macam materi speaking ielts yang perlu dipelajari

Macam Materi Speaking IELTS yang Perlu Dipelajari

Materi speaking IELTS adalah bagian terakhir dari ujian ini. Tes ini sendiri terdiri dari tiga bagian dan melibatkan percakapan sekitar 15 menit dengan penguji. Karena tes ini merupakan salah satu tes yang sulit, kamu bisa mempersiapkan diri dengan bergabung dalam kursus persiapan IELTS di ICAN English bersama dengan tutor berpengalaman kami.

Mengenai Materi Speaking IELTS

Untuk speaking IELTS, durasi tes yang akan diberikan sekitar 12-14 menit dan seluruh tes akan direkam. Berikut beberapa bagian tes yang perlu kamu pahami.

Baca Juga:
Panduan Sebelum Les Speaking Bahasa Inggris Online

Tes Bagian 1 – Introduction dan Interview

Tes ini berlangsung selama 4-5 menit dan dimulai dengan kamu harus memperkenalkan diri setelah penguji akan memperkenalkan dirinya, sehingga kalian berdua tahu identitas masing-masing. Penguji kemudian akan bertanya tentang beberapa topik dasar yang sudah dikenal seperti sekolah, keluarga, teman, hewan peliharaan, tempat favorit, dan sebagainya.

Ini untuk memeriksa kemampuan kamu dalam mengkomunikasikan ide dan informasi tentang topik sehari-hari.

Tes Bagian 2 – Long Turn

Di bagian ini, penguji akan memberikan kartu petunjuk yang berisi topik yang akan disebutkan. Kemudian kamu akan diberikan 1 menit untuk berlatih agar bisa menjawabnya dan diberikan pensil dan kertas untuk mencatat poin penting.

Setelah 1 menit waktu persiapan, kamu diharapkan untuk berbicara selama 2-3 menit tentang topik tersebut setelah penguji mengajukan pertanyaan berdasarkan topik tersebut. Bagian ini menguji kemampuan kamu untuk berbicara tentang topik tertentu dengan menggunakan bahasa yang tepat dan mengemukakan gagasan secara koheren.

Tes Bagian 3 – Discussion

Di bagian terakhir, kamu harus berdiskusi dengan penguji, masalah yang terkait dengan topik yang diberikan di Bagian dua secara lebih umum dan tepat serta membahas topik secara mendalam.

Bagian ini membutuhkan waktu 4-5 menit untuk diselesaikan. Ini untuk menilai kemampuan kamu untuk membenarkan pendapat dan untuk menganalisis dan mendiskusikan masalah.

Baca Juga:
Cara Menghitung Skor IELTS Listening

Tips Menghadapi Tes Speaking IELTS dengan Baik

Untuk IELTS di atas kertas dan IELTS di komputer, tes speaking terdiri dari tiga bagian. Dengan memahami apa yang terjadi di ketiga bagian tes ini, kamu akan lebih siap menghadapinya.

Tips pertama yang harus kamu perhatikan adalah jangan menghafal jawaban, terutama di Bagian 1. Bahasa yang dihafal tidak memberi penguji ukuran yang akurat tentang kemampuan bahasa Inggris yang kamu miliki. Pemeriksa akan dapat mengetahui apakah kamu telah mengingat jawaban dan ini dapat mempengaruhi skor akhir band kamu.

Tips berikutnya adalah dengan menggunakan berbagai struktur tata bahasa dengan kalimat sederhana untuk mengungkapkan apa yang ingin kamu katakan. Ketahui kesalahan sendiri dan berlatih berbicara dengan teman dalam bahasa Inggris, atau rekam diri sendiri untuk melihat apakah kamu dapat menemukan kesalahan.

Terakhir, kamu tidak perlu takut dengan aksen yang kamu miliki. Dengan tes berbicara, penguji IELTS memahami berbagai aksen sehingga dapat memahami apa yang kamu katakan. Jika kamu dapat berkomunikasi dengan baik, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi