Kursus PTE di Bandung Untuk Kuliah Luar Negeri

Kursus PTE di Bandung Untuk Kuliah Luar Negeri

Kursus PTE di Bandung berfokus pada bagaimana meningkatkan keterampilan berbicara dan menulis saat menghadapi ujian PTE. Tujuan penyelenggaraan Pearson Test English (PTE) adalah menilai dan mengukur apakah seorang kandidat mampu berkembang dan belajar di negara internasional mana pun. Selain itu, mengukur keterampilan berbicara serta berkomunikasi dalam bahasa Inggris yang dipahami secara universal.

3 Macam Ujian PTE

Ujian PTE dibagi dalam beberapa macam, yaitu:

1. PTE Academic

PTE Academic telah diakui oleh universitas, pemerintah, dan perusahaan di seluruh dunia sebagai salah satu dari banyak tes yang dilakukan oleh Pearson. Ujian PTE Academic merupakan tes online berbasis AI, menilai kemampuan kandidat dalam membaca, mendengarkan, berbicara dan menulis.

Sifat algoritmik membuat tingkat kesalahan penilaian lebih kecil. Selanjutnya, siswa dapat mengikuti ujian di salah satu dari 250 pusat yang tersebar di 50 negara.

Baca Juga:
Persiapan untuk Kuliah dalam Bahasa Inggris

2. PTE Young Learners

Jenis ujian PTE lainnya, PTE Young Learners ditujukan untuk menguji kelompok usia 6-13 tahun atau siswa dari tingkat pra-A1 hingga A2 sesuai dengan CEFR. Ujian ini menilai keterampilan membaca, menulis, mendengarkan dan berbicara siswa melalui teks tertulis dan lisan. Tujuan utamanya adalah untuk mengukur kemampuan kandidat dalam menyusun jawaban dalam bahasa sederhana.

3. PTE Business English

Hasil kerja sama dengan LCCI International Qualifications, tes Pearson Business English adalah serangkaian kualifikasi dan diploma bahasa Inggris yang cocok untuk komunikasi dalam lingkungan bisnis.

Tes ini dilakukan di lebih dari 4.000 pusat di seluruh dunia, mencakup bidang berikut: Ilmu Pemasaran, Layanan Pelanggan, Administrasi Bisnis, TI, Keuangan, Bahasa Inggris untuk Manajer Internasional, Bahasa Inggris Lisan untuk Industri dan Perdagangan, dan Bahasa Inggris untuk Pariwisata.

Bidang Fokus PTE

Area fokus utama PTE sangat mirip dengan ujian bahasa Inggris lainnya yang dilakukan untuk menilai pemahaman dan keterampilan komunikasi para kandidat. Tiga bagian utama PTE yaitu: Mendengarkan; Membaca; Berbicara dan Menulis.

Ketika mengerjakan PTE, kamu diberi waktu untuk membaca teks. Waktu yang diberikan tergantung pada panjang teks tertulis.

Selain itu, kamu juga diberi waktu antara 10 hingga 15 detik untuk berpikir dan menyusun jawaban. Jika waktu sudah habis, kamu harus memberikan jawaban untuk pertanyaan khusus yang diajukan. Saat sesi berbicara, jawaban akan direkam. Saat mengerjakan sesi menulis, disimpan sebagai teks.

Baca Juga:
Pentingnya Ikut Kursus Bahasa Inggris Akademik di Bandung

Alasan Memilih Ujian PTE

Siswa yang ingin belajar atau pindah ke negara mayoritas berbahasa Inggris harus mengikuti ujian akademik PTE. Tes berbasis komputer ini dilakukan oleh siswa untuk menunjukkan penguasaan bahasa Inggris. Siswa didorong untuk mengikuti ujian karena ini dapat menjadi bukti kompetensi berbahasa Inggris.

Dengan PTE, membantu siswa meyakinkan panitia penerimaan/petugas dalam hal kemahiran bahasa Inggris. Tidak hanya itu, perolehan nilai yang layak dalam ujian PTE mengisyaratkan bahwa siswa mampu mempresentasikan idenya dan mengekspresikan dirinya di depan audiens internasional.

Selain hal di atas, berikut beberapa keuntungan mengikuti Ujian PTE:

  • Diterima secara global di berbagai negara dan benua seperti Eropa, Amerika, Asia dan Australia.
  • Hasilnya lebih cepat dengan waktu tunggu yang lebih singkat.
  • Karena pengujian ini berbasis komputer, kemungkinan kesalahan manusia lebih kecil.
  • Berguna untuk persiapan belajar di luar negeri.

PTE relatif baru dibandingkan tes kecakapan bahasa Inggris lainnya. Ada banyak alasan untuk memilih ujian PTE dibandingkan tes bahasa Inggris lainnya. Namun, hasil PTE yang cepat dan pembagian skor yang tidak terbatas adalah alasan utama.

Tips Belajar Untuk Mempersiapkan Tes PTE

Mahasiswa yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri harus mendapat nilai PTE tinggi. Sama seperti tes lainnya, PTE juga dapat dipersiapkan dengan belajar mandiri atau ikut kursus PTE di Bandung. Berikut adalah beberapa informasi penting yang membantu agar kamu bisa menghadapi ujian PTE:

  • Rencanakan waktu mengikuti tes sesuai tenggat waktu universitas dan mulai persiapan jauh-jauh hari.
  • Pahami silabus dan pola soal terlebih dahulu.
  • Pastikan mengambil banyak tes latihan. Cara ini membantu agar kamu terbiasa dengan pola dan waktu tes.
  • Prioritaskan kosakata. Semua bagian dalam tes PTE menguji kemampuan kosa kata.

dan terpenting yang harus dilakukan sebelum menuju persiapan PTE adalah mengikuti tes tiruan atau mock test. Dengan tes tiruan tersebut, kamu dapat memahami mana materi yang telah kamu kuasai dalam Bahasa Inggris dan bagian mana yang harus kamu tingkatkan.

Beberapa mock test dapat memberikan hasil yang lebih akurat daripada hanya satu tes saja. Rencanakan persiapan berdasarkan hasil masing-masing bagian. Tips ETS secara umum tidak cocok untuk semua orang, sehingga sebaiknya membuat strategi sesuai kebutuhan personal.

Baca Juga:
Rekomendasi Pearson Test of English Bandung

Capai Skor Tinggi dengan Kursus PTE Terbaik di Bandung

Bukanlah tugas mustahil untuk mendapatkan skor 75+ di PTE tetapi tidak mudah untuk mencapainya. Dibutuhkan fokus dan dedikasi tinggi agar mencapai skor tersebut.

Tempat kursus PTE di Bandung yang terbaik, ICAN English kelas persiapan PTE menyediakan kelas dengan sumber daya terbaik. Jadwal yang ketat dan bimbingan dari tenaga profesional membantu agar kamu bisa berhasil menyelesaikan tes dengan skor tinggi!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi