Tips percaya diri melakukan perkenalan diri dalam bahasa Inggris

Cara Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris

Des 9, 2021 | Bahasa Inggris

Perkenalan diri dalam bahasa Inggris harus menjelaskan siapa kamu, apa yang kamu lakukan dan apa yang perlu diketahui orang lain tentang diri kamu. Pengenalan yang baik akan membantu orang lain untuk mempelajari detail penting tentang siapa kamu.

Perkenalan diri secara professional membutuhkan nama, pekerjaan, atau apa yang kamu lakukan jika kamu tidak bekerja sekarang, dan terakhir beberapa fakta yang dapat menciptakan kesan yang baik tentang diri kamu.

Tips untuk Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris

Proses perkenalan diri tentu tak hanya menyebut nama, kamu perlu memberikan informasi mengenai seputar informasi pribadi dalam bahasa Inggris. Memperkenalkan diri kepada orang lain bisa jadi rumit karena kalian belum pernah mengenal sama sekali sebelumnya.

Beberapa situasi di mana kamu diminta untuk memperkenalkan diri adalah:

  • Datang dalam sebuah wawancara atau mewawancarai seseorang
  • Bertemu seseorang yang baru dalam pertemuan profesional atau santai
  • Membangun koneksi baru

Masing-masing event membutuhkan perkenalan diri yang berbeda. Terkadang, cukup sulit untuk perkenalan diri dalam bahasa Inggis di hadapan banyak orang. Namun, secara umum, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan ketika harus memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris.

Ucapkan Nama dengan Jelas

Nyatakan siapa nama kamu dengan jelas. Cobalah untuk tidak bergumam, agar lawan bicara dapat mendengar nama kamu dengan sangat jelas. Jika tidak, mereka akan bertanya sekali lagi dan membuat kamu harus mengulang nama berulang kali. Atau, jika lawan bicara tidak mendengar nama kamu dengan baik, kebanyakan orang tidak akan bertanya kembali dan berlalu tanpa mengetahui nama kamu sebenarnya.

Bersikap Ramah

Bersikap ramah harus kamu lakukan dalam situasi informal atau pun formal. Mengatakan sesuatu, seperti “Hi there, I’m…” sambil tersenyum akan memberikan kesan percaya diri dan mudah diajak bicara.

Jika kamu berada dalam suasana yang sangat formal, kamu dapat mengatakan “Hello, I am…” intinya adalah kamu harus memperkenalkan diri dengan cara yang baik. Beberapa situasi mengharuskan kamu untuk menggunakan bahasa Inggris yang benar (tidak ada kontradiksi dan sebagainya), tetapi di beberapa situasi lain, memperpendek kata tidak akan menjadi masalah.

Kenali Lawan Bicara

Saat memperkenalkan diri, kamu mungkin tidak mengetahui siapa yang menjadi lawan bicara. Namun, kamu tentu mengetahui situasinya. Jika kamu memperkenalkan diri dalam sebuah wawancara kerja, kamu tidak mungkin membukanya dengan bahasa yang santai, bukan? Namun bahasa santai ini bisa kamu gunakan ketika bertemu teman di suatu tempat.

Kenali situasi, lawan bicara dan bahasa yang kamu gunakan. Ini akan menjadi kunci agar perkenalan diri kamu mudah diingat oleh orang lain.

Contoh Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kamu mungkin harus memperkenalkan diri di tiga situasi berbeda. Berikut masing-masing contoh perkenalan diri dalam bahasa Inggris di beberapa situasi.

Perkenalan dalam Wawancara

“Hi, I’m Chelsea. I’ve always been passionate about Business, and I actually majored in Business Management at college last year. Ever since, I’ve been pursuing my dream of becoming a Business Staff so I can really work in an area I know a great deal about. So when I saw your job advertisement decide to apply.”

Perkenalan dalam Pertemuan Profesional

“Good afternoon. My name is Jacob and I’m the VP of Administration and Finance at Est Investing. I’ve always been passionate about save money, because I believe that establishing money management is the key to securing out future”

Perkenalan dalam Membangun Koneksi

“My name is Shara as a marketing staff at Sky Technology. We’re developing some innovative marketing campaigns to engage new customers in this area. I’ve been recruiting local businesses that want to get joined in these activities.”

Memperkenalkan diri tidak selalu sulit. Percaya diri, bicara dengan jelas dan perhatikan bahasa tubuh adalah kunci untuk tampil maksimal ketika melakukan perkenalan diri dalam bahasa Inggris.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Kalimat pengandaian dalam bahasa Inggris atau disebut sebagai conditional sentence merupakan salah satu bentuk ungkapan dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menanyakan sesuatu yang diharapkan atau diandaikan. Bentuk kalimat ini juga dapat digunakan untuk...

Cara Mudah Mempelajari Grammar

Cara Mudah Mempelajari Grammar

Mempelajari grammar mungkin adalah sesuatu yang sulit bagi sebagian besar orang. Namun, tahukah kamu bahwa ada cara mudah mempelajari grammar yang bisa kamu ikuti. Dengan mengikuti cara tersebut, maka pengalaman belajar grammar akan lebih mudah. Fakta bahwa...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH