Materi Question Tag

Materi Question Tag: Pengertian, Pola dan Contoh

Agu 24, 2022 | Bahasa Inggris

Materi question tag merupakan salah satu materi dalam bahasa inggris yang akan kamu pelajari di bangku sekolah menengah. Materi ini cukup penting untuk diketahui, karena tidak hanya berfungsi untuk berbagai kepentingan akademik melainkan juga sering digunakan saat kamu berkomunikasi menggunakan bahasa inggris dengan orang lain.

Question tag sendiri memiliki arti sebagai pertanyaan singkat atau pendek. Bentuk pertanyaan ini biasanya disisipkan di akhir kalimat ketika kamu tengah berkomunikasi dengan orang lain menggunakan bahasa inggris. Meskipun bentuk pertanyaannya singkat, tetapi tetap memiliki aturan yang harus kamu terapkan ketika menggunakannya.

Baca Juga: PERSIAPAN UNTUK KULIAH DALAM BAHASA INGGRIS

Materi Question Tag yang Perlu Kamu Tahu

Untuk lebih memahami mengenai question tag kamu perlu paham juga mengenai pengertian, pola kalimat dan sebagainya. Hal tersebut akan membantu kamu dalam memahami konsep penggunaan dari question tag dalam suatu kalimat. Di bawah ini merupakan materi question tag yang penting untuk kamu ketahui dan pahami ketika belajar bahasa inggris.

1. Pengertian

Question tag merupakan suatu pertanyaan pendek yang biasanya ditambahkan di akhir kalimat pertanyaan (declarative sentence) untuk menanyakan suatu informasi atau meminta persetujuan terkait suatu hal. Ungkapan bahasa inggris ini sangat sering digunakan dalam berkomunikasi sehari-hari, sehingga penting bagi kamu untuk memahaminya.

Menggunakan question tag ketika sedang berbicara dapat mempermudah orang lain ketika kamu sedang bertanya. Selain itu, kamu juga bisa mengenali apakah seseorang native speaker atau bukan hanya dengan menggunakan question tag. Percuma saja ketika seseorang mampu mengucapkan pronunciation dengan baik, tapi tidak paham question tag.

2. Pola Kalimat

Materi question tag berikutnya yakni mengenai pola kalimat atau rumusnya. Penggunaan question tag disesuaikan dengan pernyataan yang mendahuluinya. Ketika suatu kalimat menggunakan linking verb (to be) seperti is, am, are, maka question tag yang digunakannya ‘be’.

Kemudian, untuk kalimat yang pernyataannya menggunakan primary auxiliary verb (be, do have) atau modal auxiliary verb seperti will, would, may, might, shall, should, can, dan could, maka bentuk question tag menggunakan auxiliary verb bentuk pertama (jika lebih dari satu).

Secara umum rumus question tag yaitu; linking verb/ auxiliary verb/ + /-not + pronoun. Struktur kalimat question tag biasanya kebalikan dari pernyataan yang diungkapkan. Ketika kamu mengungkapkan pernyataan kalimat bentuk positif, maka question tag bentuk negative, dan begitu pula sebaliknya.

3. Intonasi Dalam Question Tag

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa, penggunaan question tag yakni untuk menanyakan suatu informasi atau meminta persetujuan. Sehingga, untuk intonasinya juga harus disesuaikan dengan penambahan tekanan intonasi naik (rising intonation)  dalam bentuk kalimat tanyanya. Hal tersebut untuk lebih memudahkan lawan bicara kamu mengerti.

Kemudian, ketika hendak meminta persetujuan atas suatu pernyataan yang dibuat dan kamu yakin akan hal tersebut, sehingga meminta dukungan jawaban lawan bicara. Maka, tidak perlu menambahkan intonasi penekanan, sebaliknya kamu bisa menggunakan intonasi yang turun (falling intonation). Sehingga, lawan bicara paham apa maksud kalimat kamu.

Baca Juga: CONTOH LATIHAN SOAL BAHASA INGGRIS DASAR

Contoh Kalimat Question Tag

Setelah mengamati materi question tag di atas, untuk lebih paham akan konsep penggunaanya, maka kamu bisa simak beberapa contoh berikut ini. Misalnya, you didn’t go to school, did you (kamu tidak pergi ke sekolah kan?). Pernyataan kalimat tersebut berbentuk kalimat negatif, maka question tag yang digunakan harus berbentuk kalimat positif.

Contoh lainnya seperti; today is Monday, I am right, aren’t i? (hari ini adalah senin, aku bener kan?). Bentuk question tag tersebut menggunakan pola kalimat negative karena pernyataannya berbentuk positif. Selain itu, kamu tidak usah memberikan penekanan pada question tag tersebut karena sifatnya meminta persetujuan, sebaliknya kamu harus merendahkan intonasinya.

Materi yang satu ini cukup penting dipelajari karena bisa membantu kamu memahami bahasa Inggris dengan lebih baik. Bergabung dalam kursus bahasa Inggris akan memudahkan kamu dalam belajar. Salah satu lembaga kursus yang bisa kamu pilih adalah ICAN English. Kami memiliki tutor berpengalaman dan materi akan disesuaikan dengan kebutuhan siswa.

Itulah materi question tag mulai dari pengertian, pola kalimat, fungsi, serta contoh kalimat yang perlu kamu ketahui. Dengan demikian, kamu jadi paham bagaimana konsep penggunaanya serta tahu cara pengucapan yang tepat. Dengan banyak berlatih, maka akan membuat kamu terdengar seperti orang bule asli, jadi jangan lupa untuk sering mempraktekannya.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Konversi skor TOEFL ke IELTS memiliki klasifikasi dan tingkatannya masing-masing, mulai dari yang paling dasar hingga paling tinggi. Kedua tes tersebut sebenarnya cukup sulit untuk dibandingkan, karena memiliki keunikannya tersendiri. Selain itu, sistem...

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

Grammar merupakan salah satu aspek terpenting dalam mempelajari bahasa inggris. salah satu metode yang bisa kamu lakukan adalah belajar lewat media buku grammar bahasa Inggris. Metode tersebut bisa kamu pilih karena cenderung fleksibel dan bisa dilakukan dimana...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH