Mengenal Perbedaan Did dan Do

Mengenal Perbedaan Did dan Do

Bagi banyak orang, perbedaan did dan do mungkin menjadi masalah sendiri. Kedua kata dalam bahasa Inggris ini memang sedikit membingung kan. Namun, memahami perbedaan keduanya adalah hal penting karena menjadi bagian mendasar dalam bahasa Inggris. Selain itu, dua kata ini juga cukup sering digunakan.

Ada baiknya jika kamu mempelajari perbedaan did dan do dengan benar, sehingga tak lagi bingung dan membuat kesalahan yang fatal dalam menggunakannya.

Apa Saja Perbedaan Did dan Do?

Did dan do adalah kata kerja atau verb yang berarti melakukan. Kedua kata ini berbeda dari segi subjek dan tensesnya.

Materi dasar ini akan kamu jumpai jika bergabung dengan kursus bahasa Inggris. Para tutor akan membahas secara lengkap hingga kamu mengerti perbedaan antara keduanya.

Do

Do banyak muncul dalam bahasa Inggris. Kata ini biasanya disandingkan dengan Does dan menjadi kata kerja bentuk pertama atau Verb 1. Perbedaannya terletak pada subjeknya. Do biasanya digunakan untuk subjek orang pertama dan kedua, seperti I, You, They, We. Sedangkan, Does biasanya digunakan untuk subjek He, She, dan It.

Do seringkali juga ada untuk memberikan penekanan sebelum kata kerja yang lain. Misalnya, I do my homework. Do di sini berarti menjadi kata kerja utama yang artinya mengerjakan.

Berbeda dengan kalimat I do fall in love with him Do di sini merupakan penekanan untuk menunjukkan bahwa aku benar-benar mencintanya.

Baca Juga:
Contoh Pertanyaan Menggunakan Does

Did

Jika Do adalah kata kerja bentuk pertama, maka Did adalah kata kerja bentuk kedua. Fungsinya sama dengan Do, namun Did adalah untuk semua jenis subjek dan umumnya untuk kalimat past tense atau bentuk lampau.

Contoh kalimat yang menggunakan Did, misalnya She did my jobs yesterday, atau juga I did not meet her this morning.

Untuk membuat pertanyaan dalam bentuk Past Tense dalam bahasa Inggris, kamu harus meletakkan kata bantu Did di awal pertanyaan atau sebelum subjek utama. Did juga digunakan dengan kata kerja beraturan dan tidak beraturan dalam bahasa Inggris. Contoh kalimat tanya menggunakan Did adalah Did you visit a museum while you were there?

Memahami perbedaan Did dan Do membuat kamu lebih mudah untuk belajar bahasa Inggris dan berkomunikasi dengan orang lain.

Contoh Penggunaan Did dan Do

Kamu perlu memperhatikan contoh Did dan Do yang diberikan untuk memahami konsep dengan jelas:

  • Do – Do you know anything about the drawing competition? (verb)
  • Did – I did not know anything about the competition. (verb)

Begitu siswa memahami perbedaan antara kata Did dan Do hal itu menjadi lebih mudah untuk dipahami.

Jadi, meskipun ‘did’ adalah bentuk lampau dari kata kerja ‘do’, kata-kata tersebut tidak dapat digunakan secara bergantian atau sinonim. Setelah siswa mendapatkan konsep ini, akan lebih mudah bagi mereka untuk memahami konteks dan menggunakan istilah-istilah tersebut dengan benar dalam kalimat.

Baca Juga:
Penggunaan Do dan Does Bahasa Inggris

Alasan Belajar Bahasa Inggris dari Dasar

Siswa di tingkat bahasa Inggris pemula memiliki dasar grammar dan kosakata bahasa Inggris yang masih sedikit. Dengan pemahaman tentang bahasa Inggris dasar, kamu dapat membangun kosakata dan memperluas pemahaman tentang topik sehari-hari yang sederhana. Perbedaan did dan do menjadi salah satu materi dasar yang harus kamu kuasai sebelum belajar materi lanjutan.

Jika sudah memahami bahasa Inggris dasar, maka akan lebih mudah untuk mempelajari materi setelahnya. Siswa yang bertekad untuk belajar Bahasa Inggris Dasar harus berusaha untuk berbicara setidaknya beberapa kata bahasa Inggris setiap hari. Cara terbaik untuk mempelajari bahasa apapun adalah dengan berlatih.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi