materi speaking bahasa inggris

Materi Speaking Bahasa Inggris

Percakapan bahasa Inggris seringkali menjadi sangat rumit untuk mereka yang kurang memahami bahasa asing yang satu ini. Untuk itu, materi speaking bahasa Inggris yang menarik sangat penting untuk digunakan, terutama ketika sebuah percakapan sedang berlangsung.

Kamu mungkin bingung harus mencari topik atau materi apa ketika sedang bercakap dengan oranglain. Nah, untuk percakapan yang terus berlanjut, kamu perlu memahami beberapa materi speaking bahasa Inggris yang menarik.

Contoh Materi Speaking Bahasa Inggris yang Menarik

Memahami materi speaking bahasa Inggris dapat membantu kamu melakukan komunikasi dan percakapan dengan orang lain. Banyak materi yang sebenarnya menarik namun belum kamu ketahui dengan benar. Berikut beberapa materi penting dalam speaking yang juga menarik untuk kamu terapkan di kehidupan sehari-hari.

Materi Description

Materi atau topik ini mengharuskan kamu untuk menceritakan secara detail tentang suatu hal yang sesuai dengan pertanyaan di bawah ini:

  • Menjelaskan seputar sekolah, pekerjaan atau lingkungan kerja
  • Menjelaskan seputar lingkungan rumah
  • Tujuan destinasi di tempat tinggal kamu
  • Aktivitas harian keluarga
  • Hobi yang kamu miliki
  • Dan masih banyak lagi

Baca Juga:
Cara Meningkatkan Speaking Skill

Materi Comparison

Sesuai dengan namanya, jawaban dan pertanyaannya akan seputar perbandingan mengenai dua hal atau juga lebih. Kamu bisa membuat jawaban atau pertanyaan untuk membandingkan, dan buat pembicaraan sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki. Beberapa topik yang bisa kamu gunakan adalah:

  • Tinggal di desa atau kota
  • Pergi menggunakan kendaraan darat atau udara
  • Menjadi seorang pengusaha atau karyawan
  • Permainan modern atau tradisional
  • Berbelanja di supermarket atau pasar tradisional
  • Dan masih banyak lagi

Materi Problem-Based Argument

Nah, beberapa topik ini bisa kamu pelajari jika kamu sering berdebat atau ingin mempersiapkan IELTS Speaking. Kemampuan berbicara kami minimal sudah lumayan bagus dan bisa menjelaskan beberapa materi di bawah ini:

  • Kriteria guru yang baik
  • Siswa mendapat manfaat dari partisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler
  • Alasan utama kegagalan akademik siswa di sekolah
  • Beberapa warga negara tidak berpartisipasi dalam pemilihan presiden mereka
  • Manfaat bekerja paruh waktu bagi mahasiswa
  • Karakteristik penting dari orang tua yang baik
  • Dan beberapa materi yang relevan dengan isu-isu terkini

Sebenarnya, masih ada banyak materi speaking bahasa Inggris yang bisa kamu terapkan. Alur percakapan biasanya akan mengalir begitu saja jika kamu nyaman dengan topik yang berlangsung. Beberapa materi atau topik di atas hanya sedikit contoh materi yang bisa kamu gunakan dalam berbicara bahasa Inggris.

Baca Juga:
Cara Lancar Berbicara Bahasa Inggris

Tips Lancar Berbicara Bahasa Inggris

Dalam belajar bahasa Inggris, kamu juga perlu belajar aspek berbicara. Ada beberapa tips yang sebenarnya bisa kamu terapkan agar kemampuan berbicara bahasa Inggris kamu semakin baik.

Untuk dapat berbicara bahasa Inggris dengan baik, kamu tidak perlu takut jika membuat kesalahan salah. Tujuan kamu adalah menyampaikan pesan, bukan berbicara bahasa Inggris yang sempurna, dengan grammar dan kosakata yang tepat. Bahkan penutur asli bahasa Inggris membuat kesalahan. Jadi, ucapkan apa yang ingin kamu sampaikan tanpa rasa takut.

Tips lainnya adalah dengan praktik secara rutin. Berbicaralah dengan bahasa Inggris bersama dengan anggota keluarga atau teman dekat kamu. Berbicara dengan mereka akan membuat kamu lebih nyaman dan tidak malu. Rutinlah berbicara bahasa Inggris agar kamu semakin terbiasa.

Paling penting adalah semakin banyak kamu mendengar, semakin mudah bagi kamu untuk berbicara bahasa Inggris dengan lebih baik. Kamu akan mulai berbicara lebih lancar dan percaya diri dalam percakapan bahasa Inggris, belajar bagaimana menyampaikan pendapat  dalam bahasa Inggris dengan ekspresi dan idiom baru.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web