Pola Kalimat Simple Past Tense

Pola Kalimat Simple Past Tense

Pola kalimat simple past tense sangat berguna jika kamu ingin memulai percakapan menceritakan kejadian yang telah terjadi. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan pola kalimat ini untuk pengalaman di masa lampau.

Contoh kalimat simple past tense dapat kamu lihat pada berbagai karangan buku dongeng. Dari semua contoh kalimatnya, past tense selalu menggunakan verb 2 dan penggunaan be dalam bentuk past. Materi simple past tense ini akan selalu kamu temui, terutama jika kamu sedang belajar bahasa Inggris. Jadi, akan sangat penting jika kamu mempelajarinya.

Bentuk Kalimat Simple Past Tense dan Contohnya

Simple past tense merupakan tense yang perlu kamu gunakan jika ingin mengungkapkan kejadian maupun tindakan di masa lampau. Kejadian tersebut dimulai dan juga sudah berakhir di masa lalu. Berikut adalah contoh pola kalimat simple tense yang perlu kamu tahu.

Amanda: Hi Marsha!

Marsha: Hi, Amanda! Where are you going?

Amanda: I am just having lunch. How about you? Are you going somewhere?

Marsha: Yeah, I need to send my scholarship application.

Amanda: I heard that you got the best TOEFL score yesterday, so congratulation!

Marsha: Oh, Thank you! Well I thought I couldnt pass the test.

Amanda: Really? You did a great job! Could you teach me your techniques to do the test?

Marsha: Sure, you can come to my house anytime so we can learn together.

Amanda: Thank you, Marsha!

Marsha: Anytime, Manda.

Baca Juga:
Keterangan Waktu Untuk Past Tense

Seperti yang kamu baca, percakapan di atas terjadi antara Amanda dan Marsha. Keduanya sedang bertemu secara kebetulan. Amanda mengucapkan selamat karena Marsha berhasil memperoleh skor TOEFL terbaik kemarin.

Dari percakapan tersebut, diketahui bahwa Amanda sudah menghadapi tes kemarin. Sehingga dalam Bahasa Inggris dikenal dengan sebutan Simple Past Tense karena merupakan pola kalimat untuk kejadian di masa lampau, sudah terjadi.

Kalimat Verbal dan Nominal

Agar lebih paham dengan pola kalimat Simple Past Tense, kamu juga bisa melihat pola dan contoh kalimatnya. Tenses ini juga digunakan dalam kalimat verbal, dengan predikat kata kerja atau verb. Berbeda dengan kalimat nominal yang memakai predikat kata benda atau nomina. Kamu bisa menggunakan be kapan saja ketika ingin menyatakan predikat nomina.

Contoh pola kalimat verbal dalam Simple Past Tense adalah berikut:

  • I ate chocholate ice cream
  • It snowed here.

Sedangkan contoh kalimat nominal pada bentuk simple past tense adalah berikut:

  • Joanna was a vet
  • They were so happy yesterday

Sekarang, kamu sudah paham apa beda pola kalimat verbal ataupun kalimat nominal dalam bentuk simple past tense. Agar lebih paham, kamu bisa belajar pola simple past tense beserta contoh kalimatnya lebih detail, seperti berikut:

Joannas cat ate fish

Joannas cat did not eat fish

Did joannas cat eat fish?

Pada contoh kalimat verbal di atas, bentuk kalimat adalah kalimat positif. Sehingga kamu harus tetap menggunakan verb 2.

Baca Juga:
Contoh Paragraf Past Tense dan Penjelasannya

Sedangkan kalimat negatif atau kalimat interrogative harus tetap menggunakan verb 1. Hal ini karena untuk menunjukkan bentuk lampau dapat dilihat dari kata did.

Perhatikan contoh berikut:

Tim was a guitarist.

Tim was not a guitarist.

Was Tim a guitarist?

Untuk pola kalimat simple past tense nominal, kamu bisa menggunakan kalimat positif, negatif, dan interogatif. Be yang harus kamu gunakan dalam bentuk lampau atau past. Jika subjek tunggal, maka gunakan be Was sedangkan subjek plural bisa menggunakan be Were.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web