tips latihan pronunciation bahasa inggris

Tips Latihan Pronunciation Bahasa Inggris

Belajar mengucapkan kata-kata bahasa Inggris dengan benar bisa menjadi salah satu bagian tersulit dalam belajar bahasa Inggris, terutama jika ada suara yang tidak dimiliki bahasa ibu atau kamu cenderung tersandung pada pengucapan vokal yang rumit. Untuk itu, latihan pronunciation bahasa Inggris memang perlu dilakukan.

Ejaan bahasa Inggris tidak banyak berkembang dari waktu ke waktu, tetapi cara kita mengucapkan kata-kata telah berkembang. Hal ini membuat pelafalan menjadi tantangan nyata bagi pembelajar bahasa.

Latihan Pronounciation Bahasa Inggris

Pengucapan yang baik bukan hanya ‘bagaimana kata dan huruf terdengar’; ada fitur lain yang sama pentingnya untuk dipertimbangkan, seperti intonasi dan ucapan yang terhubung.

Nah, untuk meningkatkan pronunciation bahasa Inggris ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, seperti misalnya!

Baca Juga:
Tips Melatih Pronunciation Bahasa Inggris

Sering Mendengar

Mendengarkan contoh pidato adalah cara paling jelas untuk meningkatkan pengucapan kamu sendiri. Ada banyak cara untuk melakukannya, seperti misalnya menonton film dalam versi aslinya, mendengarkan podcast tentang topik yang kamu minati dalam bahasa Inggris bahkan mendengarkan musik dapat membantu.

Coba perhatikan intonasi yang digunakan orang. Kamu dapat mendengarkan kalimat atau frasa pendek, kemudian mengulanginya setelah itu. Kamu juga dapat meniru suara, intonasi dan tekanan kata dan memperhatikan bagaimana mulut dan lidah bergerak ketika kamu berbicara.

Kenali Grafik Fonemik

Representasi visual dari suara yang berbeda. Ini mungkin terlihat aneh dan mungkin terasa seperti belajar bahasa yang sama sekali baru. Semua kamus memiliki transkripsi fonetik kata sehingga kamu tahu cara mengucapkannya.

Ini sangat membantu dengan bahasa Inggris karena seperti yang telah kita lihat, ejaan bahasa Inggris tidak selalu sesuai dengan pengucapannya. Misalnya saja, ejaan ‘ough’  ‘though’, ‘through’, ‘tough’, ‘ought’.Gunakan Kamus

Selain kamus cetak yang akan memberikan transkripsi fonetik sebuah kata, ada banyak kamus online di mana kamu bisa mengklik dan mendengarkan kata yang diucapkan.

Kamus jenis ini dapat menjadi salah satu alat paling berguna yang dapat kamu gunakan untuk melatih pengucapan bahasa Inggris. Kamus online ini biasanya mudah diakses dan tentu saja gratis.

Baca Juga:
Tips Belajar Speaking Otodidak

Keuntungan Meningkatkan Kemampuan Pronunciation

Pengucapan sangat penting untuk komunikasi yang tepat karena penggunaan pengucapan yang salah pasti mengarah pada pesan yang disalahpahami oleh penerima.

Aspek penting lainnya adalah, penggunaan pengucapan bahasa Inggris yang tepat cenderung menambah nilai bagi seseorang yang berbicara bahasa Inggris. Latihan pronunciation bahasa Inggris membuat kamu lebih mudah untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Kursus bahasa Inggris bisa menjadi cara untuk meningkatkan pengucapan bahasa Inggris kamu. Latihan dengan tutor dan rekan belajar adalah poin tambahan yang bisa kamu lakukan dalam kursus.

Siswa bisa saja menulis dalam bahasa Inggris dengan baik, namun tidak dapat membuat kalimat yang bermakna ketika berbicara dan sehingga pesan yang ia sampaikan akan sulit dimengerti. Untuk itu, pengucapan bahasa Inggris menjadi aspek penting ketika belajar.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi