Aturan Perkenalan Diri Wawancara Dalam Bahasa Inggris

Aturan Perkenalan Diri Wawancara Dalam Bahasa Inggris

Bahasa Inggris secara luas dianggap sebagai bahasa bisnis global. Adanya perkenalan diri wawancara dalam Bahasa Inggris memastikan kandidat dapat berkomunikasi secara efektif dalam bahasa yang umum digunakan di dunia profesional.

Banyak perusahaan dan organisasi multinasional menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama untuk komunikasi, dokumentasi, dan kolaborasi. Untuk bisa berhasil melakukan perkenalan diri dalam wawancara, ada beberapa hal yang sebaiknya kamu lakukan dan tidak lakukan.

Aturan Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Inggris Selama Wawancara

Berikut adalah beberapa hal yang harus kamu lakukan jika ingin unggul dari kandidat lain saat melakukan perkenalan diri:

Hal yang Harus Dilakukan

Adalah wajib untuk mengetahui apa tujuan dari pengenalan diri. Saat wawancara, pengenalan diri bertujuan untuk memberikan gambaran singkat kepada pewawancara tentang siapa kamu, latar belakang, dan kualifikasi. Jaga agar tetap ringkas, informatif, dan relevan dengan pekerjaan.

Mulailah dengan nama, dan jika ada, jabatan atau latar belakang pendidikan saat ini. Misalnya, “Hello, my name is [Nama], dan I am a fresh graduate with a degree [Jurusan kuliah]”.

Sebutkan secara singkat pengalaman kerja atau magang yang relevan. Fokus pada peran dan tanggung jawab yang paling relevan dengan posisi yang kamu lamar. Unggulkan keterampilan dan pencapaian utama yang selaras dengan persyaratan pekerjaan. Misalnya, mencakup keterampilan teknis khusus, sertifikasi, atau proyek relevan yang pernah kamu kerjakan.

Ekspresikan antusiasme terhadap peran dan perusahaan. Bicarakan mengapa kamu tertarik dengan peluang tersebut dan bagaimana keahlian yang kamu miliki dapat berkontribusi pada kesuksesan perusahaan. Lakukan riset tentang perusahaan dan nilai-nilainya. Jika bisa, sertakan elemen yang menyelaraskan nilai-nilai pribadi diri dengan nilai-nilai perusahaan.

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan

Menghindari kesalahan tertentu saat memperkenalkan diri sangat penting untuk memberikan kesan positif pada pewawancara. Jagalah perkenalan tetap singkat dan langsung pada sasaran. Hindari menyinggung atau membagikan detail yang tidak perlu yang dapat mengalihkan perhatian dari pesan utama.

Perkenalan diri wawancara dalam Bahasa Inggris harus melengkapi resume, bukan menduplikasinya. Berfokuslah untuk memberikan konteks dan wawasan tambahan yang tidak tersedia di resume. Selain itu, gunakan bahasa yang jelas dan lugas. Hindari jargon industri atau istilah teknis yang mungkin tidak familiar bagi pewawancara.

Kepercayaan diri itu penting, tapi hindari bersikap arogan atau terlalu sombong terhadap pencapaian. Hindari berbicara negatif tentang perusahaan, kolega, atau pengalaman sebelumnya. Tetap positif dan fokus pada apa yang telah kamu pelajari dan bagaimana kamu mampu berkembang.

Meskipun menunjukkan kepribadian itu baik, jangan membahas topik pribadi atau sensitif yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan. Tetap fokus pada kualifikasi profesional yang kamu miliki.

Baca Juga:
Mau Wawancara Bahasa Inggris Masuk Kuliah? Hindari Kesalahan Ini!

Pentingnya Melakukan Perkenalan Diri Saat Wawancara

Bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa pertama oleh jutaan orang dan dipelajari sebagai bahasa kedua oleh lebih banyak lagi orang. Melakukan wawancara dalam bahasa Inggris membuka peluang kerja bagi kandidat yang lebih luas dan beragam. Sehingga, perusahaan dapat memanfaatkan keterampilan dan pengalaman kamu yang lebih luas.

Buat perkenalan diri wawancara dalam Bahasa Inggris lebih mudah dan berhasil dengan latihan matang di kelas ICAN English. Kursus yang memprioritaskan public speaking atau English for Business memastikan agar kamu bisa mahir  berbahasa Inggris di lingkungan kerja dan di khalayak umum. Untuk tahu lebih lanjut tentang tawaran kelas kursus, hubungi tim kami sekarang juga!

.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web