kursus persiapan toefl di yogyakarta

Kursus Persiapan TOEFL di Yogyakarta

Jika kamu adalah seorang pelajar internasional yang ingin belajar di universitas di negara berbahasa Inggris, kamu mungkin perlu mengikuti kursus persiapan TOEFL di Yogyakarta. TOEFL merupakan akronim dari Test of English as a Foreign Language, yang merupakan nama resmi dari tes tersebut. Tes ini menilai kemampuan kamu untuk berbicara dan memahami bahasa Inggris.

Tes tersebut berfungsi menganalisis kemampuan bahasa Inggris dalam hal membaca, berbicara, mendengarkan dan menulis. Seluruh keterampilan tersebut diperlukan untuk melaksanakan studi akademis. Selain itu, tes ini digunakan oleh institusi untuk memastikan mahasiswa memenuhi kualifikasi dalam program studi pilihan. Biasanya, berlaku di negara yang kurikulumnya diajarkan dalam bahasa Inggris.

4 Tips Mempersiapkan Tes TOEFL

Mempersiapkan tes TOEFL tidak harus rumit. Gunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Ketika mempelajarinya, kamu juga mempersiapkan diri untuk menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan nyata. Misalnya, di universitas atau tempat kerja. Gunakan beberapa tips berikut ini, supaya kamu dapat mempersiapkan tes TOEFL:

1. Kenali Format Tes TOEFL

Jika kamu ingin daftar TOEFL, sangat penting untuk mengenal format tes terlebih dahulu. Kamu dapat mengunjungi situs web resmi TOEFL untuk mendapatkan informasi mengenai format tes.

Kamu juga perlu memahami konten TOEFL. Tes tersebut dibagi dalam tiga bagian: membaca, mendengarkan, dan menulis. TOEFL berbasis internet juga mencakup sesi tes berbicara. Berikut adalah cakupan Tes TOEFL berbasis Internet (iBT):

  • Reading : 60-80 menit, tes sebanyak 36-56 pertanyaan
  • Listening: 60-90 menit, tes sebanyak 34-51 pertanyaan
  • Istirahat: 10 menit
  • Speaking: 20 menit, sebanyak 6 tugas
  • Writing: 50 menit, sebanyak 2 esai

Sedangkan cakupan tes TOEFL berbasis kertas (Paper-based test) adalah berikut:

  • Listening: 30-40 meni, sebanyak 50 pertanyaan
  • Writing: 25 menit, sebanyak 40 pertanyaan
  • Reading: 55 menit, sebanyak 50 pertanyaan
  • TWE: 30 menit, menulis satu esai

Walaupun ada dua pilihan format tes, saat ini tes iBT menjadi pilihan yang lebih populer. Hal ini karena kemudahan dalam pelaksanaan tes bagi peserta.

2. Ketahui Alasan Mengikuti Tes TOEFL

Lebih dari 9.000 perguruan tinggi, universitas, lembaga dan institusi menerima dan mewajibkan TES TOEFL di lebih dari 130 negara. Untuk mempersiapkan diri dengan baik, penting untuk mengetahui alasan mengikuti tes.

Misalnya, kamu mungkin mengikuti tes untuk mengetahui tingkat bahasa Inggris untuk mendaftar ke universitas, kursus, pekerjaan, atau persyaratan imigrasi. Selanjutnya, kamu dapat menggunakan informasi tersebut untuk membantu lebih memprioritaskan waktu belajar. Akan lebih efektif jika kamu memanfaatkan kursus persiapan TOEFL di Yogyakarta.

3. Pikirkan Skor Paling Rendah

Pastikan kamu mengetahui skor minimum yang diperlukan untuk mencapai tujuan. Kemudian, pilih skor yang ingin kamu peroleh sebagai skor ideal (pilihan). Misalnya, jika kamu ingin lulus TOEFL karena daftar ke Arizona State University, nilai minimumnya adalah 500. Nilai ideal kamu mungkin lebih tinggi, yaitu 530.

Tuliskan skor minimum dan skor ideal tersebut pada selembar kertas dan tempelkan di tempat yang kamu lihat setiap hari. Kamu bisa meletakkannya di cermin kamar mandi, di lemari es, atau di dinding di belakang meja. Setiap kali melihat selembar kertas skor tersebut, kamu akan diingatkan untuk belajar meraih tujuan tersebut.

Skor ideal yang kamu buat harus realistis. Pilihlah skor yang bisa kamu capai, bukan skor yang sangat tinggi. Agar kamu mendapatkan skor ideal, ikuti tes latihan supaya tahu sejauh apa level kemampuan kamu dalam mengerjakan TOEFL.

4. Ciptakan Tiga Ruang Belajar Ideal

Lingkungan belajar yang baik sangat penting agar dapat mencapai skor yang kamu inginkan. Temukan tiga lokasi belajar ideal, seperti kamar, perpustakaan, kafe, kantor, ruang tamu atau di mana saja kamu merasa nyaman. Jika suatu hari kamu merasa tidak termotivasi di kamar, kamu selalu dapat lebih banyak pergi ke perpustakaan atau kedai kopi favorit, misalnya.

Saat memilih lokasi belajar, ciptakan ruang tanpa gangguan. Beri tahu kerabat dan keluarga jika saat ini kamu sedang belajar supaya tidak ada gangguan. Matikan ponsel dan jangan mainan media sosial.

Penting juga untuk menjaga ruang belajar tetap bersih dan teratur. Bersihkan meja dan atur berkas. Gunakan sistem yang sesuai, dengan pensil dan pulpen yang berfungsi. Kamu juga bisa mempersiapkan buku catatan baru yang bersih hanya untuk tes TOEFL.

Jadwalkan istirahat, camilan, dan waktu makan. Dengan menjadwalkan waktu istirahat, kamu akan lebih fokus selama waktu belajar. Berolahraga dan lakukan beberapa latihan meditasi atau relaksasi untuk pola pikir positif.

Baca Juga:
Test TOEFL Online Bersertifikat Untuk Mahasiswa Internasional

Ikut Kursus Persiapan TOEFL di Yogyakarta Untuk Skor Sempurna

Kursus persiapan TOEFL di Yogyakarta layak dipertimbangkan sebagai pilihan pembelajaran paling efektif. Persiapan terbaik untuk TOEFL harus bervariasi. Kamu harus mempelajari berbagai keterampilan sesuai ujian, dan menyesuaikan berbagai preferensi pembelajaran. Saat kursus, kamu akan belajar dari buku teks, sesi belajar kelompok, video online, atau bahkan platform e-learning.

TOEFL Preparation Class adalah program kursus Bahasa Inggris khusus TOEFL. Program ini membantu memandu peserta melalui persiapan TOEFL. Kelas ini sesuai untuk peserta didik yang sedang kesulitan dengan konsep tata bahasa Inggris atau sedang membutuhkan sertifikat TOEFL.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web