Cara mudah menguasai grammar bahasa Inggris

Cara Mudah Menguasai Grammar Bahasa Inggris

Jan 27, 2022 | Bahasa Inggris

Grammar atau tata bahasa menjadi materi yang cukup rumit bagi para pelajar bahasa Inggris. Ada banyak aturan yang berlaku dan membuat siswa terkadang kesulitan untuk menghafalnya. Mengetahui cara mudah menguasai grammar bahasa Inggris menjadi hal penting agar kamu bisa memahaminya dengan baik.

Meski memahami grammar yang baik tentu membutuhkan waktu, kamu tetap harus mempelajarinya dengan baik. Sebuah kalimat bahasa Inggris tidak akan sempurna tanpa grammar yang baik. Jadi, perhatikan dengan benar bagaimana grammar bekerja dan aturan-aturannya.

Baca Juga:

PERBEDAAN GRAMMAR DAN TENSES

Trik Menguasai Grammar

Bergabung dalam kursus bahasa Inggris bisa menjadi salah satu cara agar kamu bisa menguasai grammar dengan mudah. Biasanya, para tutor akan memberikan tips dan trik agar kamu bisa memahami grammar, beserta aturan-aturannya.

Nah, bagi kamu yang suka belajar sendiri, berikut beberapa cara mudah menguasai grammar bahasa Inggris yang bisa kamu terapkan:

1. Pahami 3 Tenses Utama

Ada 16 tenses yang ada dalam grammar. Menghafal semuanya tentu membutuhkan waktu dan fokus yang luar biasa. Sebenarnya kamu tak perlu menghafal semua tenses, kamu hanya perlu menguasai 3 tenses utama, yakni simple past, simple present dan simple future tense.

Jika kamu sudah mengetahui 3 tenses ini, maka kamu tidak akan terlalu sulit untuk mempelajari tenses yang lain.

2. Mengenal Part of Speech

Berikutnya menjadi poin yang juga cukup penting. Grammar memiliki part of speech yang terdiri dari 8 jenis. Jenis ini termasuk, pronouns (kata ganti), noun (kata benda), verb (kata kerja), adjective (kata sifat), adverb (kata keterangan), determiner (kata sandang), preposition (kata depan), dan conjunction (kata hubung).

Biasanya semua poin ini sudah kamu dapatkan di bangku sekolah. Nah, tugas kamu berikutnya adalah mengingatn kembali semuanya agar dapat mempelajari grammar dengan lebih baik.

3. Baca Banyak Sumber Bahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris akan lebih mudah dengan membaca. Tak perlu membaca bacaan yang berat atau buku pelajaran, kamu bisa membaca majalah, koran atau bahkan blog. Dengan kegiatan ini, kamu bisa menemukan banyak jenis tenses dan akan sangat membantu dalam meningkatkan pemahaman grammar.

Kamu bisa membaca setidaknya satu buku setiap bulannya untuk memahami bahasa tersebut. Kegiatan ini juga meningkatkan keterampilan menulis serta memperkaya kosakata.

Baca Juga:

KOSAKATA BAHASA INGGRIS YANG WAJIB DIHAFAL

Mengenal Lebih Jauh Seputar Grammar

Secara sederhana, grammar adalah aturan untuk menciptakan kalimat bahasa Inggris. Atau kamu akan lebih mengenalnya dengan pola SPOK dalam bahasa Indonesia. Namun, grammar dalam bahasa Inggris tidak sesederhana dalam bahasa Indonesia. Untuk itu, banyak orang ingin mengetahui cara mudah menguasai grammar bahasa Inggris.

Salah satu fungsi grammar adalah menunjukkan bentuk waktu. Kalimat dalam bahasa Inggris akan memiliki bentuk yang berbeda saat menjelaskan waktu yang berbeda. Jadi, ketika kamu mengutarakan hal yang sedang terjadi di masa kini dan hal yang akan terjadi di waktu mendatang, bentuk kalimatnya akan berbeda.

Kamu perlu belajar berbagai komponen grammar, seperti sentence, noun, pronoun, be, positive sentence, negative sentence, question sentence, verb, adjective, dan tenses. Belum lagi, ada 16 tenses yang perlu kamu pahami ketika belajar grammar.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Kalimat pengandaian dalam bahasa Inggris atau disebut sebagai conditional sentence merupakan salah satu bentuk ungkapan dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menanyakan sesuatu yang diharapkan atau diandaikan. Bentuk kalimat ini juga dapat digunakan untuk...

Cara Mudah Mempelajari Grammar

Cara Mudah Mempelajari Grammar

Mempelajari grammar mungkin adalah sesuatu yang sulit bagi sebagian besar orang. Namun, tahukah kamu bahwa ada cara mudah mempelajari grammar yang bisa kamu ikuti. Dengan mengikuti cara tersebut, maka pengalaman belajar grammar akan lebih mudah. Fakta bahwa...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH