Tips Menulis Lamaran dalam Bahasa Inggris

Tips Menulis Lamaran dalam Bahasa Inggris

Surat lamaran lamaran dalam bahasa inggris penting untuk disertakan saat kamu mengirimkan resume untuk suatu pekerjaan. Jenis surat ini digunakan untuk menyampaikan kualifikasi dan menjelaskan mengapa kamu menginginkan posisi tersebut. Surat lamaran yang ditulis dengan baik dapat menginspirasi bagian perekrutan agar kamu bisa wawancara dan memperoleh peluang lebih tinggi.

Surat lamaran, juga dikenal sebagai application letter atau cover letter, adalah dokumen yang menyertai resume saat melamar pekerjaan. Selain itu, surat ini harus menekankan kualifikasi bahwa kamulah yang paling relevan dan menjelaskan mengapa kamu adalah kandidat terbaik untuk pekerjaan yang ditawarkan.

Cara Menulis Application Letter yang Tepat

Meskipun kamu tidak selalu harus menyertakan surat lamaran dalam resume, ada baiknya untuk menambahkan surat tersebut. Dokumen ini menyajikan argumen persuasif mengapa kamu layak mendapatkan wawancara kerja. Surat lamaran juga dapat membantu menjelaskan resume lebih lanjut, seperti kesenjangan pekerjaan yang panjang atau penurunan pangkat jika memang ada.

Surat lamaran memberikan ruang untuk elaborasi. Gunakan surat lamaran secara maksimal untuk meningkatkan peluang lebih tinggi dalam proses perekrutan. Berikut adalah tips bagaimana menulis lamaran dalam bahasa inggris

Pelajari Profil Perusahaan

Teliti secara menyeluruh perusahaan tempat kamu akan melamar dan spesifikasi posisi yang terbuka. Semakin mengetahui tentang pekerjaan tersebut, semakin mudah untuk menyesuaikan dengan surat lamaran.

Cobalah melakukan riset tentang penghargaan terbaru yang diterima perusahaan, prestasi besar dan keunggulan bisnis dengan kompetitor. Cari tahu juga sertifikasi khusus, keterampilan atau pengetahuan yang diperlukan untuk pekerjaan tersebut.

Informasi penting lainnya yang bisa kamu cari tentang perusahaan tersebut adalah ukuran perusahaan, budaya, proyek amal, hingga nama dan jabatan bagian manajer perekrutan.

Gunakan Format Profesional

Surat ini harus mengikuti format profesional dan menyertakan nama kamu sebagai kandidat lengkap dengan informasi kontak. Cantumkan juga tanggal dan informasi perusahaan.

Mulailah dengan salam profesional, seperti “X yang terhormat”, dan sapa manajer perekrutan dengan menyebutkan namanya jika memungkinkan. Jika setelah melakukan pencarian informasi tidak menghasilkan nama manajer perekrutan, kamu dapat menggunakan “Dear [Department]of Hiring Manager,” untuk menyapa penerima.

Nyatakan Posisi Pekerjaan yang Ingin Dilamar

Buka surat dengan pernyataan jelas mengenai posisi yang kamu lamar. Sebutkan nama perusahaannya. Kamu juga bisa menuliskan di mana melihat lowongan pekerjaan tersebut. Jika kamu mendapatkan informasi lamaran pekerjaan tersebut dari seseorang di perusahaan tersebut, pastikan untuk mencantumkan nama dan posisinya.

Jelaskan Mengapa Kamulah Kandidat Terbaik

Dalam satu atau dua kalimat yang efektif, jelaskan mengapa kamulah paling cocok untuk lowongan pekerjaan ini. Berikan rincian yang jelas mengenai pengalaman, keterampilan, pendidikan, atau sertifikasi.

Ringkas Kualifikasi

Sebutkan kualifikasi terbaik yang membuat kamu cocok untuk pekerjaan itu. Berikan ringkasan singkat tentang latar belakang yang menyoroti poin terpenting dari resume. Pertimbangkan apa yang kamu ingin manajer perekrutan ketahui terlebih dahulu.

Pihak perekrutan akan membaca surat lamaran sebelum meninjau resume. Jadi ini adalah kesempatan untuk membuat argumen yang meyakinkan mengapa mereka harus meninjau resume tersebut.

Sebutkan Alasan Kamu Ingin Pekerjaan Tersebut

Sertakan pernyataan pribadi tentang mengapa kamu menginginkan posisi ini. Kamu sudah menjelaskan mengapa perusahaan harus memilih kamu. Bagian ini merinci mengapa kamu memilih perusahaan tersebut dan apa yang paling membuat kamu bersemangat tentang peluang kerja ini.

Sertakan penutupan profesional

Ucapkan terima kasih kepada pembaca karena telah meninjau surat, rujuk resume dan dokumen terlampir lainnya. Selain itu, tawarkan untuk memberikan informasi tambahan jika diperlukan. Sebutkan bahwa kamu menantikan langkah selanjutnya dalam proses perekrutan dan akhiri dengan “Sincerely,” sebagai penutup.

Baca Juga: Aturan Perkenalan Diri Wawancara Dalam Bahasa Inggris

Contoh Menulis Surat Lamaran Pekerjaan

Berikut adalah contoh menulis lamaran dalam bahasa inggris:

[Your Name]

[Your Address]

[Date]

[Hiring Manager’s Name]

[Company Name]

[Company Address]

Dear [Hiring Manager’s Name],

I hope this letter finds you well. I am writing to express my interest in the [Job Title] position at [Company Name]. Also, I learned about this opportunity through [mention how you found out about the job, or if you were referred by someone, mention their name]. I am excited about the prospect of joining your team and believe that my skills and qualifications align well with the requirements of the job.

In the second paragraph, I would like to highlight how my skills and experiences would benefit the company. For instance, I could mention specific projects or campaigns I’ve worked on in the past that relate to the position I’m applying for. This helps to demonstrate my understanding of the role and how I can contribute effectively.

Moving on to the third paragraph, I’ll summarize my key qualifications. I’ll talk about my relevant experiences, skills, and accomplishments, providing more details than what is mentioned in my resume. This gives the hiring manager a clearer picture of my capabilities and what I can bring to the table.

In the fourth paragraph, I’ll briefly explain why I’m interested in working for the company. I might mention aspects of the company’s culture, mission, or values that resonate with me. I’ll also express my enthusiasm for the opportunity to move forward in the hiring process and mention any additional documents included with my cover letter.

Thank you for considering my application. I look forward to the possibility of discussing how my skills and experiences can contribute to the success of [Company Name]. Please find my resume attached for your review.

Sincerely,

[Your Name]

Agar kamu bisa lebih mudah belajar Bahasa Inggris untuk kebutuhan karir dan pekerjaan, kamu bisa kursus Bahasa Inggris di ICAN English! Selama mengikuti pembelajaran di kelas interaktif, kamu bisa meningkatkan level Bahasa Inggris untuk berkarir.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.