tips belajar speaking otodidak

Tips Belajar Speaking Otodidak

Meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris bukan sesuatu hal sulit dilakukan. Belajar speaking otodidak bisa menjadi salah satu pilihan tepat. Kunci untuk belajar bahasa Inggris secara otodidak harus lebih sabar dan konsisten pada proses pembelajaran. 

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang harus dipelajari di zaman sekarang. Dalam bahasa Inggris kemampuan speaking adalah salah satu skill yang harus ditingkatkan. Jika kamu merasa kurang yakin untuk mengikuti kursus bahasa Inggris karena tidak memiliki banyak waktu, maka bisa belajar speaking secara otodidak. 

Tips Belajar Speaking Bahasa Inggris Otodidak

Belajar speaking bukan hal sulit untuk dilakukan. Tapi kamu harus konsisten untuk terus belajar ya. Karena belajar otodidak ini tidak ada guru atau tutor, sehingga semua materi harus dicari sendiri dan belajar sendiri. Nah, berikut tips yang bisa kamu coba.

1. Melatih Pronunciation

Setelah menghafal kosakata, belajar grammar, dan lain sebagainya. Maka langkah awal untuk meningkatkan kemampuan dalam hal ini adalh dengan berlatih pronunciation. Jika pengucapan kata yang kamu salah atau kurang tepat, bisa jadi maknanya pun berubah. Dengan kata lain, mempelajari hal ini sangat penting.

Untuk melatihnya sendiri kamu bisa menggunakan metode tongue twister atau mengucapkan susunan kata bahasa Inggris yang terdengar sama, tetapi berbeda. Jika kamu bingung, kalimatnya seperti apa, maka cobalah untuk mencarinya melalui google maupun youtube. Pasalnya, disana sudah banyak materi yang tercantum dan kamu pun bisa langsung berlatih.

2. Sering Membaca Buku Bahasa Inggris

Tips pertama yang bisa kamu coba adalah sering membaca buku dalam bahasa Inggris. Belajar bahasa Inggris juga bisa dilakukan melalui buku, kamu bisa memilih jenis buku yang sesuai dengan keinginan. Jika kamu termasuk salah satu orang yang tertarik dengan buku fiksi, maka bisa memilih beberapa judul buku dengan menggunakan bahasa Inggris. 

Dengan membaca buku kamu akan mempelajari kalimat sederhana dalam penggunaan bahasa Inggris. Hal tersebut sangat penting dan bisa membantu kamu untuk menguasai berbagai macam kalimat maupun kosakata dalam bahasa Inggris. Lebih baik membaca buku Bahasa Inggris sembari menerjemahkan ya, sehingga kamu bisa memahami berbagai macam kosa kata.

3. Sering Nonton Film Bahasa Inggris

Tips selanjutnya agar kamu bisa menguasai speaking berbahasa Inggris dengan menonton film tanpa menggunakan subtitle. Jadi kamu bisa menonton film bahasa Inggris untuk mendapatkan  materi tentang speaking. Menonton film bisa menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan, tetapi bisa membantu untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris loh.

Jadi, kamu bisa praktek dengan menggunakan adegan dalam film. Misalnya, menirukan ucapan sang pemeran dalam film tersebut. Bagaimana Ia melafalkan setiap kalimat. Dengan begitu, kemampuan speaking kamu akan terus meningkat loh.

Baca Juga:
Cara Lancar Speaking English

4. Meniru Native Speaker Atau Membaca Secara Monolog

Supaya kemampuanmu lebih meningkat, cobalah untuk meniru pelafalan native speaker. Kamu dapat mendownload sebuah tayangan video berdurasi pendek maupun panjang. Dimana hal tersebut dapat kita akses melalui sosial media maupun youtube. Jangan ragu untuk meniru pengucapannya. Untuk lebih optimal, sebaiknya kamu menggunakan headset.

Sehingga pengucapannya pun akan lebih jelas. Selain cara tersebut, kamu pun dapat membaca jurnal dengan suara maupun berbicara pada diri sendiri didepan cermin secara monolog.  Untuk pembahasannya, kamu dapat membaca mengenai cita-cita, target yang ingin kamu capai, maupun lain sebagainya.

5. Praktek di Depan Umum

Untuk meningkatkan rasa percaya diri kaum bisa mencoba untuk praktek speaking atau public speaking. Sudah terbiasa berbicara sendiri depan cermin atau mendirikan sebuah dialog film selanjutnya kamu bisa mempraktekkan hal tersebut di depan teman-teman yang sudah menguasai bahasa Inggris.

Sekalipun belajar dengan menggunakan metode otodidak, kamu bisa bergabung dengan komunitas bahasa Inggris. Di dalam komunitas tersebut, kamu bisa menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan anggota yang lain. Jadi peningkatan bahasa Inggris bisa dirasakan dengan baik ya. 

Baca Juga:
Ketahui Apa Saja Ujian Speaking Bahasa Inggris!

Keuntungan Menguasai Speaking Bahasa Inggris

Speaking adalah salah satu skill bahasa Inggris yang wajib dipelajari. Kamu dapat belajar speaking otodidak, atau bergabung dengan kursus bahasa Inggris terbaik di ICAN English untuk mempermudah belajar.  Kemampuan speaking yang bagus bisa memberikan banyak keuntungan loh buat kamu di masa depan. 

Banyak keuntungan yang bisa kamu rasakan setelah menguasai kemampuan speaking dalam bahasa Inggris, seperti berikut. 

  • Kamu bisa menambah pengetahuan yang didapatkan dari orang lain melalui komunikasi berbahasa Inggris. 
  • Menguasai kemampuan speaking berbahasa Inggris otomatis bisa membantu kamu berkomunikasi dengan orang lain dari negara yang berbeda. 
  • Menguasai speaking berbahasa Inggris juga bisa membuat kamu merasa aman ketika sedang liburan di luar negeri.
  • Kemampuan speaking akan membuat kamu lebih percaya diri ketika mendaftar di perguruan tinggi luar negeri.
  • Kamu memiliki kesempatan untuk bekerja sebagai translator dengan penghasilan yang lumayan besar. 
  • Mudah beradaptasi dengan lingkungan baru di luar negeri.

Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan belajar speaking berbahasa Inggris. Terus asah kemampuan speaking sebab akan berguna di masa depan loh.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web