mengenal seputar pelajaran grammar

Mengenal Seputar Pelajaran Grammar

Saat belajar Bahasa Inggris, tidak sedikit yang berkata bahwa pelajaran grammar adalah materi yang bisa kamu pelajari nanti. Tidak perlu memikirkan tata bahasa agar praktik berjalan lancar. Padahal, grammar juga mempunyai peranan sangat penting untuk kemahiran Bahasa Inggris.

Apa itu grammar adalah salah satu komponen Bahasa Inggris yang tidak boleh diabaikan. Supaya kamu punya kemampuan Bahasa Inggris yang baik, penting untuk mempelajari grammar, kosakata dan frasa. Grammar adalah penunjang jika kamu ingin meningkatkan kemampuan menulis dan berbicara dalam Bahasa Inggris.

Pentingnya Belajar Grammar Bahasa Inggris

Agar dalam belajar Bahasa Inggris kamu tidak mengabaikan pelajaran grammar, sebaiknya simak apa saja alasan mengapa kamu harus belajar materi tersebut sebagaimana berikut:

1. Membantu Memahami Kalimat dan Paragraf

Pelajaran grammar adalah tata bahasa, berisikan aturan yang berlaku dalam menggunakan bahasa secara lisan dan tulisan. Pemahaman grammar yang tepat pasti membuat kamu bisa menyusun kalimat dan paragraf yang jelas. Susunan kalimat maupun paragraf benar-benar terstruktur rapi. Sehingga, apa maksud dari kalimat atau paragraf bisa dipahami oleh pembaca.

Untuk menyampaikan gagasan supaya bisa dipahami, maka kamu harus mempelajari grammar. Menerapkan grammar saat berbicara atau menulis pasti butuh usaha dan waktu. Dengan meningkatkan pemahaman melalui pelajaran grammar, dan mempraktikkan penggunaannya, maka kamu bisa meningkatkan kemampuan dalam menguasai materi tersebut.

Dalam grammar, ada juga kaidah-kaidah penting seperti tenses, punctuation, dan sebagainya. Pada waktu menulis  atau berbicara, kamu bisa menggunakan kalimat yang tepat. Sementara pada saat membaca buku dan mendengar orang lain berbicara, kamu bisa memahaminya dengan baik.

2. Mendukung Komunikasi

Belajar grammar mempunyai peran signifikan dalam berkomunikasi. Komunikasi harus bersifat dua arah, sehingga harus saling mengerti terkait apa topik yang dibahas. Agar tidak salah paham, perlu kata-kata yang jelas. Disinilah, grammar punya fungsi memberi makna jelas terhadap semua kata-kata dalam komunikasi.

Apabila kamu bisa menguasai materi grammar, kamu bisa lebih komunikatif menggunakan Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa grammar, kalimat maupun paragraf cenderung mempunyai pola  tidak beraturan dan arti ambigu. Itulah mengapa, agar kamu bisa menghindarinya, belajar grammar sangat penting.

Baca Juga:
Cara Mudah Menguasai Grammar Bahasa Inggris

3. Menambah Warna Pada Tulisan dan Perkataan

Apabila kamu menguasai pelajaran grammar, kamu bisa membuat kreasi dari kalimat secara menarik. Tidak hanya membuat kalimat jelas, grammar membantu paragraf maupun kalimat lebih menarik. Dengan ketrampilan grammar, kamu bisa membolak-balik pola kalimat supaya bentuk paragraf lebih bervariasi. Jadi, kemampuan grammar memang tidak boleh diremehkan.

4. Kepentingan Formal Jadi Lancar

Kepentingan formal adalah bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan, termasuk pekerjaan dan sekolah. Pada konteks informal, grammar yang tidak sesuai bisa diterima. Akan tetapi, di lingkungan akademik dan profesional, bahasa formal yaitu sesuatu yang mau tidak mau, harus kamu gunakan.

Syarat bahasa inggris formal yaitu menerapkan grammar yang sesuai. Jika kamu menguasai grammar, maka hal tersebut bukanlah persoalan. Contoh, ketika kamu ingin menulis teks Bahasa Inggris di sekolah, kamu akan menemukan kemudahan dalam mengerjakannya. Atau ketika esok kamu harus melamar pekerjaan, grammar adalah kemampuan yang sangat penting untuk menunjukkan potensi bahasa yang kamu kuasai.

Baca Juga:
Mengenal Tenses dan Kegunaannya

Belajar Grammar Bahasa Inggris

Pelajaran grammar bisa kamu pelajari secara mudah tanpa merasa bosan dengan beberapa cara. Pertama, kamu bisa memperbanyak kosakata dengan bantuan kamus atau hal lainnya yang bisa membantu agar kamu belajar kata baru sebanyak mungkin. Ketika kamu punya banyak kosakata, maka kamu akan lebih mudah menguasai grammar dalam waktu cepat.

Kedua, praktiik langsung dengan apa yang sudah kamu pelajari, sehingga ilmu jadi semakin menempel dalam benak. Cobalah bergabung dengan teman-teman yang juga belajar di lembaga kursus Bahasa Inggris, ICAN English untuk melatih kemampuan berbicara. Kamu tetap mengasah kemampuan grammar pada saat mendengarkan teman berbicara dan menyusun kata.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web