berbahasa.

Academic English sangat sesuai bagi para pelajar yang berencana kuliah di luar negeri. Kamu akan mempunyai jadwal padat dengan banyak hal yang harus dilakukan dan disiapkan sebelum pindah ke negara tujuan. Itulah mengapa, keterampilan berbahasa Inggris untuk kebutuhan akademik akan memudahkan kamu mengikuti perkuliahan nantinya.

Walaupun kamu tergolong mampu berbahasa Inggris dengan fasih dan percaya diri, Academic English adalah hal berbeda. Program Academic English berhubungan dengan bahasa yang akan kamu gunakan ketika menulis esai dan menulis hasil riset di universitas luar negeri. Bahasa Inggris untuk kebutuhan akademik lebih formal, menggunakan kosakata berbeda dengan percakapan sehari-hari.

Baca Juga:
Kursus PTE di Bandung Untuk Kuliah Luar Negeri

Kapan Waktu yang Tepat Menggunakan Academic English?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa Academic English digunakan untuk tujuan pendidikan. Maka biasanya ini digunakan di dunia akademis, contohnya meliputi:

  • Penelitian dan laporan
  • Proposal
  • Esai
  • Presentasi
  • Buku
  • Jurnal
  • Disertasi

Kursus Bahasa Inggris Akademis dirancang untuk mengajarkan siswa bagaimana menggunakan bahasa Inggris untuk tujuan akademis seperti membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan. Jenis ini sangat bermanfaat bagi mereka yang berencana melanjutkan pendidikan tinggi di negara berbahasa Inggris atau menggunakan bahasa Inggris dalam bidang studinya.

Benefit Ikut Kursus Bahasa Inggris Akademik

Apa perbedaan kursus bahasa Inggris akademis dengan kursus standar?

Kursus bahasa Inggris standar biasanya diselenggarakan berdasarkan beberapa area umum. Berikut adalah apa saja benefit yang akan kamu dapatkan jika ikut kursus Bahasa Inggris akademik:

Belajar Topik-topik Penting

Kamu akan mempelajari topik-topik, seperti: tata bahasa, kosa kata, menulis dan membaca, serta cara berbicara dan mengucapkan sesuatu dengan benar. Selama kursus Bahasa Inggris akademik di Bandung, kamu juga berlatih percakapan santai dengan teman sekelas.

Misalnya, kamu akan belajar tentang cara memperkenalkan diri atau memesan makanan di restoran. Kamu juga dapat mempelajari frasa baru, tata bahasa, melakukan tes ejaan, dan berbicara dengan teman sekelas.

Belajar Menulis Akademis

Meskipun kamu juga akan mempelajari elemen dasar bahasa Inggris, kursus ini umumnya lebih formal dan khusus bagi pelajar lanjutan. Tugas menulis dalam kursus tersebut termasuk menulis cerita pendek atau deskripsi tentang diri sendiri, menulis esai lebih panjang atau makalah penelitian dalam bahasa Inggris.

Meningkatkan Keterampilan Akademis

Selain menulis makalah formal, laporan atau studi kasus, kamu juga akan berlatih membaca dan menganalisis secara kritis suatu teks. Sehingga, tidak sekedar membacanya dan menerima pendapat. Dari keterampilan menulis dan membaca, kamu juga akan meningkatkan keterampilan baru, khusus untuk program studi atau bidang studi.

Bahkan, kamu akan berlatih memperdebatkan suatu ide atau memperdebatkan pendapat sendiri. Jika kamu memahami penggunaan bahasa Inggris yang lebih kompleks, akademis, dan formal, kamu juga akan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris secara umum pada saat yang bersamaan.

Kursus Academic English Berbeda Dari Kursus General English

Ketika kamu ikut kursus General English, biasanya materi yang diberikan hanya pada beberapa bidang tertentu saja. Misalnya, kamu akan belajar tentang grammar, menulis, membaca, belajar vocabulary, dan bagaimana cara berbicara maupun mengucapkan suatu hal dengan benar. Selama belajar, terdapat kegiatan praktik percakapan bersama teman sekelas seperti praktik berkenalan dan sebagainya.

Berbeda dengan kursus Bahasa Inggris akademik di Bandung, kamu akan belajar bahasa dalam hal lebih formal dan lebih mahir levelnya. Kursus General English belajar tentang frasa baru, tes pengejaan, latihan grammar, atau mengobrol dengan teman sekelas, academic English merupakan kursus yang berinteraksi dengan orang lain lebih mudah, yang lebih fokus pada dunia perkuliahan.

Cari tempat kursus Bahasa Inggris Akademik terbaik di Bandung? Ikuti kelas ICAN English agar kamu dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris sebelum masuk ke universitas.

Baca Juga:
Kursus Bahasa Inggris Bagus dan Murah di Bandung
Kursus PTE di Bandung Untuk Kuliah Luar Negeri

Mengapa Harus Belajar Bahasa Inggris Akademik di Bandung

Bahasa Inggris memainkan peran penting dalam kehidupan sebagai alat komunikasi. Bahasa utama dalam belajar subjek apapun di dunia adalah Bahasa Inggris. Dengan ikut kursus Bahasa Inggris, akan memperluas wawasan, pola pikir, keterampilan sosial, dan meningkatkan kualitas kehidupan dengan menyediakan peluang pekerjaan yang bisa kamu peroleh di Bandung, di luar Bandung, hingga di luar negeri.

Terdapat beberapa mengapa kamu wajib ikut kursus Bahasa Inggris akademik di Bandung. Dengan kursus, kamu dapat meningkatkan kemampuan komunikasi secara efektif. Semua orang sangat terkesan dengan siapa saja yang mampu memiliki keterampilan berbahasa. Jika kamu memiliki keterampilan berkomunikasi, maka akan meningkatkan rasa percaya diri, serta dapat mencari tujuan berkarir lebih cepat.

Ketika kamu berbicara lebih efektif dan dengan rasa percaya diri, siapa saja akan tertarik mendengarkan. Sehingga, membuat karakter diri tampak unggul. Apalagi kebutuhan bahasa Inggris di berbagai bidang sangat dibutuhkan. Semakin mahir kamu berbahasa Inggris, semakin banyak pula pekerjaan yang kamu peroleh.

Penggunaan Bahasa Inggris sebagai alat komunikasi internasional juga terus tumbuh, karena tidak hanya digunakan di banyak negara. Bahasa Inggris juga digunakan dalam media dan literasi untuk menerbitkan bahasa, kebanyakan penulis menulis Bahasa Inggris untuk kebanyakan pembaca yang memahami Bahasa Inggris dan menggambarkan ide dalam Bahasa Inggris.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.