mengenal english tier 2 vocabulary dan strategi belajarnya

Mengenal English Tier 2 Vocabulary dan Strategi Belajarnya

Tier English 2 vocabulary words merupakan materi pembelajaran yang seharusnya ada di setiap kelas. Di sekolah, terkadang guru lebih fokus pada spelling atau pengejaan tier 1 words, atau sight words dan instruksi tier 3 words (academic words).

Tier 1 words adalah berbagai kata yang kita gunakan setiap harinya saat berkomunikasi. Kata-kata tersebut dapat dipelajari dalam percakapan. Beberapa contoh tier 1 words adalah come, happy, table, dan see. Tier 2 words merupakan kata-kata dalam Bahasa Inggris yang sering digunakan di berbagai konteks. Kata-kata tersebut biasanya digunakan oleh para pembicara dewasa dan lebih sering digunakan dalam komunikasi tertulis daripada dalam percakapan.

English Tier 2 Vocabulary dan Strategi Belajar

Tier 2 words sangatlah penting bagi pelajar yang ingin meningkatkan pemahaman dalam bacaan atau text. Berikut adalah beberapa contoh kosakata tier English 2 vocabulary yang bisa kamu pelajari di rumah: ability, absorb, accuse, additional, adopt, ancient, arrange, assist, bold, brief, brilliant, capture, careless, cause, clever, confess, construct, contrast, convince, culture, defend, delicate, describe, dan develop.

Untuk mempelajari vocabulary tier-2 tersebut, maka kamu bisa mencoba dua cara berikut:

1. Belajar 2-Tier Vocabulary dari Sinonim dan Antonim

Mempelajari satu per satu terlebih dahulu. Mulai dengan mencari definisi kata yang ingin kamu pelajari. Lanjutkan dengan mempelajari sinonim dan antonimnya.

Selain itu, kamu juga harus mencari ilustrasi dan buatlah contoh kalimat yang mengandung kata tersebut. Jika sudah mempelajari satu kata dengan teknik ini, kamu bisa berpindah ke kata selanjutnya.

Agar seluruh kosakata tersebut bisa kamu ingat dan pahami, maka gunakan semua kata tersebut dalam latihan menulis dan latihan berkomunikasi dengan orang lain. Kemudian, cari penggunaan kata-kata tersebut dalam bacaan.

Baca Juga:
Pentingnya Belajar English Vocabulary Words for Beginners

2. Metode Belajar Focus Five

Temukan dan catat lima kosakata baru pada bacaan. Selanjutnya, cobalah menerjemahkan kata tersebut menggunakan petunjuk dalam konteks kalimat. Atau, kamu bisa menggunakan kamus sebagai cara terakhir.

Berikutnya, cobalah untuk membuat kalimat sendiri dari lima kosakata baru tersebut melalui berbagai kegiatan seperti narrative writing, world connections, atau visual representation.

Baca Juga:
Daftar Basic English Vocabulary for Beginners dan Tips Belajar

Mengapa Harus Belajar Tier 2 Vocabulary

Kosakata atau vocabulary adalah berbagai kata yang kita harus tahu dan pahami maknanya agar dapat berkomunikasi dalam Bahasa Inggris secara efektif. Vocabulary memainkan peran penting dalam pemahaman membaca. Sebagai pembaca, kamu tidak akan tahu apa yang kamu baca tanpa mengetahui makna tiap kosakata.

Level kata ada berdasarkan frekuensi, tingkat kesulitan, dan maknanya. Semakin banyak vocabulary yang kamu kuasai, maka akan semakin meningkatkan keterampilan membaca dan membantu agar kamu dapat memahami bacaan yang sulit. Dengan adanya tiered approach dalam pembelajaran vocabulary, maka dapat mengembangkan keterampilan bahasa dan literasi di berbagai bidang.

Karena Tier 2-words vocabulary merupakan academic vocabulary, cross-curricular words, muncul di berbagai topik bahasa inggris. Selain itu, semua kosakata Tier 2-words mempunyai makna lebih dari satu, sehingga penting untuk dipelajari karena menjadi komponen utama dalam pemahaman membaca.

Itulah penjelasan lengkap tentang Tier two words vocabulary dalam Bahasa Inggris. Semakin banyak tier two words yang kamu kuasai, semakin hebat kemampuan kamu dalam memahami teks. Untuk bisa belajar english 2 vocabulary dengan mudah, kamu juga dapat bergabung di ICAN English. Keberadaan tutor profesional akan membimbing, memastikan kamu dapat meningkatkan kemampuan kosakata.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web