Macam Macam Kata Sifat dalam Bahasa Inggris

Macam Macam Kata Sifat dalam Bahasa Inggris

Macam macam kata sifat dalam Bahasa Inggris memainkan peran penting dalam menggambarkan atau memodifikasi kata benda. Fungsinya memberikan detail dan konteks pada informasi yang disampaikan. Sehingga, menciptakan komunikasi gagasan lebih hidup dan tepat. Tanpa kata sifat, apa yang disampaikan akan kurang lengkap, bahkan bisa menciptakan salah paham.

Jika kamu menonton film, kamu pasti bisa memberikan pendapat apakah film tersebut mendebarkan, biasa-biasa saja, lucu, atau justru membuat kamu sebagai penonton harus berpikir keras. Untuk mengutarakannya, harus menggunakan adjective atau kata sifat. Setiap kata sifat melukis gambar berbeda, membentuk persepsi pendengar terhadap film tersebut.

3 Macam Kata Sifat Dalam Bahasa Inggris (Adjectives Degree)

Kata sifat dalam Bahasa Inggris membantu kamu dalam menyampaikan ukuran, bentuk, warna, tekstur, dan kualitas lain dari kata benda. Selain itu, kata sifat dapat digunakan dalam berbagai bentuk komunikasi, termasuk menulis, berbicara, bercerita, dan bahkan seni visual. Berikut adalah macam macam kata sifat dalam bahasa inggris berdasarkan tingkatannya:

1. Positive Degree

Positive degree adalah bentuk paling sederhana dari sebuah kata sifat. Jenis kata sifat ini digunakan ketika tidak ada perbandingan yang dibuat, seperti contoh berikut:

  • That girl is beautiful.
  • That woman is very strong.

Dalam contoh tersebut, kata sifat yang dimaksud adalah “beautiful’. Kalimat ini tidak membandingkan subjek dengan lainnya.

2. Comparative Degree

Jenis kata sifat ini digunakan untuk membandingkan dua hal atau kualitas. Comparative degree sering diakhiri dengan “-er” atau didahului oleh “more” ketika berhubungan dengan kata sifat yang lebih panjang, seperti contoh berikut:

  • Joko works harder than me.
  • Joko is more diligent than me.

Dari dua contoh kalimat tersebut, terdapat penggunaan kata “more” dan “-er”. Hal ini menunjukkan bahwa Joko memiliki tingkatan lebih dalam hal kualitas.

3. Superlative Degree

Tingkatan adjective ini digunakan ketika membandingkan tiga atau lebih hal atau kualitas. Biasanya diakhiri dengan “-est” atau didahului oleh “most” untuk kata sifat yang lebih panjang, sebagaimana contoh berikut:

  • Joko is the smartest student in our class.
  • I am sure that Doni will be the fastest person to do this job.
  • It is the longest river in our city.
  • Ratih is the most beautiful girl in our village.

Memahami penggunaan kata sifat meningkatkan kemampuan untuk menyatakan apapun dalam Bahasa Inggris secara efektif. Kata sifat dapat digunakan dalam berbagai bentuk komunikasi, termasuk menulis, berbicara, bercerita, dan bahkan seni visual.

Baca juga:
Tingkat Perbandingan dalam Bahasa Inggris

Perbedaan Adjective vs Adverb

Sangat penting untuk bisa membedakan antara kata sifat dalam Bahasa Inggris dan kata keterangan. Keduanya memiliki peran berbeda dalam memodifikasi berbagai elemen kalimat.

Kata sifat memodifikasi kata benda atau kata ganti, memberikan rincian tambahan tentang kualitasnya, sebagaimana contoh berikut: Susan lives in a small cottage.

Kata keterangan memodifikasi kata kerja, kata sifat, atau kata keterangan lainnya. Tujuannya memberikan informasi tentang cara, derajat, atau frekuensi tindakan, seperti contoh berikut:

  • Caca sings well.
  • Her office is very big.
  • Siska did it really well.

Memahami macam macam kata sifat dalam Bahasa Inggris tidak hanya memperkaya bahasa, tetapi juga memperluas kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif. Kata sifat memungkinkan kamu untuk mengekspresikan diri dengan lebih jelas, membuat tulisan atau pembicaraan lebih menarik. Sehingga dapat menghasilkan kesan yang lebih kuat pada pendengar atau pembaca.

Belajar kata sifat sangat penting agar meningkatkan peran dan kekuatan kata sifat dalam bahasa. Kamu juga dapat lebih bijak dalam komunikasi sehari-hari dengan memahami penggunaan kata sifat. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa belajar lebih mudah di kelas ICAN English. Lembaga kursus Bahasa Inggris ini dibuka untuk semua kalangan!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.