Generic structure

Mengenal Istilah Generic Structure dalam Bahasa Inggris

Jun 21, 2022 | Bahasa Inggris

Generic structure merupakan suatu pola atau alur yang telah disiapkan dalam tahapan pemetaan suatu gagasan dari sebuah teks bahasa inggris. secara singkat structure ini bisa dipahami sebagai susunan struktur yang dibutuhkan untuk membuat pola kalimat yang disajikan dalam sub bagian. Struktur ini disusun dengan tujuan agar sebuah teks bisa mencapai tujuannya.

Hampir setiap teks dalam bahasa inggris memiliki struktur ini, tetapi dalam bentuk yang berbeda-beda. Contohnya, kamu mungkin mengetahui bentuk teks naratif dalam bahasa inggris memiliki struktur penulisan yang berbeda jika dibandingkan dengan struktur teks report.

Baca Juga: CONTOH DESCRIPTIVE TEXT DALAM BAHASA INGGRIS

Istilah-Istilah yang Ada Dalam Generic Structure

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa struktur ini memiliki beberapa sub bagian yang berisikan ide atau gagasan. Ketika belajar bahasa Inggris, kamu perlu memahami materi yang satu ini. Lantas, apa saja istilah-istilah umum yang ada dalam generic structure? Berikut informasinya!

1. Orientation

Istilah yang pertama yakni, orientation yang mungkin sudah tidak asing lagi, mengingat bagian ini hampir selalu ada dalam teks bahasa inggris. orientation bisa juga disebut sebagai pendahuluan atau struktur awal dalam sebuah teks bahasa inggris. bagian ini akan memberikan gambaran awal pada pembaca mengenai apa yang terkandung dalam teks yang hendak disampaikan.

2. Event

Setelah bagian orientation atau pengenalan terkait gambaran awal suatu teks dalam bahasa inggris. selanjutnya, dalam struktur umum teks bahasa inggris akan berisikan mengenai event. Event dalam teks bahasa inggris merupakan serangkaian peristiwa yang coba diangkat dan diceritakan oleh penulis terhadap pembaca.

3. General Classification

Istilah selanjutnya yang terdapat dalam struktur teks berbahasa inggris yakni, general classification atau klasifikasi umum. Pada bagian ini berisikan tentang tema atau pembahasan umum yang terdapat dalam teks bahasa inggris mengenai peristiwa yang sedang diangkat.

4. Description

Kemudian, istilah dalam struktur teks bahasa inggris berikutnya yakni description atau deskripsi. Pada bagian ini, berisikan mengenai penjelasan serta sebagai pelengkap dari bagian general classification. Lewat bagian deskripsi ini penulis menaruh harapan agar para pembaca dapat lebih paham terkait apa yang dijabarkan oleh penulis.

5. General Statement

Selain general classification terdapat juga istilah general statement atau pendapat secara umum yang ditulis oleh penulis. Pada bagian ini, seorang penulis akan menjelaskan terkait pendapatnya secara umum terhadap tema atau tulisan yang sedang penulis angkat atau bahas.

6. Conclusion

Di bagian akhir teks dalam bahasa inggris, biasanya akan terdapat conclusion atau kesimpulan. Bagian ini merupakan bagian penutup dari sebuah teks yang disajikan oleh penulis. Dalam bagian ini biasanya penulis akan menuliskan ringkasan dari keseluruhan teks yang ditulis.

7. Istilah Lain Yang Mungkin Muncul

Selain istilah-istilah yang telah disebutkan di atas, dalam general structure juga terkadang memiliki istilah lainnya. Adapun istilah-istilah lain tersebut diantaranya abstract, argument, explanation, elaboration, interpretation, incident, issue, complication, resolution juga reorientation.

Baca Juga: MATERI DALAM PELAJARAN BASIC BAHASA INGGRIS

Jenis Teks Bahasa Inggris Yang Memiliki Generic Structure

Setelah mengetahui berbagai istilah yang ada dalam struktur penyusun tulisan bahasa inggris, selanjutnya kamu juga perlu mengetahui tentang apa saja jenis teks dalam bahasa inggris. Hal tersebut dikarenakan istilah-istilah struktur tersebut merupakan bagian dari sebuah teks dalam bahasa inggris. Berikut merupakan jenis teks dalam bahasa inggris.

1. Teks Naratif

Jenis teks yang pertama yakni, teks naratif. Teks naratif merupakan sebuah teks dalam bahasa inggris yang bercerita tentang masalah atau komplikasi suatu peristiwa dan mencoba untuk menemukan solusi untuk dapat memecahkan permasalahan tersebut. Dalam teks ini menggunakan mode untuk berkomunikasi narasi melalui narasi proses.

Adapun, struktur penulisan dari teks narasi yakni, pertama orientation. Kemudian, dilanjutkan dengan complication yang berisikan mengenai klimaks. Lalu, resolution atau klimaks yang diselesaikan, dan terakhir reorientation atau penutup.

2. Teks Deskriptif

Berikutnya yakni, teks deskriptif yang merupakan teks yang berfungsi untuk membuat gambaran atau penjelasan mengenai sesuatu. Dalam teks ini kamu dapat membahas apa saja, baik itu hewan, orang, bahkan benda. Struktur penulisannya yakni pertama pengenalan, lalu dilanjutkan dengan rincian penjelasan, dan terakhir kesimpulan.

Adapun, untuk struktur penulisannya yakni, pertama berisikan statement atau opini penulis. Kemudian, dilanjutkan dengan argumen yang berupa poin-poin yang mendukung sikap atau opini, terakhir, berisi kesimpulan.

3. Teks Argumentatif

Jenis teks dalam bahasa inggris berikutnya yaitu, teks argumentative atau dikenal juga dengan sebutan teks exposition. Teks argumentative sendiri merupakan sebuah teks yang isinya dipenuhi oleh argument atau pendapat penulis terhadap suatu isu yang marak dibicarakan atau isu yang sedang coba untuk diangkat.

Mempelajari mengenai generic structure sangat penting dilakukan untuk kamu yang sedang belajar bahasa inggris. penjelasan di atas bisa kamu jadikan sebagai pengantar ketika hendak mempelajari materi tersebut.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Cara Mengatasi Kesulitan Belajar Bahasa Inggris

Cara Mengatasi Kesulitan Belajar Bahasa Inggris

Ada banyak cara mengatasi kesulitan belajar bahasa inggris agar kamu dapat meningkatkan kemampuan berbahasa. Selama proses belajar, kadang semua tidak selalu berjalan mulus karena kadang kamu pusing dengan materi bahasa inggris. tidak sedikit juga pelajar yang stuck...

Tips Belajar Bahasa Inggris Setiap Hari

Tips Belajar Bahasa Inggris Setiap Hari

Belajar bahasa Inggris setiap hari adalah salah satu langkah untuk membantu kamu meningkatkan kemampuan berbahasa asing tersebut. Saat ini belajar bahasa Inggris menjadi salah satu kebutuhan untuk meningkatkan kualitas diri dan membantu kamu lebih unggul dalam...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH