pertimbangan dan rekomendasi kursus bahasa inggris di jakarta

Pertimbangan dan Rekomendasi Kursus Bahasa Inggris di Jakarta

Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional harus dikuasai di era globalisasi. Agar kamu bisa menguasainya dengan lebih mudah, terdapat banyak kursus Bahasa Inggris di Jakarta.

Di tempat kursus, tersedia tenaga profesional yang akan memberikan pengajaran menggunakan metode dan kurikulum tertentu. Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris seluruh peserta.

Kursus Bahasa Inggris Privat Vs. Kursus Kelas Kecil – Lebih Baik Mana?

Kamu sudah memutuskan untuk mulai belajar bahasa Inggris. Pilihan selanjutnya yang harus kamu pertimbangkan adalah belajar di kelas privat atau gabung kelas kecil? Kedua opsi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sebagaimana berikut:

Baca Juga: Biaya Kursus Bahasa Inggris di Jakarta untuk Karyawan

Tujuan

Memilih antara belajar melalui kursus atau otodidak sangat bergantung pada tujuan. Jika kamu hanya ingin belajar tata bahasa dan kosa kata tertentu saja, belajar privat adalah pilihan terbaik, mengapa? Kamu masih bisa meminta bantuan guru untuk bertanya beberapa hal yang belum kamu pahami.

Sebaliknya, jika kamu ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris secara umum, gabung kursus bahasa Inggris bisa menjadi pilihan terbaik. Kamu bisa menghabiskan lebih banyak waktu untuk meningkatkan keterampilan berbicara atau mendengarkan dengan teman di kelas kursus, bahkan berinteraksi dengan mereka.

Waktu

Kelas berkelompok dan kelas privat mempunyai perbedaan dalam hal waktu. Jumlah waktu di kedua tipe kelas tersebut berbeda untuk individu yang ingin mengekspresikan diri.

Dalam kelas kecil, biasanya terdapat beberapa teman yang mendominasi percakapan, sementara lainnya mungkin merasa tidak mendapat cukup kesempatan untuk berpartisipasi. Hal ini terjadi pada siapa saja yang belum tentu langsung nyaman berada di dekat orang baru.

Dalam kelas privat, kamulah prioritasnya. Kamu mendapatkan lebih banyak waktu untuk berbicara dan mengajukan pertanyaan tanpa harus menunggu giliran.

Baca Juga: Tips Memilih Kursus Bahasa Inggris Di Jakarta Barat

Jadwal

Faktor lain yang harus dipertimbangkan untuk memilih cara belajar adalah jadwal. Jika kamu memiliki jadwal tetap, kamu bisa memilih kelas privat atau kelas kecil. Hal ini karena kamu bisa mengikuti kursus di hari dan waktu tertentu.

Sebaliknya, jika jadwal agak kacau dan kamu mungkin perlu membatalkan atau menjadwal ulang pelajaran, kelas privat mungkin merupakan pilihan yang lebih baik. Kamu harus rajin memberi tahu guru tepat waktu, seperti membatalkan atau mengalihkan pelajaran ke hari lain.

Aspek Sosial

Apakah kamu seorang yang suka bersosial atau lebih suka berdiam diri? Apakah mudah untuk berbicara di depan kelompok atau apakah kamu merasa gugup? Aspek sosial memainkan peran besar dalam memilih antara belajar di kelas kecil bersama kelompok atau les privat.

Jika dengan adanya teman-teman lain membuat kamu merasa gugup dan takut melakukan kesalahan, mungkin kursus dengan kelas kecil bukan pilihan tepat. Sebaiknya, pilih kelas dengan sedikit pendengar, yaitu hanya guru dan kamu di kelas privat agar belajar lebih intensif.

Sebaliknya, jika kamu adalah pribadi yang ramah dan tidak malu sama sekali, belajar di kelas kecil tidak hanya akan memberi motivasi. Tetapi kamu juga akan membangun relasi dengan pertemanan jangka panjang.

Aspek Finansial

Terakhir, kamu harus mempertimbangkan bagian finansial dari dua jenis kursus terbaik di Jakarta, kursus kelas kecil dan privat. Kelas privat memberikan lebih banyak kebebasan dan mungkin lebih efektif, namun biayanya juga lebih mahal.

Kelas kecil mungkin merupakan pilihan yang lebih terjangkau dan memiliki manfaat lain seperti menemukan teman baru. Bahkan dapat mengatasi rasa takut berbicara di depan umum.

Bingung Pilih Tempat Kursus Bahasa Inggris? Baca Tips Ini!

Dengan banyaknya tempat kursus terbaik di Jakarta, kamu mungkin bingung menentukan mana pilihan yang sesuai kebutuhan. Pertama, pertimbangkan terlebih dahulu lokasi tempat kursus bahasa Inggris tersebut jika memang harus belajar secara offline. Hindari memilih tempat les yang begitu jauh, karena akan menguras waktu dan energi untuk menuju ke lokasi. Kelelahan dapat mempengaruhi konsentrasi dalam menyerap materi.

Setiap tempat kursus juga mempunyai program yang ditawarkan. Pastikan memilih program sesuai kebutuhan. Tanya kepada diri sendiri, tentang apa tujuan kamu dalam belajar bahasa Inggris dan apakah lembaga tersebut dapat membantu kamu mencapai tujuan tersebut.

Perhatikan juga sistem pembelajaran yang ditawarkan, apakah dengan cara privat, kelas kecil, atau kelas online. Perhatikan pula tenaga pengajarnya. Pastikan semua tenaga pengajar sudah memiliki sertifikat yang menunjukkan kapabilitasnya dalam mengajar.

Bingung pilih tempat kursus terbaik di Jakarta? ICAN English adalah rekomendasi terbaik untuk memudahkan kamu dalam menguasai bahasa Inggris. Tutor profesional dan kurikulum CEFR menunjukkan jika sistem pendidikan yang ditawarkan benar-benar sudah bertaraf internasional. Ayo, daftar di ICAN English sekarang juga!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi