Macam-Macam Level Kemampuan Bahasa Inggris

Macam-Macam Level Kemampuan Bahasa Inggris

Pada saat kamu merasa fasih berbahasa Inggris, kamu harus tahu sejauh mana level kemampuan Bahasa Inggris yang telah kamu kuasai. Hal ini karena adanya beberapa tingkatan untuk menentukan apakah seseorang tersebut masih level pemula atau sudah mahir.

Saat kamu memiliki “kefasihan” bahasa Inggris, dapat dimulai beberapa tingkat lebih rendah dari C2! Tingkat kemampuan tersebut sudah dikelompokkan sesuai The Common European Framework of Reference for Languages (CEFR).

6 Level Kemampuan Berbahasa Inggris CEFR

CEFR adalah pedoman internasional untuk mengukur kemampuan berbahasa, dengan menggunakan skala dari A1 (pemula) hingga C2 (master bahasa) sebagaimana berikut:

1. Beginner/ CEFR Tingkat A1

Atau dikenal sebagai “super beginner”, pada tingkat bahasa Inggris A1, kamu memiliki pengetahuan bahasa sangat terbatas. Namun, kamu tetap dapat menangani situasi sehari-hari dengan ekspresi dan kosa kata umum digunakan.

Pembelajar bahasa Inggris A1 berbicara dengan lambat, mempunyai jeda saat mencari kata yang tepat. Sehingga memerlukan sedikit kesabaran dari penutur asli untuk melakukan percakapan yang sebenarnya. Kosakata pada level ini kira-kira 700 kata.

2. Pre-Intermediate: CEFR Level A2

Kamu dapat terlibat dalam obrolan ringan sehari-hari dan mengungkapkan pendapat, dengan cara sederhana. Pada tahap ini, kamu bisa menggunakan kalimat di masa lalu dan masa depan.

Kamu mungkin hanya melakukan percakapan sangat singkat dan perlu bergantung pada rekan penutur asli untuk mengarahkan percakapan. Namun, pengalaman penutur asli akan jauh lebih mudah dibandingkan dengan level A1! Ketika mencapai A2, kamu sudah memiliki kosakata sekitar 1500 kata, ditambah pemahaman tata bahasa kuat.

3. Intermediate: CEFR Level B1

Kamu telah mencapai tingkat kepercayaan diri dalam bahasa Inggris. Namun, ketika membahas suatu topik yang kamu pahami, kalimat kamu kadang tetap terasa lambat dan masih mengalami kesulitan. Pada tingkat ini, kamu sudah melampaui dasar-dasar berbahasa Inggris tetapi masih belum mampu bekerja atau belajar secara eksklusif dalam bahasa Inggris.

Namun, kamu bisa mengatasi masalah dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, dalam percakapan yang belum kamu persiapkan atau menghadapi masalah yang muncul saat bepergian. Kamu seharusnya memiliki kosakata sekitar 2500 kata, dan dapat mengingat sekitar setengahnya dengan kecepatan tertentu.

4. Upper-Intermediate: CEFR Level B2

Pada level B2 Bahasa Inggris, kamu telah membangun kepercayaan diri dan mampu berbicara, menulis, mendengarkan, dan membaca dalam bahasa Inggris. Tingkat bahasa Inggris ini cukup baik untuk di tempat kerja, sekolah, dan perguruan tinggi berbahasa Inggris, dan kamu kini dapat membuat kalimat rumit dan terdengar alami dalam percakapan normal.

Namun, kamu kini memiliki keterampilan bahasa untuk tinggal di negara berbahasa Inggris dengan nyaman, dan bekerja di kantor berbahasa Inggris. Ketika mencapai B2, kamu harus memiliki kosakata sekitar 4000 kata.

5. Advanced: CEFR Level C1

C1 adalah tingkat bahasa Inggris lanjutan. Pengguna C1 dapat berbicara bahasa Inggris dengan mudah, dan memahami bahasa tersebut (hampir!) dengan segala kerumitannya.

Pada titik ini, kamu akan dapat melakukan percakapan yang lebih lama, bahkan tentang topik yang asing. Kamu juga akan memahami teks bahasa Inggris yang lebih panjang. Pada tahap ini, kamu dapat menggunakan bahasa Inggris sehari-hari untuk keperluan bisnis (menggunakan kosakata bahasa Inggris bisnis khusus) dan tujuan akademis.

Di C1, kamu dapat memahami lelucon halus dalam bahasa tersebut, dan mengekspresikan diri dengan frasa asli yang penuh warna. Ketika kamu mencapai C1, seharusnya memiliki kosakata sekitar 8000 kata – hampir dua kali lipat dari B2!

6. Mastery: CEFR Level C2

Kemahiran C2 adalah tingkat bahasa Inggris tertinggi yang pernah ada, dan karenanya mendapat gelar “fluency.” Level ini menyiratkan bahwa pengguna bahasa Inggris berada pada tingkat yang sama dengan penutur asli, walaupun tidak 100%.

Pengguna bahasa Inggris tingkat C2 merasa nyaman menulis atau berbicara tentang jenis subjek apa pun, dengan ekspresi yang berbeda dan penyampaian yang koheren. Kamu juga dapat membaca dan memahami pembicaraan tanpa hambatan apa pun.

C2 berarti kamu akan menemukan sangat sedikit (jika ada) batasan dalam menjalani kehidupan sehari-hari dalam bahasa Inggris. Kamu juga sangat nyaman menggunakan Bahasa Inggris dalam lingkungan akademis atau profesional. Ketika mencapai C2, kamu harus memiliki kosakata sekitar 16.000 kata.

Baca Juga:
Kemahiran Bahasa Inggris untuk Hukum, Apa Saja Manfaatnya?

Cara Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris

Sekarang, kamu sudah tahu apa saja level kemampuan Bahasa Inggris. Ada banyak tes online gratis yang dapat kamu ikuti untuk memeriksa tingkat CEFR. Atau, kamu juga dapat mengikuti tes kemahiran bahasa Inggris seperti IELTS, yang akan memberi bukti bersertifikat tingkat bahasa Inggris untuk perusahaan, perguruan tinggi, dan universitas.

Agar kamu dapat meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris, kursus bahasa Inggris di ICAN English bisa menjadi pilihan tepat untuk mempersiapkan diri. Kamu bisa melatih diri sebelum ikut tes resmi dan memperoleh hasil nilai. Atau, kamu juga dapat menggunakan kursus kami untuk meningkatkan level kemampuan tersebut dengan lebih efektif karena adanya tutor.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web