materi pembelajaran ielts writing preparation

Materi Pembelajaran IELTS Writing Preparation

Pada umumnya setiap orang yang ingin belajar bahasa inggris hanya berfokus pada penguasaan pengucapannya saja. Padahal untuk menguasai bahasa tertentu banyak aspek yang perlu dipelajari agar nantinya dalam berkomunikasi tidak ada kesalahan baik itu ucapan maupun tulisan. Jadi sangat penting juga untuk mempelajari aspek lain seperti listening, speaking, reading, juga writing.

Apalagi jika kamu memiliki keinginan untuk  melakukan ujian IELTS,  yang merupakan salah satu  tes untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris kamu. Maka empat kemampuan dalam bahasa Inggris tersebut harus ditingkatkan. Dalam tes IELTS ini terbagi menjadi empat materi yaitu listening, reading, writing dan speaking.

Di setiap materi tentu ada bagian soal tersendiri, salah satunya materi writing. Pada materi writing ada dua Task yang nantinya akan dikerjakan oleh peserta dalam waktu satu jam. Untuk setiap task waktu pengerjaan ditentukan oleh jumlah soal yang dikerjakan.

Materi Persiapan IELTS Writing untuk Pemula

Ketika mempersiapkan diri untuk menghadapi kursus ujian IELTS ada banyak persiapan yang harus dilakukan, salah satunya adalah memahami materi writing dalam tes tersebut. IELTS writing preparation menjadi langkah yang tepat agar kamu bisa mempersiapkan diri dengan baik. Berikut ini beberapa materi yang bisa kamu pelajari untuk mempersiapkan diri menghadapi IELTS writing section. 

IELTS Writing Task 1

Materi pertama yang harus kamu pahami adalah IELTS writing section task 1  yang merupakan tes untuk menguji kemampuan peserta dalam menganalisis melaporkan ide, interpretasi, membandingkan suatu data dan gambar serta kemahiran untuk menjabarkan suatu proses.

Pada tes ini peserta akan diminta untuk menulis sebanyak 150 kata sebagai respon terhadap grafik, bagan, tabel serta garis yang disajikan saat tes berlangsung. Dalam IELTS writing task 1 ada empat poin penting yang dinilai, yaitu pertama bagaimana peserta memberikan gambaran umum grafik atau gambar yang tersedia secara jelas. Kedua, peserta harus bisa menjelaskan variabel apa saja yang tertera pada grafik atau gambar tersebut.

Ketiga peserta dapat menjelaskan grafik atau gambar yang disediakan sesuai dengan tren saat ini. Dan yang terakhir peserta harus bisa menjelaskan grafik atau gambar secara detail dan terperinci.

Baca Juga:
Situs Uji Coba Tes Online IELTS

IELTS Writing Task 2

Selanjutnya ada IELTS Writing Task 2 yang digunakan untuk menguji kemampuan peserta dalam mendiskusikan topik sesuai dari sudut pandang atau opini dari setiap peserta. Pada tes ini peserta akan diminta untuk menulis sebanyak 250 kata sebagai tanggapan dari penggalan karangan yang disajikan saat tes berlangsung.

Opini atau sudut pandang yang dimaksud mengenai kelebihan dan kekurangan, setuju atau tidak setuju dengan penggalan karangan yang diberikan. Selain itu, peserta juga harus menjelaskan alasan mengenai tanggapan dari opini atau sudut pandang yang dijabarkan oleh peserta.

Dalam IELTS writing task 2 ini ada beberapa hal yang dinilai oleh penguji yaitu peserta harus menggunakan penulisan secara formal, memperhatikan tanda baca yang dipakai, ejaan, dan tata bahasa yang tepat serta harus menggunakan kosa kata yang relevan dan pengaturan tulisan yang teratur.

Jadi dalam materi writing itu perlu menguasai banyak kosa kata serta mengetahui cara penulisan yang benar. Pada materi ini peserta diuji pengetahuannya seberapa banyak kosa kata yang dikuasai dan apakah dalam penulisan sudah benar atau belum.

Untuk itu materi menulis sangat penting, hal ini dikarenakan nantinya jika kuliah di luar negeri dalam setiap mata kuliah tentu akan diberikan tugas essay dan sewaktu ujian pun harus menuliskan jawaban dengan baik dan jelas.

Baca Juga:
Tips Memilih Kelas IELTS Preparation

Pentingnya Memahami Materi IELTS Writing Section

Agar bisa menguasai ujian IELTS dengan baik dalam berbagai macam section,  kamu bisa bergabung dengan kursus persiapan IELTS terbaik seperti ICAN English yang akan memberikan persiapan yang matang, termasuk juga IELTS writing preparation agar kamu dapat percaya diri menghadapi tes yang satu ini.

Memahami materi IELTS writing section akan membantu kamu lebih mudah mengerjakan semua tes dengan mudah. Ada beberapa materi yang berbeda, mulai dari IELTS Writing Task 1 & 2. Masing-masing memiliki tugas yang berbeda, sehingga kamu harus melakukan banyak latihan untuk bisa menguasai dua soal dalam sesi writing.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web