Teknik Latihan Public Speaking Bahasa Inggris

Teknik Latihan Public Speaking Bahasa Inggris

Latihan public speaking bahasa Inggris memiliki nilai penting di zaman sekarang ini. Menggunakan bahasa Inggris dengan lancar dapat membantu kamu melakukan public speaking.

Walaupun kemampuan ini sangat diminati banyak orang dan penting dalam kehidupan sehari-hari, banyak juga yang masih mengalami kesulitan melakukan public speaking di depan umum. Banyak kendala yang akan dihadapi seperti nervous, kebingungan memulai dari mana, hingga susah menghafalkan materi yang akan dibawakan.

Cara Latihan Public Speaking dalam Bahasa Inggris

Public speaking menggunakan bahasa Inggris menunjukkan bahwa kamu memiliki rasa percaya diri tinggi. Untuk memulai latihan public speaking bahasa Inggris, gunakn tips di bawah ini:

Siapkan Naskah

Ketika melakukan presentasi, berpidato atau berdialog di depan khalayak yang harus menggunakan bahasa Inggris, pasti kamu akan berpikir keras untuk menyiapkan materi. Namun, jika kamu sudah sangat pandai berbahasa Inggris, hanya sedikit kendala dihadapi atau bahkan tidak ada.

Vocabulary yang banyak tentu membuat kamu mudah melakukan public speaking. Menyiapkan naskah atau materi untuk latihan public speaking bahasa Inggris dengan memilih bahasa Indonesia terlebih dahulu, bisa kamu pilih. Kamu akan belajar mengubah kalimat bahasa Indonesia ke dalam bahasa Inggris.

Materi public speaking dapat kamu ulas dengan bahasa Indonesia terlebih dahulu. Sehingga, membantu menemukan gambaran yang mudah digunakan. Jika kamu belum lancar berbahasa Inggris, tidak perlu khawatir. Sudah banyak aplikasi yang membantu menerjemahkan materi public speaking bahasa Indonesia menjadi bahasa Inggris,

Kamu harus lebih dulu paham isi materi yang akan kamu sampaikan, mengingat visualisasi terhadap materi, dan apabila kamu mengalami kendala lupa kosakata bahasa Inggris akan terbantu. Inilah kenapa penting untuk mempersiapkan naskah public speaking dalam bahasa Indonesia terlebih dahulu. Kamu dapat mengkolaborasikan point utama dengan mencari persamaan kata untuk dijadikan ide baru.

Kamu bisa banyak belajar dan menemukan kosakata baru ketika menerjemahkan kalimat bahasa Indonesia ke dalam bahasa Inggris. Tips yang satu ini akan membantu kamu meminimalisir kendala pada saat melakukan public speaking di depan umum. Penguasaan materi public speaking akan jauh lebih bagus dan lancar.

Baca juga:
Tips Lancar Pidato Bahasa Inggris Untuk Lomba

Metode Deduktif dan Induktif

Berbicara atau berdialog di depan khalayak ramai, pada situasi formal dan non-formal masih erat hubungannya dengan seni bercerita. Cerita yang disampaikan bisa sesuai fakta maupun fiksi, dalam bentuk presentasi, pidato maupun debat sekalipun. Apa yang dimaksud dengan seni berbicara tentunya akan menarik perhatian para audience.

Pernahkan kamu mendengarkan seorang sedang bercerita, namun kamu susah memahami isi ceritanya? Dari sini, kamu harus tahu bahwa menyampaikan cerita harusnya dengan cara memukau, dipahami, meyakinkan serta merangkul para audience.

Kamu juga harus memiliki alur jelas, runtut, mengalir dan berkesinambungan. Apa yang kamu sampaikan bisa diterima oleh audience maupun lawan berbicara. Agar kamu mempunyai alur yang jelas, bagi sebuah materi pembahasan ke dalam potongan besar dengan istilah pembukaan, isi dan penutup.

Kamu juga bisa menerapkan metode deduktif maupun induktif. Metode deduktif yaitu kamu memulai pembahasan dengan gagasan utama, disertai dengan beberapa detail atau poin khusus turunan. Lalu induktif adalah kebalikan deduktif, kamu akan membahas poin khusus yang diakhiri dengan kesimpulan yang banyak.

Dua metode ini akan membantu kamu mendapatkan kemudahan dalam penguasaan bahan materi pembahasan. Jika kamu latihan public speaking bahasa Inggris dengan menerapkan metode ini, kamu akan lebih fokus dengan pemahaman dan menerjemahkan pada poin per poin.

Hindari menghafal, pilih visualisasi

Kesalahan yang dilakukan oleh kebanyakan orang dalam melakukan public speaking bahasa Inggris adalah menghafalkan teks. Metode ini dianggap keliru atau kurang tepat karena kamu tidak bisa bergantung dengan daya ingatan saja. Di depan audience, kamu bisa mengalami kendala demam panggung, konsentrasi untuk mengingat akan sangat lemah.

Belajar public speaking bahasa Inggris harus mengutamakan pemahaman materi serta ingatan mengenai gambaran yang kamu sampaikan. Jika kamu sudah memahami dua metode yaitu metode deduktif dan induktif, maka yang selanjutnya yaitu melakukan visualisasi terhadap poin-poin yang akan disampaikan.

Perbedaan antara menghafal dan melakukan visualisasi yaitu, menghafal artinya kamu tidak memahami poin atau materi. Namun, memvisualisasikan artinya kamu memahami isi materi. Baru di dalam otak, kamu gambarkan poin yang dimaksudkan agar pada saat menyampaikan, audience mendapat kemudahan dalam pemahaman.

Berbicara di depan khalayak ramai menggunakan bahasa Inggris tentu saja tidak mudah. Namun, semua ini bisa kamu lakukan dengan terus berlatih.

Jika kamu masih pemula belajar public speaking bahasa Inggris, perbanyaklah perbendaharaan kosakata dan jangan malu untuk mencoba berbicara bahasa asing. Menggunakan metode yang telah dijelaskan ini, akan membantu proses belajar public speaking bahasa Inggris kamu.  

Baca juga :
Tips Menyampaikan Cerita Bahasa Inggris Dengan Percaya Diri

Tips Belajar Public Speaking yang Efektif

Sekarang, kamu sudah mempunyai beberapa teknik latihan public speaking yang bisa kamu coba di rumah. Belajar public speaking tidak hanya penting untuk urusan perkuliahan saja, tetapi juga membantu merubah karir dan masa depan kamu.

Jika kamu sudah mencoba semua teknik di atas, dan masih grogi, sudah saatnya kamu tidak belajar sendiri. Cobalah untuk belajar public speaking yang lebih efektif dengan bergabung di tempat kursus Bahasa Inggris di kelas khusus, seperti Speaking Class.

ICAN English dapat menjadi solusi tepat untuk teman-teman yang ingin meningkatkan rasa percaya diri dalam berbahasa Inggris lisan. Apalagi ketika harus berbicara di depan khalayak, kamu tentu harus mampu menyampaikan topik secara lugas. Di tempat kursus ini, kamu bisa memilih program sesuai level dan tujuan personal. Dengan pembelajaran intensif, kamu jadi lebih mudah mahir berbicara Bahasa Inggris!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Tim ICAN English.