Belajar Bahasa Inggris Intermediate

Belajar Bahasa Inggris Intermediate

Mencapai level intermediate dalam Bahasa Inggris adalah capaian luar biasa. Tingkatan tersebut lebih dari cukup untuk berbagai interaksi sehari-hari.

Seseorang yang sudah mampu berada di level intermediate saat belajar bahasa Inggris bisa terlibat dalam percakapan lebih kompleks, mampu mengutarakan opini, dan memahami banyak topik. Kemampuan ini juga akan meningkatkan skill komunikasi yang efektif dalam berbagai konteks personal, akademik, dan profesional.

Cara Belajar Bahasa Inggris Level Intermediate

Jika kamu mencari cara belajar bahasa inggris intermediate, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu coba:

Tentukan tingkatan keterampilan

Sangat penting untuk mengetahui tingkatan keterampilan dalam kompetensi bahasa Inggris, mulai dari listening, speaking, writing, dan reading. Kamu bisa mengambil level assessment test untuk meninjau tingkat kemahiran bahasa pada setiap kompetensi tersebut.

Selain itu, kamu dapat menggunakan tes ini untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan dalam setiap kompetensi. Biasanya, hasil tes menunjukkan beberapa kompetensi lebih tinggi nilainya dari kompetensi lainnya.

Dari hasil tes tersebut, biasanya kamu juga akan mendapatkan rekomendasi secara personal, sehingga kamu bisa memahami kesiapan diri dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris di level intermediate.

Listening

Salah satu cara yang paling efektif untuk membangun pemahaman dalam mendengarkan adalah membangun kosakata atau vocabulary yang kuat. Semakin tinggi pemahaman vocabulary, maka semakin mudah untuk memahami konteks dan detail suatu percakapan.

Salah satu cara belajar listening yang sangat mudah di lakukan sehari-hari adalah dengan mendengarkan lagu bahasa Inggris. Dengan belajar dan mengingat lirik lagu, kamu akan terus meningkatkan kosakata baru.

Atau, kamu juga dapat menggunakan podcast untuk belajar listening. Ada banyak podcast yang bisa kamu dengarkan untuk memahami percakapan bahasa Inggris.

Speaking

Pastikan bahwa kamu memiliki rutinitas sehari-hari yang melibatkan penggunaan bahasa Inggris saat berbicara. Misalnya, kamu bisa meluangkan waktu secara khusus untuk meniru kalimat yang diucapkan seorang presenter saat mengucapkan bahasa Inggris. Cara ini juga bisa kamu lakukan ketika sedang mendengarkan podcast bahasa Inggris, kemudian ulangi apa yang telah kamu dengar.

Salah satu cara efektif untuk meningkatkan kemahiran dan akurasi bahasa Inggris, terutama dalam kompetensi speaking, adalah dengan meniru pengucapan dan intonasi penutur asli. Atau, kamu juga dapat mencari partner untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Seorang partner akan membantu mengoreksi kesalahan dan mengajarkan kamu cara yang lebih natural untuk mengutarakan gagasan.

Writing

Cara mudah untuk mulai belajar writing adalah menyiapkan jurnal khusus dan mulai berlatih satu hari 1 kalimat bahasa Inggris. Lakukan cara ini setiap hari, karena tidak perlu membutuhkan waktu lama. Cara ini juga dapat menjadi kebiasaan yang baik bagi pemula yang ingin mahir berbahasa Inggris.

Agar kamu dapat meningkatkan kemampuan writing, kamu harus konsisten. Tanyakan kepada penutur asli atau native speaker untuk mengoreksi tulisan kamu agar terdapat peningkatan yang lebih efisien.

Reading

Reading adalah skill bahasa Inggris yang bisa kamu tingkatkan dengan belajar sendiri. Kamu tidak perlu terburu-buru ingin segera mahir berbahasa Inggris melalui reading. Saat belajar reading, bukan berarti kamu harus membaca satu atau 100 halaman dalam waktu yang sama. Kunci keberhasilan belajar reading terletak Bagaimana kamu mampu memahami apa yang kamu baca.

Cobalah menulis beberapa kata baru saat kamu sedang membaca, dan gunakan kata tersebut untuk latihan. Jika ada rekaman audio, putar audio tersebut dan kamu bisa ikut membaca teks agar dapat menyesuaikan cara pelafalan seperti halnya narator tersebut.

Baca juga : Rekomendasi Film Inggris Untuk Belajar Bahasa Inggris Intermediate

Benefit Belajar Bahasa Inggris Level Intermediate

Sekarang kamu sudah tahu apa saja cara belajar bahasa Inggris level intermediate. Tingkatan ini berperan penting, seperti halnya sebuah jembatan antara tingkat Beginner menuju ke level Advanced. Tanpa adanya level intermediate, tidak akan mudah untuk menguasai bahasa Inggris ke level Advanced.

Pada level ini, kamu juga mempunyai peluang lebih besar dalam dunia pendidikan, pekerjaan, maupun interaksi sosial. Ada banyak program akademik, penempatan kerja, dan juga jaringan sosial yang memberikan persyaratan mahir berbahasa Inggris minimal level intermediate.

Jika kamu merasa kesulitan belajar bahasa Inggris di rumah dan belum ada progres secara signifikan, artinya kamu membutuhkan bantuan seorang teacher. Kamu dapat bergabung di program kursus bahasa Inggris ICAN English untuk mendapatkan bimbingan profesional, materi terstruktur, dan kelas yang interaktif.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi