Kursus Inggris Conversation Class untuk Speaking

Kursus Inggris Conversation Class untuk Speaking

Kursus Inggris conversation sangat penting bagi siapa pun yang ingin meningkatkan kemahiran bahasa ke tingkat selanjutnya. Menguasai seni percakapan adalah kunci menggunakan bahasa Inggris dalam situasi kehidupan nyata.

Di kursus percakapan bahasa Inggris, kamu akan melatih rasa percaya diri yang sangat diperlukan. Dengan cara inilah, maka kamu bisa unggul dalam keterampilan bahasa Inggris lisan.

Metode Meningkatkan Percakapan Bahasa Inggris

Meskipun kamu dapat menemukan kursus inggris conversation yang bagus, belajar mandiri akan membantu mencapai tujuan lebih cepat. Berikut adalah beberapa metode meningkatkan percakapan bahasa Inggris agar bisa berbicara dengan percaya diri:

Berlatih Bersama Partner

Percakapan bahasa Inggris adalah salah satu keterampilan yang hanya dapat kamu pelajari dengan cara latihan. Meskipun semua aplikasi dan situs web menawarkan metode belajar agar lancar, masih belum ada metode paling efektif daripada latihan berbicara langsung bersama partner.

Ada beberapa cara agar kamu bisa menemukan seorang partner. Kamu bisa bergabung dalam komunitas belajar online, belajar bersama native speaker, atau mengobrol dengan wisatawan asing. Cara lainnya adalah bermain game online dengan penutur bahasa Inggris, nyalakan mic dan mulai komunikasi dengan menggunakan headset bluetooth.

Jika kamu ingin serius berlatih percakapan bahasa Inggris berkualitas, pertimbangkan untuk mendapatkan bantuan dari tutor online. Berinteraksi, 1 lawan 1 secara rutin akan mempercepat kemajuan dalam belajar percakapan.

Baca juga:
Situs Belajar Conversation Bahasa Inggris Via Chatting

Belajar dari Buku

Jika masih belum bisa melakukan percakapan dalam bahasa Inggris, cobalah membeli buku ungkapan bahasa Inggris. Walaupun tergolong sebagai cara sederhana, tetapi buku ungkapan berisi semua frasa sehari-hari.

Buku ungkapan akan memberi bahasa yang kamu perlukan untuk melakukan percakapan dasar. Kamu harus menghafal seluruh kalimat seperti pertanyaan dan jawaban yang berguna, serta membantu menghilangkan rasa panik ketika bepergian. Dengan mengetahui kumpulan frasa percakapan yang 100% benar sangat bermanfaat bagi kepercayaan diri.

Belajar Filler dan Connecting Phrase

Pernahkah kamu menyalin rekaman audio percakapan tanpa naskah? Mungkin, kamu dapat menemukan adanya banyak ucapan yang sebenarnya tidak mengungkapkan apa pun. Persentase yang tinggi adalah kata-kata filler, yang memberikan waktu bagi pembicara untuk berpikir, seperti “umm…”, “ahh….”, “like…” dan “so…”.

Selain filler, terdapat pula connecting phrase atau frasa-frasa penghubung yang tidak mengatakan apa-apa sama sekali, seperti “honestly,” atau “at the end of the day,”.

Jika dapat menguasai beberapa frasa tidak berarti yang digunakan oleh penutur asli bahasa Inggris, kamu akan langsung terdengar lebih fasih — dan dapat mengulur waktu sambil memikirkan konjugasi kata kerja yang sulit tersebut!

Belajar Fonem

Terkadang, meskipun berbicara bahasa Inggris dengan sempurna, penutur asli masih belum memahami apa yang kamu utarakan. Jika hal ini sering terjadi, kamu mungkin harus memperbaiki aksen dalam bahasa Inggris.

Cara paling efisien untuk melakukan hal ini adalah dengan belajar dari dasar. Pelajari bagaimana cara membuat semua bunyi dasar bahasa Inggris. Sehingga, kamu dapat menghasilkan semua fonem bahasa Inggris dengan jelas.

Apa itu fonem? Banyak huruf dalam bahasa Inggris mengandung lebih dari satu bunyi – “X” misalnya diucapkan “e” “kk” “sss.” Fonem adalah satuan bunyi terkecil dalam bahasa Inggris, bunyi yang dapat dipecah menjadi huruf dan kata. Temukan video YouTube yang membahas berbagai fonem bahasa Inggris, dan latihan secara rutin.

Identifikasi suara mana yang sulit kamu buat dan berusaha menyempurnakannya. Dengan cara ini, kamu akan melatih otot mulut yang benar untuk mendapatkan aksen Inggris yang lebih jelas!

Berhenti Memikirkan Grammar

Jika tujuan terbesar dalam belajar bahasa Inggris adalah untuk mencapai kefasihan percakapan secepat mungkin, hindari buku tata bahasa sementara waktu. Aturan tata bahasa dalam bahasa Inggris sangat rumit sehingga terasa seperti rintangan terbesar dalam kelancaran berbahasa Inggris.

Buat lebih mudah dengan cara cukup mempelajari pola dan pengecualian pada kalimat. Misalnya, jika belajar bahasa Inggris di lingkungan akademis, hindari kalimat yang panjang lebar. Mulai membuat setiap kalimat dengan melibatkan subjek (kata benda), dan kata kerja (tindakan) untuk membuat kalimat sederhana dan aktif. 

Baca Juga:
Pentingnya Kelas Bahasa Inggris untuk Dewasa

Dengarkan Podcast Berbahasa Inggris

Mendengarkan adalah keterampilan komunikasi yang paling sering digunakan. Menurut sebuah penelitian di University of Missouri, manusia menghabiskan 40% waktu komunikasi untuk mendengarkan, dan hanya 30% dari waktu tersebut untuk berbicara. Mampu mendengar dan memahami lawan bicara sama pentingnya dengan keterampilan berbicara dalam bahasa Inggris.

Mendengarkan podcast adalah cara terbaik untuk belajar percakapan bahasa Inggris, dan mempelajari kosakata baru. Podcast juga merupakan alat yang brilian untuk melatih keterampilan mendengarkan bahasa Inggris saat sedang melakukan aktifitas lain. Misalnya ketika membuat makan malam, mengemudi ke tempat kerja atau membersihkan rumah.

Latihan Keterampilan Menulis

Dari keempat keterampilan berbahasa, menulis merupakan keterampilan yang paling dekat dengan berbicara. Saat menulis dalam bahasa Inggris, kamu akan menghasilkan kalimat. Kamu juga akan berlatih mengidentifikasi kosakata, urutan kata, dan tata bahasa yang benar yang diperlukan untuk menyampaikan suatu hal.

Apakah kamu tidak meluangkan waktu untuk menulis dalam bahasa Inggris? Cobalah membuat jurnal harian dalam bahasa Inggris. Cara ini akan membantu mengidentifikasi kebutuhan belajar kosakata sehari-hari, dan membiasakan mengkonjugasikan kata kerja atau membentuk kalimat.

Pilihan Kursus Inggris Conversation

Buat metode belajar jadi lebih mudah dengan gabung di ICAN English dan ambil program kursus Inggris Conversation Class. Di kelas ini, kamu akan termotivasi belajar conversation bersama tutor dan teman sekelas. Seluruh kurikulum pembelajaran dirancang khusus agar kamu bisa meningkatkan keterampilan komunikasi berbahasa inggris.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.