Keterangan waktu dalam bahasa Inggris

Macam Keterangan Waktu Dalam Bahasa Inggris

Feb 14, 2022 | Bahasa Inggris

Keterangan waktu dalam bahasa Inggris atau adverb of time sangat penting untuk kamu pelajari. Fungsi adverb of time adalah untuk pelengkap kalimat dalam bahasa Inggris sebagai penunjuk waktu.

Pada pembahasan kali ini, ICAN English akan menjelaskan secara mendalam tentang macam-macam keterangan waktu dalam bahasa Inggris. Agar kamu bisa memahami seluruh penjelasannya, dalam penjelasan ini terdapat contoh kalimat yang mempunyai keterangan waktu.

Baca Juga: KALIMAT TANYA DALAM BAHASA INGGRIS

Macam – Macam Fungsi Adverb of Time

Penggunaan adverb of time dibagi dalam 3 hal yaitu waktu untuk menjelaskan kapan sesuatu telah terjadi, keterangan waktu untuk menjelaskan berapa lama sebuah kejadian terjadi, dan seberapa banyak atau berapa kali sebuah kejadian terjadi, berikut adalah penjelasannya:

1. Adverb Of Time – When It Happened

Keterangan waktu dalam bahasa Inggris yang pertama untuk menunjukkan Kapan sesuatu terjadi. Bentuk kalimat bisa dalam bentuk masa lalu, masa sekarang, dan masa depan.

Beberapa contoh keterangan waktu adalah: ago, yesterday, last…, now, right now, today, at this moment, future, soon, next…, already, after, before, finally, dan eventually.

2.  Berapa Lama Sebuah Kejadian Terjadi – How Long

Keterangan waktu dalam bahasa Inggris yang berikutnya adalah untuk menunjukkan how long atau berapa lama sebuah hal terjadi.

Pada penggunaannya, keterangan waktu menunjukkan periode tertentu atas sebuah kejadian. Ada beberapa keterangan waktu yang bisa kamu gunakan ketika menunjukkan Berapa lama sebuah hal atau kejadian terjadi. Untuk menandakan berapa lama sebuah kejadian terjadi bisa menggunakan adverb of time berikut: Since, All day, During, Lately, Recently, These days, From… to…, For…hours, For…days, For…weeks, For…months, dan For…years.

3. Number Of Times

Keterangan waktu dalam bahasa Inggris berikutnya juga dapat digunakan untuk menyatakan berapa kali atau berapa banyak Sesuatu terjadi. Untuk menyatakan hal ini ada beberapa adverb kan yang dapat kamu gunakan sebagaimana berikut: every, sometimes, often, rarely, always, constantly, ever, normally, never, daily, dan annually.

Baca Juga: JENIS KELAS KATA BAHASA INGGRIS

Contoh Penggunaan Keterangan Waktu Dalam Bahasa Inggris

Agar lebih mudah memahami contoh adverb of time ketika belajar bahasa Inggris, kamu bisa menyimak beberapa contoh berikut:

  • My father said that long time ago, this city was the most popular in this country – Ayahku berkata bahwa dulunya kota ini merupakan kota paling populer di negara ini.
  • Yesterday, Amanda sent me some money – Kemarin, Amanda telah mengirimkan beberapa lembar uang ke aku.
  • Joanna is having dinner right now – Joanna sedang makan malam sekarang.
  • Joanna will move to Bandung tomorrow – Joanna akan pindah ke Bandung besok.
  • It’s already morning and Amanda is still outside her home, so her parents worry about her – Ini sudah pagi dan Amanda masih di luar rumahnya, sehingga orangtuanya sangat khawatir kepadanya.
  • Before going to your office, make sure that you lock the doors and windows – Sebelum pergi ke kantor, pastikan kamu mengunci semua pintu dan jendela.
  • We are going to have an important meeting after lunch – Kita akan melakukan pertemuan penting setelah makan siang.
  • Finally, we can dance with 1000 dancers from all over the world! – Akhirnya, kita bisa menari bersama 1000 penari dari seluruh penjuru dunia!
  • Amanda teaches the class daily – Amanda mengajar kelas itu setiap hari.
  • Tom is a profesional artist, and he will never do anything that will destroy his career – Tom adalah seorang seniman profesional, dan ia tidak akan melakukan apapun yang menghancurkan karirnya.

Demikian pembahasan lengkap tentang keterangan waktu dalam bahasa Inggris. Kamu bisa mempelajari semua adverb of time dan melatih kemampuan tersebut dengan belajar membuat kalimat sendiri kemudian mempraktekkannya dalam berbicara sehari-hari.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Konversi skor TOEFL ke IELTS memiliki klasifikasi dan tingkatannya masing-masing, mulai dari yang paling dasar hingga paling tinggi. Kedua tes tersebut sebenarnya cukup sulit untuk dibandingkan, karena memiliki keunikannya tersendiri. Selain itu, sistem...

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

Grammar merupakan salah satu aspek terpenting dalam mempelajari bahasa inggris. salah satu metode yang bisa kamu lakukan adalah belajar lewat media buku grammar bahasa Inggris. Metode tersebut bisa kamu pilih karena cenderung fleksibel dan bisa dilakukan dimana...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH